5 Model Baju Seragam Kantor dan Rekomendasinya

Menentukan model baju seragam kantor adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk menciptakan citra profesional dan elegan bagi para karyawan. Selain itu, seragam juga punya andil dalam dalam membangun rasa persatuan dan kebanggaan di antara para karyawan, serta memudahkan pengenalan mereka sebagai bagian dari perusahaan. 

Dalam proses perancangan seragam kantor, beberapa faktor yang penting untuk dipertimbangkan meliputi budaya perusahaan, jenis pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan, serta kondisi iklim di lingkungan tempat bekerja. 

Lebih lanjut lagi, ikuti tips ini dalam menciptakan desain seragam kantor yang mencerminkan profesionalisme dan gaya yang sesuai dengan citra perusahaan.

Apa Saja Fungsi Membuat Baju Seragam Kantor?

fungsi membuat baju seragam kantor

Kehadiran seragam kantor dalam perusahaan akan mendatangkan keuntungan yang bisa menaikkan potensi baik bagi brand perusahaan. Ini dia fungsi yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Sebagai Wadah Marketing Perusahaan

Hal pertama dari pentingnya seragam kantor adalah dapat menjadi strategi promosi yang efektif untuk memperkenalkan brand perusahaan. Hal ini dapat dilakukan dengan memasang logo perusahaan pada seragam. Saat para pegawai mengenakan seragam di luar, hal ini secara tidak langsung akan memperkenalkan brand perusahaan kepada orang di sekitarnya.

2. Menunjukkan Profesionalitas

Baju seragam kantor menghadirkan kesan profesionalitas dan formalitas. Seragam yang rapi dan bersih memberikan kesan yang baik kepada client, rekan kerja, dan mitra bisnis, serta membantu mencerminkan citra positif perusahaan. Tentunya hal ini juga menumbuhkan rasa solid antar sesama karyawan.

3. Menampilkan Kesan Rapi dan Bersih

Seragam kantor juga punya peran penting dalam keamanan dan kebersihan di lingkungan kerja. Bahan seragam kantor juga dapat dipilih secara khusus untuk memenuhi kebutuhan saat berada di lokasi tertentu, seperti bahan yang mudah dicuci dan tahan terhadap noda atau bahan yang mampu melindungi dari bahan kimia berbahaya. Tujuannya untuk memastikan keamanan dan kebersihan para pekerja dalam menjalankan tugas.

4. Sebagai Bentuk Kenangan

Sebagai karyawan kita tidak akan pernah tahu waktu yang tepat untuk resign. Seragam kantor bisa jadi bentuk memori yang akan selalu dikenang hingga masa tua. Bahkan seragam kantor juga bisa dijadikan referensi untuk kebutuhan busana di waktu yang akan datang.

5. Menciptakan Rasa Bangga

Baju seragam kantor juga menampilkan identitas perusahaan. Hal ini bisa dilihat dari adanya logo perusahaan yang ada pada baju seragam. Dengan adanya logo tersebut, orang lain yang melihat kaos tersebut dapat dengan mudah mengenali perusahaan yang kamu pakai. Ini menjadi sebuah representasi visual yang membantu mengidentifikasi dan memperkenalkan perusahaan kepada banyak orang, dan karyawan pun bisa bangga dengan hal itu.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Outfit Kantor Pria dan Cara Memilihnya

Bagaimana Tips Desain Model Baju Seragam Kantor?

Bagi desainer, merancang baju seragam kantor mungkin tidak sulit. Namun, bagi orang yang sama sekali non desainer pasti akan membutuhkan banyak waktu. Namun, jangan khawatir, berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan supaya sesuai arahan:

1. Tentukan Tujuan Desain

Tahap awal adalah menentukan untuk apa seragam dibuat. Beberapa jenis pakaian tidak cocok dipakai saat berada di kantor, atau bisa dipakai hanya untuk kebutuhan gathering perusahaan.Kamu bisa memilih apa yang sekiranya pas dan sesuai dengan kegiatan.

2. Buat Sketsa di Awal

Gambar sketsa sebagai panduan sebelum ke tahap produksi. Kamu dapat membuat sketsa secara manual atau menggunakan aplikasi digital. Jika ingin hasil yang lebih cepat, kamu dapat menggunakan aplikasi desain seperti Adobe Illustrator atau Canva bagi pemula.

3. Menentukan Area Desain

Penting untuk menentukan di mana desain akan ditempatkan pada seragam kantor. Mengatur proporsi yang tepat pada satu atau dua titik area akan mempengaruhi hasil cetakan. Kamu juga bisa menambahkan desain seperti tipografi untuk tampilan yang lebih sederhana.

4. Memilih Warna

Tentukan pilihan warna yang tepat untuk desain seragam. Kamu bisa cek diagram warna untuk memastikan desain tampak selaras dan harmonis. Bisa juga hanya mengandalkan satu warna saja.

5. Menambahkan Logo dan Simbol Perusahaan

Untuk memperkuat entitas perusahaan bagi karyawan, bisa tambahkan logo di samping atau ikon lain yang mewakili perusahaan. Namun, jangan terlalu berlebihan dalam pemilihan ikon agar tidak terkesan over.

6. Mencetak di Jasa Custom Baju

Tahap terakhir adalah mencetak desain pada seragam perusahaan. Pilih jenis sablon yang sesuai dengan desain dan bahan baju. Setelah itu, baju seragam perusahaan sudah  siap digunakan oleh semua pihak di kantor.

Baca Juga: 5 Style Casual Formal Pria dan Inspirasinya

Rekomendasi Model Baju Seragam Kantor dari Tshirtbar

rekomendasi model baju seragam kantor

Beberapa pilihan model baju di daftar ini sangat cocok digunakan sebagai seragam kantor. Tiap model baju punya fungsi berbeda sesuai dengan kondisi dan situasi kegiatan kerja. 

1. Polo Shirt

Baju semi formal ini bisa menambah kesan elegan namun tidak kaku. Bahan Lacoste PE sangat fleksibel dan awet, sehingga kain pada pakaian tidak mudah luntur. Nilai plus lagi, polo shirt bisa ditambahkan bordir logo.

2. Kemeja Pendek

Kemeja satu ini punya lengan pendek sehingga adem dipakai. Berbeda dengan kemeja panjang yang lebih gerah,

3. Jersey Kantor

Biasanya kantor sering mengadakan acara olahraga bersama. Maka, jersey kantor wajib dibuat supaya terlihat kompak.

4. Jaket Kantor

Model baju satu ini cocok untuk dipakai saat acara outing. Hal penting lain yang bisa kamu dapatkan dari jaket, bisa dipakai saat berkendara motor.

Baca Juga: 6 Referensi Style Kantoran Wanita Hijab

5. Topi Kantor

Aksesori ini dapat dijadikan souvenir di masa depan. Melindungi kepala dari pancaran sinar matahari yang terik.

Itu tadi tips desain dan rekomendasi model baju seragam kantor yang bisa kamu jadikan referensi kedepannya. Urusan cetak desain, serahkan saja pada Tshirtbar.

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 224