13 Model Saku Baju Wanita yang Perlu Kamu Tahu

Model saku baju wanita lebih menonjol daripada pria. Mungkin diantara kalian masih ada yang biasa saja tentang saku. Namun, sebenarnya saku punya peran penting pada kehidupan sehari-hari. 

Saku bisa dijadikan sebagai wadah tambahan untuk menyimpan barang secara praktis. Di satu sisi juga bisa menambah kesan estetika pada pakaian. Jika bosan dengan jenis saku yang itu-itu saja, maka artikel ini jadi tempat akurat untuk lebih tahu lebih dalam.

Apa Saja Model Saku Baju Wanita?

model saku baju wanita

Saku tidak hanya terbatas untuk celana saja. Produk seperti jaket, kemeja atau bahkan kaos sendiri pun bisa ditambahkan ‘additional’ seperti saku. Berikut ragamnya:

1. Seam Pocket

Jenis saku yang dibuat dengan menyatukan dua lapisan kain pakaian. Lokasi saku ini berada di antara kedua lapisan kain yang dijahit bersama, sehingga tidak menambahkan jahitan ekstra pada bagian luar pakaian. Sebagai hasilnya, saku ini memberikan tampilan yang lebih rapi dan anggun

2. Back Pocket

Tipe saku pada pakaian wanita yang terletak di bagian belakang, umumnya pada celana atau rok. Berbeda dengan saku depan yang berada di bagian depan pakaian, back pocket ini bisa memiliki bentuk persegi panjang atau melengkung, bergantung pada desain dan gaya pakaian yang digunakan.

Baca Juga: 10 Model Outer Kekinian agar Penampilan Semakin Stylish

3. Kangaroo Pocket

Kangguru pocket memiliki ciri khas dimana saku tersebut tidak dilengkapi dengan penutup atau flap terpisah. Umumnya, saku ini terletak di bagian bawah dada atau dekat pinggang pada pakaian wanita seperti hoodie, cagoule, atau pakaian kasual lainnya. 

4. Patch Pocket

Patch adalah tipe saku yang diletakkan pada bagian luar kemeja, terutama di area dada. Model ini memberikan kesan yang khas dan sering diaplikasikan pada kemeja dengan gaya yang lebih santai atau gaya retro.

5. Outer Pocket

Outer pocket pada pakaian wanita memiliki variasi bentuk dan ukuran yang bergantung pada desain pakaian dan tujuannya. Selain berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang kecil, outer pocket juga berperan sebagai elemen desain yang menarik, memberikan detail atau aksen unik pada pakaian.

6. Bordir Pocket

Desain bordir bervariasi dari yang sederhana hingga yang rumit, disesuaikan dengan gaya dan preferensi desainer atau pembuat pakaian, untuk memberikan kesan estetik yang lebih menarik.

7. Welt Pocket

“Welt” merujuk pada sepotong kain sempit (baik satu atau dua) yang dipasang secara terpisah dan berfungsi sebagai bingkai untuk membuka saku.

8. Flap Pocket

Saku dengan penutup di bagian atas yang berfungsi untuk menjaga barang-barang agar tetap aman di dalamnya. Penutup ini bisa berupa tutup dengan kancing, desain yang menarik, atau bahkan hanya menggantung dengan tampilan yang menarik untuk menambah daya tariknya!

9. Coin Pocket

Dibuat dengan tujuan praktis untuk menyimpan koin atau jam saku, biasanya dikenal sebagai kantong jam tangan, yang terletak pada bagian dalam saku depan kanan pada jeans.

10. Round Pocket

Berbentuk lingkaran dan terletak di area dada. Model ini menciptakan suasana yang lebih santai dan sesuai untuk situasi kerja yang casual atau santai. Umumnya ditemukan pada produk jaket berbahan tebal.

11. Zipper Pocket

Saku yang dilengkapi dengan penutup resleting, dirancang dengan kemudahan untuk membuka dan menutupnya, sehingga barang-barang yang disimpan di dalamnya tetap aman. Jenis saku ini biasanya ditemukan pada jaket outdoor seperti jaket dress.

12. Cargo Pocket

Ini adalah jenis saku yang memiliki lipatan di sisi-sisinya, memberikan ruang tambahan sehingga bisa menampung lebih banyak barang untuk dibawa.

13. Pleated Pocket

Tipe saku yang memiliki lipatan di bagian luar. Lipatan tersebut menambah dimensi pada saku sehingga menyediakan lebih banyak ruang untuk menyimpan barang. Pleated pocket biasanya memiliki tampilan yang lebih menonjol dan memberikan sentuhan estetika yang menarik pada busana wanita.

Baca Juga: 5 Model Baju Piyama Kekinian untuk Pria dan Wanita

Bagaimana Cara Membuat Saku Baju Wanita dengan Mudah?

cara membuat saku baju wanita

Saku sudah jadi elemen penting pada pakaian. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan, demi menambah saku pada koleksi baju kesayangan.

1. Cara Termudah

Tak punya waktu untuk menjahit? Jangan khawatir, kamu bisa coba datang ke tempat jasa custom terpercaya. Selalu ingat untuk cek reputasi dan baca ulasan dari konsumen mereka sebelumnya. 

Ini akan jadi pertimbangan untuk hasil akhir desainnya. Jangan malu untuk bertanya kepada mereka, dan minta saran terbaik dari para ahlinya.

2. Buat Sendiri atau DIY (Do It Yourself)

Selain datang ke tempat menjahit, kamu juga bisa coba buat saku sendiri di rumah. Berikut tahapannya:

Bahan dan Alat yang Diperlukan:

  • Kain untuk saku 
  • Kain untuk baju
  • Benang sesuai warna kain
  • Gunting
  • Jarum dan mesin jahit 

Cara Membuat:

  • Potong kain untuk saku dengan ukuran yang diinginkan. 
  • Lipat kain saku jadi dua dengan bagian luar menghadap ke dalam dan pastikan tepinya rata.
  • Jahit tepi saku dengan mesin jahit atau tangan dengan jahitan lurus pada sisi yang tidak dilipat. 
  • Setelah menjahit tepi saku, potong ujung saku yang tidak dijahit untuk sampai rapi.
  • Tentukan posisi saku di baju. 
  • Tempelkan saku dengan benang sesuai warna kain di bagian tepi saku yang tidak dijahit, lalu jahit saku pada kain baju dengan mesin jahit atau tangan. 
  • Kamu bisa tambahkan beberapa sentuhan kreatif seperti hiasan atau aksen tambahan sesuai selera.
  • Tada! Saku sudah menempel dan siap untuk dipakai

Baca Juga: 7 Model Baju yang Cocok untuk Celana Kulot

Sekarang, kamu sudah siap tampil pede dan lebih paham soal model saku baju wanita. Demi memaksimalkan kenyamanan, jangan lupa untuk belanja baju ke tempat ahlinya. Tentunya bisa kamu dapatkan secara custom di Tshirtbar.

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 211