Last Update: November 8th, 2019 at 10:57 am

Tampil Keren dengan 5 Paduan Warna Jas dan Kemeja Ini!

Mencari paduan jas dan kemeja memang gampang-gampang susah, terkadang kamu merasa warnanya cocok namun ketika digunakan kenyataan tidak seindah bayangan. Padahal, warna dari jas dan kemeja juga bisa menentukan impresi orang terhadapmu. Agar tidak salah pilih, ikuti beberapa tips memadukan jas dan kemeja di bawah ini, tidak susah, kok!

 

Satu Warna? Mengapa Tidak?

Siapa bilang kamu harus menggunakan dua warna yang berbeda untuk paduan kemeja dan jas? Satu warna juga bisa menjadi pilihan mudah dan menampilkan kesan berkelas ketika kamu menggunakannya. Yang perlu menjadi poin utama ketika kamu menggunakan paduan kemeja dan jas yang memiliki warna sama adalah di bagian aksesoris pendukung, seperti dasi dan sepatu. Gunakan dasi dan sepatu dengan warna yang berbeda. Kamu bisa menggunakan warna yang mencolok, seperti merah atau oranye, utamanya untuk bagian dasi. Bila kamu takut memadukan warna, gunakan saja warna netral seperti putih atau hitam.

Kombinasikan Warna yang Mirip

Bila kombinasi satu warna terlalu membosankan untukmu, kamu bisa menggunakan kombinasi warna yang mirip. Seperti jas warna biru tua dengan kemeja warna biru muda, atau sebaliknya. Umumnya, jas memiliki warna yang lebih dominan (seperti biru tua, merah hati, hitam, atau putih) dibandingkan dengan kemejanya. Agar lebih menarik, kamu bisa menggunakan warna senada untuk dasi, namun gunakan rona yang lebih mencolok. Contohnya, gunakan warna biru terang untuk paduan warna biru tua dan biru muda.

Jangan Takut dengan Warna Kontras

Penggunaan warna kontras seperti biru tua dan merah hati juga tidak ada matinya. Warna kontras tidak selamanya menyakiti mata bila dipadankan dengan baik. Warna yang umum digunakan untuk kombinasi ini adalah biru tua dan mera hati, atau sebaliknya. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan warna dasi yang senada dengan jas agar tidak mati bila disandingkan dengan kemeja.

Tampil Klasik dengan Biru dan Cokelat

Bila warna kontras terlalu mencolok untukmu, kamu bisa menggunakan warna komplementer seperti biru tua dan cokelat untuk memadukan jas dan kemeja. Biru dan cokelat adalah warna yang cukup aman untuk paduan seperti ini. Kemejanya pun tidak perlu polos, kamu bisa bermain dengan motif formal seperti garis dan kotak-kotak. Terkesan fleksibel namun masih pantas dilihat sebagai pakaian formal.

Kesan Hangat dengan Warna Merah Muda

Siapa bilang warna merah muda hanya bisa digunakan oleh perempuan? Kamu yang ingin menampilkan bahwa dirimu mudah didekati dan hangat bisa menggunakan paduan warna hitam dan merah muda untuk jas dan kemeja. Gunakan warna yang lebih gelap untuk jas lalu gunakan warna merah muda sebagai kemejamu. Untuk dasinya, kamu bisa menggunakan warna merah hati agar terlihat berkelas. Selain itu, merah muda juga bisa membuat kamu tampak mencolok meski warnanya halus. Kesan bersahabat yang ditampilkan oleh warna ini sangat cocok digunakan untuk acara bertemu dengan kolega.

Jangan Lupa Gunakan Aksesoris Pendukung

Ada banyak aksesoris pendukung jas dan kemeja yang bisa kamu gunakan, mulai dari dasi, bros, jam tangan, hingga tas. Untuk dasi, sebaiknya kamu memilih warna yang berbeda dari jas atau kemeja kamu, supaya tidak tenggelam dengan warna dominan dari kedua aparel tersebut. Setidaknya, kamu harus menyediakan dari warna hitam, merah hati, biru tua, dan motif garis di rumah.

Kamu juga bisa menggunakan tote bag untuk menambah kesan kasual dan tidak kaku bila kamu menggunakan jas. Agar tote bag yang kamu gunakan makin menarik, kamu bisa memesan tas tersebut dengan desainmu sendiri ke tshirtbar.id.

Untuk bros, kamu bisa menggunakan berbagai macam jenis, tergantung kebutuhan acara. Bila acaranya formal, kamu bisa menggunakan bros kecil berbentuk bunga yang disematkan di kerah. Bros ini menampilkan kesan elegan dan mahal. Cocok untuk acara berasama atasan kamu.

 

Bila kamu termasuk orang yang tidak mau menghafal paduan warna, kamu bisa menggunakan cheat berikut ini. Unduh color wheel atau roda warna di internet dan gunakan paduan warna yang ada di roda tersebut untuk jas dan kemeja kamu. Kamu juga bisa meminta tolong petugas di toko, karena mereka pasti paham paduan warna yang pas.

 

Artikel Terkait:

Bryan Wicaksono

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *