5 Model Jersey Futsal dan Rekomendasinya

Bagi pecinta olahraga tentu sudah sangat akrab dengan istilah jersey. Jersey adalah pakaian khusus yang desainnya menyesuaikan jenis olahraga. Tapi, bagaimana dengan model jersey futsal? Apakah sama dengan jersey sepak bola?

Pasalnya dua olahraga ini sekilas tampak sama dan mirip. Tapi, ternyata terdapat sedikit perbedaan antara dua jersey olahraga ini. Mulai dari pemilihan bahan dan juga desainnya. Walaupun jenis kedua olahraga ini sama-sama fokus pada menendang bola. 

Namun, untuk pemain sepak bola ternyata membutuhkan desain jersey yang tidak menghambat ruang gerak. Biar tidak bingung membedakan keduanya, yuk lihat perbedaan jersey futsal dan sepak bola beserta rekomendasinya.

Apa Perbedaan Jersey Futsal dan Jersey Sepak Bola?

Faktor yang membedakan desain setia jersey olahraga berbeda adalah perbedaan kebutuhan ruang gerak. Desainer jersey olahraga harus mampu menyeimbangi antara kenyamanan pemakai dengan tampilan. Untuk perbedaan model jersey sepak bola dan futsal bisa di lihat dari berikut ini.

1. Desain dan Warna

Perbedaan pertama adalah pada desain dan warna, di mana jersey futsal memiliki desain yang lebih ramai. Sementara untuk jersey sepak bola terbatas pada desain yang sederhana. Warna jersey untuk futsal juga lebih bervariasi berbeda dengan sepak bola yang pilihan warnanya terbatas.

2. Pemilihan Bahan

Pemilihan bahan pada jersey futsal dan sepak bola sebenarnya tidak terlalu mencolok. Namun, jersey untuk bermain sepak bola cenderung lebih ringan dengan bahan polyester. Sementara untuk jersey futsal terbuat dari bahan yang elastis seperti spandex.

3. Ukuran Jersey

Perbedaan lainnya adalah pada pengaturan ukuran jersey yang berbeda. Jersey sepak bola sengaja dirancang dengan ukuran yang besar karena ruang geraknya juga lebih luas. Sementara untuk jersey futsal ukurannya lebih kecil dengan desain yang pas dengan tubuh.

Baca Juga: 6 Style Jersey Bola dan Tips Memadukannya

Bagaimana Tips Memilih Jersey Futsal yang Keren dan Nyaman?

tips memilih jersey futsal yang keren dan nyaman

Dibandingkan sepak bola, olahraga futsal sering menjadi pilihan untuk pemain amatir. Misalnya saja sekelompok pelajar atau untuk mempererat tongkrongan. Biar bermain futsal semakin nyaman, maka harus cermat memilih model jersey futsal yang keren dan nyaman seperti kriteria di bawah ini.

1. Pilih Bahan yang Berkualitas Premium

Memilih bahan jersey futsal sangat penting untuk kenyamanan saat berolahraga. Sebaiknya utamakan mencari jersey yang memiliki kualitas premium dari bahan polyester atau spandek. Dua bahan ini akan membuat olahraga terasa lebih ringan dan nyaman karena tidak menghambat pergerakan.

2. Perhatikan Pori-pori Bahan Pada Jersey

Cermati bagaimana pori-pori pada bahan jersey sebelum membeli. Walaupun jersey terbuat dari bahan yang sama seperti poliester, namun bisa jadi memiliki lebar pori-pori yang berbeda. Pori-pori pada jersey ini akan menentukan kenyamanan juga karena mempengaruhi keluar masuknya udara saat berkeringat.

3. Pilih Desain yang Menarik

Jersey futsal memiliki desain yang variatif dan ramai. Sebaiknya pilih jersey yang desainnya membuat kamu tampak keren. Bahkan jika memungkinkan gunakan jasa printing untuk membuat jersey dengan desain kostum. Selain itu, sesuaikan juga desain dengan warnanya. 

4. Perhatikan Ukuran

Jangan asal membeli jersey tanpa mempertimbangkan ukurannya. Ini adalah faktor penting yang menentukan kenyamanan saat menggunakannya. Cari jersey yang ukurannya tidak terlalu ketat ataupun longgar. Pastikan bahwa ukuran jersey tidak menghambat ruang gerak nantinya.

5. Perhatikan Jahitan 

Tips berikutnya adalah memperhatikan jahitan jersey dengan teliti. Banyak yang melewatkan bagian ini sehingga tidak jarang jersey berakhir sobek. Cari jenis jersey yang jahitannya rapi dan kuat agar bisa tahan lama. Apalagi jika jersey digunakan secara rutin.

Baca Juga: 5 Rekomendasi dan Tips Membuat Desain Jersey Lengan Panjang

Rekomendasi Model Jersey Futsal yang Keren dari Tshirtbar

model jersey futsal yang keren

Untuk mencari model jersey futsal yang keren dan nyaman cukup mudah. Salah satunya dengan melihat koleksi dari Tshirtbar yang memiliki produk jersey berkualitas. Desainnya pun sangat keren dengan kesan manly seperti contoh di bawah ini.

1. Jersey Tim Favorit

Karena olahraga sepak bola jauh lebih populer, maka tidak ada salahnya mencari jersey futsal sesuai tim favorit. Misalnya saja seperti mengidolakan klub Manchester United, maka bisa membeli jersey futsal yang desainnya serupa klub tersebut.

2. Jersey Negara

Selain jersey dari tim bola favorit, bisa juga menggunakan inspirasi dari jersey tim nasional. Kamu bisa menjadikan jersey timnas sebagai inspirasi untuk membuat jersey futsal. Misalnya saja seperti negara Indonesia, Argentina, Inggris, dan lainnya yang memiliki desain unik berkarakter.

3. Jersey Corak Garis 

Rekomendasi desain jersey berikutnya adalah dengan menggunakan corak garis. Corak garis membuat tampilan jersey tampak elegan dan tidak ketinggalan zaman. Contoh tim sepak bola yang menggunakan motif garis pada jerseynya adalah Juventus, Argentina, dan lainnya.

4. Jersey Hexagonal 

Ingin tampilan yang lebih unik lagi, maka bisa menggunakan motif hexagonal kekinian. Motif ini memanfaatkan perpaduan warna agar menghasilkan kesan yang keren dan nyaman. 

Misalnya saja seperti membuat desain segi enam dengan perpaduan warna biru, merah, atau putih. Ini akan membuat penampilan tampak lebih hidup dan bersemangat.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Jenis Bahan Jersey untuk Kaos

5. Jersey Batik

Jika kamu memiliki tim futsal yang rutin bermain, maka tidak ada salahnya membuat desain sendiri. Banyak perusahaan percetakan baju yang menyediakan desain jersey sendiri. Jika menggunakan desain sendiri maka bisa menjadi motif batik sebagai inspirasi. Tentunya ini akan membuat penampilan tampak unik dan keren.

Nah, itulah rekomendasi model jersey futsal yang dapat menjadi referensi untuk kegiatan olahraga. Ketika membeli jersey hal yang paling penting adalah kenyamanan dan bahan. Karena itulah, Tshirtbar menyediakan banyak pilihan jersey dan outfit olahraga lainnya.

CTA Banner Sportswear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 211