Panduan Lengkap Agar Kalian Menggunakan Kaos Dengan Tepat

Di sini siapa yang sudah tidak asing lagi dengan kaos? Kami yakin semua orang pasti memilikinya. Berawal dari para pasukan tentara Inggris yang mengenakan baju kaos pada abad 19 hingga 20-an, kini siapa saja dapat menggunakannya. Kaos atau yang biasa dikenal dengan sebutan “T-Shirt” diminati banyak kalangan karena bahannya yang nyaman digunakan serta adaptif terhadap berbagai cuaca. Kenapa dinamakan T-Shirt? Alasannya sederhana, fashion item satu ini jika di lebarkan memang tampak seperti huruf T. 

 

Kendati demikian, apakah penggunaan kaos bisa sembarangan begitu saja?

 

Tentunya tidak. Meskipun kerap menjadi fashion item populer dan tak pernah lekang oleh waktu, memilih gaya serta ukuran yang tepat juga menjadi tolak ukur sendiri agar penampilanmu tidak terlihat membingungkan. Apalagi setiap orang punya bentuk tubuh yang beragam, penggunaan kaos pun akan berbeda tiap individunya. Terlepas dari itu, artikel kali ini Tshirtbar akan membahas rekomendasi atau arahan dalam pemilihan kaos; baik secara ukuran maupun gaya yang bisa diterapkan.

 

Apa saja tipe atau gaya kaos itu?

 

Fashion item se-simple kaos pun punya banyak varian baik dari segi kerah, bahan hingga tingkat kepanjangan lengannya. Pilihan kaos yang semakin hari semakin bervariasi, membuat pilihan dalam mendapatkan kaos pun kian banyak. Kenali tipe kaos ini dengan macam-macam gaya yang dihadirkan.

 

 

Kenali beberapa contoh tipe kaos

 

  • Short Sleeve T-Shirt/Basic Sleeve T-Shirt


Kaos dengan lengan samping bisa dibilang pilihan kaos yang sangat sederhana. Hal ini dikarenakan kaos ini bisa digunakan baik untuk pria maupun wanita. Selain itu kaos dengan jenis ini merupakan kaos yang paling mudah dipadu padankan dengan jenis baju atau aksesoris busana lainnya. 

  • Long Sleeve T-Shirt

  

Tidak jauh berbeda dengan kaos lengan pendek, ukuran lengan kaos dengan memiliki kepanjangan hingga menutupi telapak tangan adalah satu elemen yang membedakannya dengan kaos lengan pendek.

  • Polo Shirt

Kaos polo merupakan kaos dengan kerah seperti kemeja beserta placket 2 hingga 3 kancing pada bagian dada. Kaos dengan jenis ini diyakini mampu memperlihatkan tampilan penggunanya semakin casual dan rapi, item satu ini wajib kamu coba!

  • Oversized T-Shirt

Kaos ini merupakan bentuk inovasi dari kaos lengan pendek biasa, namun terlihat lebih besar dari kaos pada umumnya. Oversized t-shirt sendiri sangat populer bagi kalangan pecinta streetwear. Dari segi bahan yang digunakan pun kaos dengan model oversized cenderung lebih tebal.

  • Double Layer Long Sleeve Tshirt

Sama seperti namanya, kaos ini menyatukan 2 lapis pada lengannya (pendek dan panjang). Biasanya kaos ini hadir dengan warna yang berbeda antara lengan pendek dan panjangnya, atau terdiri dari campuran motif dengan polos. Salah satu yang mempopulerkan kaos ini adalah Kurt Cobain, vokalis band

  • Pocket Print Tshirt

T-shirt biasa dengan tambahan gambar saku yang biasa ditambahkan sebagai pemanis untuk kaos tersebut.

  • Dress T-Shirt

Pilihan ini dikhususkan untuk wanita. Pakaian ini memiliki cuttingan seperti dress atau terusan, namun menggunakan bahan kaos yang cocok digunakan untuk acara santai. Menggunakan kaos dengan tipe ini dapat memberikan kesan feminim, namun tidak meninggalkan kesan simple.

 

Tipe kaos yang ada cukup beragam, bukan? Sekarang, mari kita bahas bagaimana memilih ukuran kaos yang tepat agar cocok digunakan oleh kalian. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam penentuan ukuran kaos; leher, bahu, lengan, bagian dada & perut, dan panjang kaosnya. Kami akan jelaskan lebih dalam bagaimana memilih ukuran di tiap aspeknya yang telah dirangkum dari berbagai sumber

Patokan untuk mengukur kaos

 

  • Leher

Pastikan kerah pada kaos tidak longgar dan kusut. Posisi kerah pun harus sejajar dengan garis leher, dan menutupi dada dengan tegas. Kalau kalian menggunakan kerah V (V-neck), pastikan garis tidak menutupi leher dan memperlihatkan dada terlalu bawah.

  • Bahu

Bagaimana mendapatkan ukuran yang ideal untuk bahu? Mudah, sejajarkan garis jahitan bahu pada kaos dengan tulang bahu kalian. Jahitan bahu yang terlalu menjorok ke leher pun sudah dipastikan tidak akan terasa pas di lengan. Jika garis bahu terlihat lebih bawah, berarti tandanya kaos kamu ukurannya terlalu besar.

  • Bagian Dada & Perut

Bagian ini merupakan salah satu bagian tubuh yang paling menonjol, jadi jangan sampai bagian ini terlihat sangat ketat. Selain itu, perhatikan juga pada bagian ketiak agar kamu bisa lebih leluasa untuk bergerak. 

 

Menggunakan kaos dengan nyaman adalah kunci utama. Supaya tampilan kamu tidak terlihat aneh, pastikan kaos yang kamu pilih terlihat lebih longgar pada bagian perut bila disandingkan dengan bagian dada. Sebaiknya, kaos yang kamu gunakan bisa dicubit dengan panjang maksimal 5 cm. Hal ini diterapkan agar kaos tidak kebesaran dan juga tidak kekecilan sehingga kamu tetap bisa leluasa ketika bergerak.

  • Panjang Kaos

Ada trik khusus untuk mengetahui seberapa muatnya kaos kalian. Coba lakukan jongkok saat memakai kaos dan lihat apakah kaos kalian sudah menutupi seluruh bagian punggung atau belum. Kalau masih berada di atas pinggul, tandanya kaos kamu kekecilan.

 

Saat berdiri, cara ini bisa juga kalian gunakan. Ukur panjang kaos kalian hingga menutupi bagian pinggul sedikit, setidaknya menutupi bagian sabuk panjangnya agar tidak terlihat menggantung. Ukurannya sendiri tergantung dari tinggi badan kalian, karena tiap orang pasti memiliki postur tubuh yang tidak sama.

  • Lengan


 

Aspek ini juga menjadi salah satu yang terpenting untuk menentukan pas atau tidaknya suatu penampilan. Sebelum memilih kaos, baiknya kalian cek apakah ujung lengan pada kaos tidak terlalu pas saat dikenakan—tidak terlihat lebar serta lubang lengannya juga masih bisa memberikan ruang yang maksimal. Bila kalian memiliki lengan yang berotot, tonjolkan sedikit dengan mengenakan lengan yang sedikit lebih pas. Kalian juga harus memastikan bila mengenakan kaos, kalian masih bisa menggerakan tangan dengan baik, jangan sampai menimbulkan bekas pada kulit.

 

contoh penggunaan kaos lengan panjang.  

 

Sebagai panduan tambahan, bila kalian memiliki postur tubuh tinggi kalian bisa menggunakan kaos dengan lengan lebih panjang, Tshirtbar merekomendasikan kaos dengan model long sleeve.

 

Pemakaian ukuran kaos

 

Apakah dengan menentukan daya dan ukuran sudah cukup? Tentu belum. Tshirtbar akan membahas lebih dalam lagi bagaimana kaos itu dibuat berdasarkan fitting-nya. Ukuran kaos yang dikenakan dapat menjadi pertimbangan penting ketika kalian memilih kaos supaya sesuai dengan kebutuhan kalian. Kami akan berikan contoh mengenai penggunaan kaos reguler fit dengan ukuran yang berbeda saat dikenakan pria dan wanita.

ilustrasi pada tubuh pria

 

ilustrasi pada tubuh wanita

 

Dari kedua contoh di atas, bisa di lihat bahwa keduanya mempunyai ukuran dan bentuk tubuh yang berbeda. Pria dengan postur atletis seperti di foto lebih cocok menggunakan size XL, sedangkan wanita di foto lebih cocok menggunakan kaos ukuran L. Penggunaan kaos yang terlalu ketat membuat penampilan menjadi kurang menarik di pandang mata. Memakai kaos yang terlalu besar juga membuat tubuh pemakai nya terlihat sangat berisi. Meski begitu, saat ini perkembangan fashion memang sudah sangat bergeser di bandingkan dahulu. Tapi balik lagi, kenyamanan harus tetap menjadi prioritas yang paling utama. Pastikan saat memilih kaos, pilihlah opsi ukuran yang panjangnya dapat menutupi pinggang bagian bawah namun tidak menutupi paha. Poin kedua, perhatikan bagian kerah agar tidak mencekik leher. Dan yang terakhir, pada bagian lengan juga setidaknya berjarak 1-2 cm antara lengan dan kaos. 

 

Selain kedua foto di atas, kalian juga bisa ikuti tips memilih ukuran kaos bagi kalian yang memiliki postur tubuh kurus maupun berisi. Silakan di tonton:

 

@tshirtbarid

badan yang kurus buat kamu ga PD? tshirtbar kasi tips nya nih untuk naikin percaya diri kamu😉 #fyp #badan #kurus #tips #outfit #tshirts #fypシ

♬ OFFICIALLY MISSING YOU DANCE COVER – 𝘔𝘢𝘯𝘯𝘦x 𝘔𝘢𝘯𝘩𝘢𝘵𝘵𝘢𝘯

 

@tshirtbarid

Insecure sm body shape kamu? nih Tshirtbar kasih tips agar kamu tetap kece dengan penampilan mu☺ #styling #kaospolos #oversize #hoodies #fyp #jaket

♬ INDUSTRY BABY – Lil Nas X & Jack Harlow

 

Bagaimana proses penjahitan kaos?

 

Dilihat dari cara penjahitan untuk membuat kaos, ada 2 cara finishing-nya. Yang pertama adalah side-seam (jahitan samping) dan yang kedua adalah tubular (tanpa jahitan samping). 

 

Faktor apakah yang membedakan kedua jahitan tersebut?

 

Dilansir dari kanal Youtube Bella Canvas, secara kualitas kaos berjenis side-seam (jahitan samping) cenderung memiliki kualitas yang lebih baik dari tubular. Bagaimana bisa dikatakan demikian? Ada beberapa elemen penting yang semakin memperjelas bila side-seam jauh lebih unggul. Sebelum membahas itu, Tshirtbar akan menjelaskan perbedaan dari keduanya.

 

Jenis-jenis jahitan pada kaos

 

  • Kaos Side-seam (Kaos dengan jahitan samping)

 

Kaos side-seam (jahitan samping) merupakan kaos yang diproduksi dengan konstruksi jahitan di samping kiri dan kanan kaos, mulai dari bagian underarm hingga ujung kaos. Karena prosesnya ini, kaos side-seam (jahitan samping) membutuhkan proses pembuatan yang lebih panjang dibandingkan dengan kaos tubular. Dari segi harga pun, kaos side-seam (jahitan samping) dibanderol lebih mahal. Biasanya produsen distro atau retail store menggunakan kaos ini sebagai item yang dipasarkan.

 

Selain beberapa keunggulan yang sudah dijelaskan di atas, produk kaos side-seam (jahitan samping) juga punya keunggulan lainnya. Selain memiliki kemampuan dalam penyesuaian bentuk tubuh yang baik, kaos dengan jahitan samping juga diyakini dapat menahan struktur garmen saat dicuci sehingga bentuknya tetap awet seperti seharusnya. Bila kalian ingin menambahkan gambar atau print, kaos ini juga mampu membuat hasil gambar jadi lebih nyata dan konsisten.

 

  • Kaos Tubular (Kaos tabung)

 

Kaos tubular merupakan kaos yang diproses dengan melingkari tabung kain berfungsi sebagai struktur badan—kemudian  dijahit pada bagian leher dan lengannya. Kaos dengan ciri tanpa jahitan samping ini biasanya hanya memerlukan selembar kain sehingga biaya produksi yang dikeluarkan jauh lebih murah.

 

Bicara soal hasil fitting, bisa dibilang kaos tubular memberikan kesan lebih bulat bila dibandingkan dengan kaos side-seam. Proses pembuatannya yang menggunakan tabung menjadi penyebab kaos jenis tubular terlihat seperti tabung sehingga kurang menyesuaikan bentuk tubuh dengan baik dan cenderung lebih kaku. Kelebihan yang dimiliki oleh kaos tubular bisa dilihat dari segi harga karena lebih terjangkau dari kaos side-seam (jahitan samping).

 

Penjelasan lebih lanjut mengenai perbedaan keduanya, kalian bisa tonton di sini:

 

@tshirtbarid

Side Seam dan Tubular? Apasih perbedaannya? Simak yuk! #tubular #sideseam #perbedaan #kaos #longsleeve #jaksel #tshirts #fyp #xyrbca

♬ Swing Soon – Zero3 Music

 

Di samping urusan kualitas yang sudah dijelaskan di atas, kaos side-seam juga menunjukkan tampilan yang lebih natural karena kaos side-seam tidak menunjukkan bentuk tubuh kamu menjadi lebih “bulat” seperti kaos tubular. Sebagai produsen kaos, Tshirtbar juga memilih kaos dengan jahitan samping sebagai produk yang di pasarkan.

 

Sekarang, bagaimana memilih kaos yang benar?

 

Setelah dijelaskan dengan detil, pertimbangan dalam memilih gaya, ukuran dan proses juga perlu diperhatikan untuk mendapatkan produk kaos yang bagus dan awet digunakan. Tshirtbar sebagai produsen kaos unggulan menyediakan berbagai macam kaos dengan gaya yang sesuai dengan list di atas serta hadir dengan beragam ukuran yang bisa kamu pilih. Selain itu, kalian bisa custom design tanpa minimum order. Pilihan bahan berkualitas serta harga terjangkau. Segera dapatkan di sini sekarang juga!

 

Referensi:

  1. https://www.stitchfix.com/men/blog/how-to/how-your-t-shirt-should-fit/
  2. modestman.com 
  3. https://www.youtube.com/watch?v=HoLlAnDB-vw

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.