Last Update: November 8th, 2019 at 2:51 pm

Panduan Lengkap Cara Menghilangkan Oli di Baju

Noda oli termasuk salah satu noda yang paling sulit untuk dibersihkan karena teksturnya yang lengket, mengandung minyak cukup tinggi, dan dapat meresap pada kain dengan cepat. Apabila tidak segera dibersihkan, maka noda tersebut akan melekat dan tidak bisa dihilangkan. Oleh sebab itu, berikut cara menghilangkan oli di baju yang bisa Anda lakukan.

Ketahui Bahan Apa Saja yang Bisa Digunakan

Untuk mengetahui cara menghilangkan oli di baju, Anda terlebih dahulu harus mengetahui bahan apa saja yang dapat digunakan. Setidaknya ada beberapa bahan yang bisa Anda gunakan, mulai deterjen, sampo, sabun pencuci piring, hingga bahan-bahan lainnya yang mudah didapat di rumah. Bahan tersebut di antaranya adalah hairspray, alkohol, gliserin, maupun susu putih.

Deterjen

Menggunakan deterjen adalah langkah yang paling mudah untuk menghilangkan noda oli pada baju. Akan tetapi, Anda harus jeli dalam memilih deterjen. Pilihlah deterjen dengan tingkat konsentrat tinggi dan memiliki kualitas terbaik, baik itu untuk deterjen dalam bentuk bubuk maupun dalam bentuk cair. Deterjen cair dipercaya mampu menghilangkan noda dua kali efektif bila dibandingkan deterjen bubuk.

Sampo dan Sabun Cuci Piring

Bila tidak menggunakan deterjen cair, alternatif cara menghilangkan oli di baju adalah menggunakan sampo maupun sabun cuci piring. Sampo memang dirancang mampu untuk meluruhkan minyak pada kulit kepala. Dengan begitu, Anda juga bisa terapkan pada kain yang terkena noda oli. Begitu juga dengan sabun cuci piring. Kandungan pada sabun cuci piring dirancang untuk melawan minyak dan lemak yang ada pada peralatan makan dan masak.

Hairspray dan Alkohol

Tahukah Anda jika hairspray juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda oli? Semprotkan pada tisu lalu usapkan pada pakaian yang terkena noda tersebut. Kandungan dalam hairspray mampu menghilangkan noda kering yang dapat menempel pada pakaian Anda. Anda pun juga bisa menggunakan alkohol sebagai cairan alami yang baik untuk membersihkan segala jenis noda pada kain. Jika tidak ada alkohol, Anda bisa menggantinya dengan gliserin.

Susu putih

Di samping itu, susu putih bubuk juga bisa Anda gunakan dalam membersihkan oli pada baju. Akan tetapi, hal yang perlu diingat adalah gunakanlah susu putih yang berlemak dan bukan susu skim. Cara menggunakannya juga sangat mudah, panaskan susu terlebih dahulu kemudian gosokkan secara perlahan pada baju yang terkena noda oli tersebut menggunakan sikat gigi.

Cara Menghilangkan Noda Oli yang Benar

Jika Anda sudah mengetahui apa saja bahan yang perlu digunakan dalam membersihkan noda oli, kini saatnya Anda mulai membersihkan baju tersebut secara perlahan. Untuk menghilangkan noda tersebut, Anda pun perlu memperhatikan jenis kainnya. Sebab, berbeda jenis kainnya berbeda pula cara menghilangkan oli di baju. Berikut panduannya yang bisa Anda simak.

Noda Oli di Pakaian Berwarna

Dalam menghilangkan noda oli pada baju berwarna, menggunakan sabun cuci piring bisa Anda coba. Hal ini karena sabun cuci piring ini memiliki daya yang untuk melunturkan lemak dan minyak paling kuat. Untuk caranya sendiri, Anda hanya perlu merendam pakaian yang terdapat noda oli dengan memakai campuran air bersih dan air sabun cuci piring tadi. Kemudian, tunggulah hingga sekitar 10 menit. Setelah pakaian telah direndam, Anda bisa mengoleskan sabun cair pencuci piring menggunakan jari dan digosok secara perlahan sampai bersih.

Noda Oli Pada Pakaian Putih

Lalu, bagaimana menghilangkan noda oli pada pakaian warna putih? Tidak jauh berbeda dengan pakaian bewarna, Anda bisa menggunakan minyak tanah secukupnya untuk merendam noda tersebut. Setelah baju tadi Anda rendam menggunakan minyak tanah, cucilah dengan menggunakan deterjen cair yang memiliki nilai konsentrat tinggi. Agar semakin bersih bisa menggunakan pemutih dan pewangi agar aroma minyak tanah tidak menempel. Begitu juga bila Anda menggunakan alkohol maupun gliserin.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara menghilangkan oli di baju? Kini, saatnya Anda mempraktikkannya di rumah.

 

Artikel Terkait

 

Bryan Wicaksono

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *