Last Update: October 20th, 2022 at 10:07 am

Pelajari Cara Membuat Tas dari Kain Katun Sendiri di Rumah

Tas merupakan fashion item yang tak boleh terlewatkan. Jenisnya pun bermacam-macam, tergantung ukuran dan kegunaannya. Harga tas di pasaran memang dijual beragam. Namun, untuk menghemat biaya, Anda juga bisa membuatnya sendiri. Bagaimana cara membuat tas sendiri dirumah? Berikut bahan dan langkah-langkahnya.

Cara Membuat Tas Ransel Handmade

Tas ransel sejak dulu sampai sekarang menjadi salah satu jenis tas yang banyak dipilih, baik itu untuk ke sekolah, traveling, hingga digunakan untuk pergi ke kantor. Hal ini karena bentuknya yang cukup besar, sehingga mampu membawa barang dalam jumlah yang cukup banyak sekaligus. Tak hanya itu saja, tas ransel juga memberikan kesan vintage bagi siapa saja yang memakainya.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Cara Membuat Tas Mini 

Bahan dan alat yang harus disiapkan:

  1. Kain katun
  2. Resleting
  3. Tali
  4. Pengukur
  5. Pemotong atau gunting
  6. Alat tulis
  7. Mesin jahit

Langkah pembuatan:

  1. Mulailah menggambar pola terlebih dahulu pada sebuah kertas. Pastikan ukurannya pas, mulai dari diameter, lebar, hingga panjangnya. Hal ini untuk meminimalisir kesalahan.
  2. Setelah itu, potonglah pola yang telah dibuat dengan menggunakan gunting. Sisakan sedikit ruang agar ketika dijahit ukurannya pas.
  3. Jiplaklah pola yang sudah dibuat pada kertas tadi pada kain katun. Keuntungan menggunakan kain katun ini adalah kainnya mudah dipola dan tidak mudah kusut.
  4. Kemudian, mulailah menjahit. Agar lebih mudah, Anda bisa menjahitnya satu per satu pada bagiannya menggunakan mesin jahit. Lalu, rekatkan kantongnya hingga menjadi satu kesatuan.
  5. Lakukan pengecekan secara mendetail agar tidak ada lagi kekurangan pada tas ransel untuk digunakan nantinya.

Cara Membuat Tas Tangan dari Kain Perca Bekas

Beda dengan cara membuat tas sendiri dirumah yang menggunakan kain katun, Anda bisa mencoba membuat jenis tas lainnya seperti tas tangan dari kain perca bekas. Cara membuat tas ini sebenarnya cukup mudah. Anda cukup menyiapkan alat dan bahannya serta mulai membuatnya dengan langkah-langkah di bawah ini.

Alat dan bahan:

  1. Kain perca bermotif maupun polos
  2. Busa angin yang tipis digunakan pada bagian dalam
  3. Resleting
  4. Benang
  5. Hiasan pendukung tas (pita dan lainnya sesuai keinginan)

Langkah pembuatan:

  1. Buat pola terlebih dahulu pada sebuah kertas untuk diaplikasikan ke kain perca.
  2. Potonglah kain perca dengan ukuran sama, lalu satukanlah keduanya dengan dijahit.
  3. Setelah dijadikan satu dan menjadi kain lebar, guntinglah dengan mengikuti pola. Sebaiknya, berilah ruang kurang lebih 2 centimeter pada ukuran pola lipatan.
  4. Busa angin yang sudah disiapkan bisa Anda letakkan pada bagian atas kain kemudian jahit bagian sisinya.
  5. Untuk tali, bisa Anda buat dengan kain perca. Perlu diingat, Anda perlu menyesuaikan berdasarkan pola yang dibuat. Lalu, lapisi menggunakan busa angin dan jahit serta pasangkanlah pada tas.
  6. Pasanglah resleting dengan rapi. Anda pun bisa menambahkan hiasan tertentu agar tas tangan semakin cantik. Misalnya menambahkan pita, bros, dan lainnya.
  7. Tas tangan siap digunakan untuk hang out.

Baca Juga: Ikuti Cara Membuat Tas Sendiri Dirumah

Cara Membuat Tas untuk Tempat Makeup

Bagi wanita, hangout tanpa makeup rasanya kurang pas. Oleh karena itu, makeup menjadi perlengkapan penting yang harus dibawa. Maka dari itu, Anda perlu menggunakan tas yang mampu menampung seluruh perlengkapan makeup andalan Anda. Berikut cara membuat tas sendiri dirumah yang bisa dijadikan sebagai tas makeup sederhana.

Alat dan bahan yang diperlukan:

  1. Kain perca polos dan yang bermotif
  2. Resleting
  3. Pita
  4. Benang
  5. Mesin jahit
  6. Alat ukuran pola untuk lipatan

Langkah pembuatan:

  1. Buat pola di kain perca baik yang motif maupun yang polos dengan ukuran 22x13x6 cm.
  2. Tumpuklah kain perca yang bermotif tepat di atas kain perca yang polos. Jahit resletingnya dengan rapi. Di sini, Anda harus memperhatikan posisi kain agar hasilnya nanti terlihat rapi.
  3. Tambahkan hiasan menggunakan pita pada bagian kanan maupun pada bagian kiri.
  4. Pada bagian bawah kain, Anda bisa membentuknya menjadi sebuah segitiga. Lalu, jahit kurang lebih 5 cm pada bagian kanan maupun kiri.
  5. Rapikan benang maupun kain setelah dijahit. Balik perlahan kain perca melalui lubang resleting. Voila! Tas  untuk makeup pun siap digunakan.

Baca Juga: Cara Membersihkan Tas yang Berjamur Mudah dan Ampuh!

Cara Membuat Tas Dompet dari Kain Perca

Dompet mempunyai banyak manfaat untuk digunakan, salah satunya yaitu sebagai tempat penyimpanan barang kecil seperti uang dan ponsel. Seringkali dompet juga dipakai untuk dibawa ke acara-acara tertentu contohnya seperti pesta pernikahan dan lain-lain. Akan tetapi, jika Anda ingin berkreasi membuat dompet atau clutch bag sesuai selera sendiri, maka Anda bisa membuatnya dengan bahan dari kain katun bekas atau perca. Berikut ini peralatan dan cara membuatnya.

Alat dan bahan:

  1. Kain katun bekas (perca) dengan bermotif atau polos
  2. Busa angin tipis
  3. Kain furing
  4. Resleting
  5. Benang jahit
  6. Peralatan mesin jahit

Langkah Pembuatan:

  1. Buatlah pola dompet clutch bag yang telah Anda rancang, lalu siapkan kain perca, mesin jahit serta peralatan jahit lainnya jika diperlukan.
  2. Lalu potong kain perca motif tersebut menjadi beberapa lembar kecil dengan bentuk yang Anda inginkan. Setelah itu, satukan semua potongan kain perca tadi sampai membentuk satu lembar kain yang lebar.
  3. Berikutnya pada bagian bawah dompet bisa Anda kreasikan dengan mengaplikasikan kain perca polos atau kain perca motif hitam putih agar terlihat lebih unik.
  4. Tambahkan busa angin pada kain tersebut agar tampilannya semakin kokoh dan cantik. Lalu buatlah bagian yang menjadi pelapis sesuai dengan ukuran clutch bag atau dompet yang Anda inginkan. Kemudian, jahit dengan bagian dompet luar.
  5. Tak lupa juga untuk memasangkan resleting pada bagian atas dompet supaya lebih aman untuk dibawa.
  6. Anda juga bisa menambahkan aksesoris lain seperti pita, kancing, bahkan manik-manik mutiara yang membuat tampilan dompet semakin menarik.

Itulah beberapa cara membuat tas sendiri dirumah dengan mudah yang bisa Anda praktikkan. Anda pun kini bisa mendapatkan tas menarik untuk kebutuhan Anda atau untuk diberikan sebagai souvenir dengan memakai jasa printing di Tshirtbar. Dengan bahan-bahan terbaik, Anda tak perlu khawatir lagi tentang kualitasnya!

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *