18 Model Saku Kemeja Pria yang Perlu Kamu Ketahui

Model saku kemeja pria dapat bervariasi tergantung dari kebutuhan. Di era modern, kita bisa melihat beberapa kemeja memiliki saku, namun ada juga yang tidak sama sekali. Penggunaan saku saat ini bervariasi tergantung permintaan dan kebutuhan.

Saku adalah bagian esensial dari sebuah kemeja. Saku digunakan untuk membawa barang-barang ringan dan penting. Saku ini dijahit dan ditempatkan pada bagian depan kiri atau kanan depan baju. Untuk lebih jelasnya, simak artikel ini hingga akhir.

Apa Itu Saku Kemeja?

apa itu saku kemeja

Secara definisi, saku kemeja adalah potongan kain yang dijahit ke dalam pakaian atau aksesori dengan tujuan untuk menyimpan barang-barang pribadi. Beberapa perancang busana yang menambahkan hiasan seperti sulaman atau manik pada saku tersebut.

Penempatan saku pada kemeja akan menentukan apakah kemeja tersebut formal, semi-formal, kasual, atau bahkan non-formal. Maka dari itu, penting untuk memilih dan menyesuaikan kantong yang paling cocok untuk gayamu. 

Fungsi dari saku adalah wadah untuk menyimpan barang-barang kecil, seperti pena, kacamata, ponsel, atau benda lainnya. Saku kemeja dapat ditempatkan pada berbagai posisi, seperti di bagian dada sebelah kiri atau kanan. 

Baca Juga: 13 Model Saku Baju Wanita yang Perlu Kamu Tahu

Apa Saja Model Saku Kemeja Pria?

apa saja model saku kemeja pria

Penggunaan saku kemeja bisa bersifat dekoratif atau praktis, tergantung pada desain dan gaya kemeja yang digunakan. Setidaknya, kamu perlu tahu beberapa jenis berikut:

1. Patch Pocket

Patch adalah jenis saku yang ditempatkan di bagian luar kemeja, khususnya di area dada. Model ini memberikan kesan yang lebih khas dan sering digunakan pada kemeja dengan gaya lebih santai atau gaya retro.

2. Set-In Pocket

Saku penting lainnya dibuat dengan cara membuat bukaan pada pakaian dan menyematkan tas saku di bagian dalamnya sehingga hanya bukaan saku yang terlihat dari luar.

3. Seam Pocket

Jenis saku yang dijahit dengan menggabungkan dua lapisan kain pakaian. Saku ini terletak di antara dua lapisan kain yang dijahit bersama, sehingga tidak ada tambahan jahitan tambahan pada permukaan luar pakaian. Saku ini memberikan kesan yang lebih bersih dan elegan pada kemeja.

4. Cargo Pocket

Pertama kali dikenal pada pakaian militer. Namun, seiring waktu, cargo pocket juga telah menjadi bagian dari desain kemeja kasual dan fungsional dalam pakaian sehari-hari. Saku ini memberikan tampilan yang lebih sporty dan praktis, serta menawarkan ruang penyimpanan ekstra untuk barang yang sering dibutuhkan.

5. Western Pocket

Western pocket merupakan tipe saku yang ditempatkan di bagian luar pakaian dengan pengencang penutup. Dilengkapi dengan tombol jepret adalah salah satu fitur umum yang terdapat pada western pocket.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Outfit Gym Pria yang Nyaman dan Keren

6. Round Pocket

Bentuknya melingkar dan berada di bagian dada. Model ini memberikan kesan yang lebih santai dan cocok untuk situasi kerja yang lebih informal atau santai.

7. Utility Pocket

Utility pocket memiliki penutup dengan velcro, resleting, atau kancing. Desainnya yang kuat dan fungsional menjadikan utility pocket cocok untuk digunakan di lingkungan kerja yang membutuhkan akses cepat dan barang jadi lebih aman.

8. Bordered Pocket

Saku bordir dapat berupa pola, gambar, atau tulisan yang dijahit dengan benang warna. Desain bordir dapat bervariasi dari yang sederhana hingga yang rumit, tergantung pada gaya dan selera desainer atau pembuat pakaian, guna menambah kesan estetik.

9. Safari Pocket

Memiliki tampilan yang terdiri dari dua saku dada yang ditutup dengan kancing, saku yang dilipat dengan penutup berbentuk diagonal, dan tepian yang dihiasi dengan pinggiran. Gaya ini terinspirasi dari kemeja berburu zaman dulu yang memberikan kesan vintage.

10. Zippered Pocket

Saku yang dilengkapi dengan penutup resleting. Memiliki desain yang memungkinkan penggunanya untuk membuka atau menutupnya dengan mudah, sehingga barang yang disimpan di dalamnya tetap aman. Biasanya saku ini ada di kemeja outdoor.

11. Coin Pocket

Saku koin yang berfungsi untuk menyimpan benda kecil seperti koin. Didesain untuk memberikan estetika lebih serta membuat penampilan semakin tampak kasual.

12. Hidden Pocket

Memang sengaja didesain agar tak terlalu terlihat, namun ini akan memudahkan dalam menyimpan barang dan bisa ditempatkan pada sisi pinggang kanan dan kiri.

13. Plain Pocket

Jenis satu ini terbilang simpel karena tidak ada desain khusus di bagian depannya. Intinya, pocket satu ini bisa dibilang saku paling basic.

14. XL Round Pocket

XL round pocket memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan jenis saku lainnya. Saku ini memiliki dimensi yang memadai untuk menyimpan smartphone dengan ukuran besar.

15. Angled Chest Pockets

Ukuran tipe saku ini lebih kecil dari biasanya. Namun, kamu masih bisa menyimpan benda kecil seperti koin, permen atau barang penting lainnya.

16. Hexagonal Pocket

Bentuknya hexagonal sehingga tampak unik pada kemeja. Fungsinya sama, hanya ini juga bisa kamu temukan pada kemeja formal.

17. Top Stitching Pocket

Bentuknya sama dengan pocket biasa, namun jenis model saku ini memiliki fitur khusus di mana saku tersebut diberi aksen jahitan di sekitar tepian saku. 

Baca Juga: 5 Style Outfit Main Golf Pria Terbaru

18. Waist Pocket

Terletak di sisi pinggang kiri atau kanan kemeja. Model ini kurang umum digunakan, namun dapat memberikan tampilan yang unik dan berbeda pada kemeja.

Sekarang kamu sudah tahu beberapa jenis model saku kemeja pria untuk kamu coba di kemudian hari. Jangan lupa untuk coba berbagai jenis model dan kreasikan sesuai personamu sendiri. 

Kamu bisa custom saku kemeja sendiri di Tshirtbar. Selain itu, kamu juga bisa custom sendiri bahkan dibuat kemeja full print. Silakan cek banner di bawah ini untuk info lengkap:

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 225