7 Inspirasi Model Baju Jahitan dan Tips Memilihnya

Salah satu tantangan saat produksi baju adalah kesulitan menentukan inspirasi model baju jahitan. Memilih model jahitan memang tidak boleh sembarangan, harus cermat dan teliti agar hasilnya bisa memuaskan.

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih model untuk pakaian yang akan dijahit, selain memperhatikan modelnya. Misalnya saja menentukan warna dan corak yang digunakan.

Warna memiliki pengaruh besar terhadap baju yang dihasilkan. Kesan warna yang ditimbulkan dalam bentuk bahan mungkin saja berbeda dengan kesannya ketika sudah menjadi pakaian jadi.

Bagaimana Tips Memilih Model Baju Jahitan?

tips memilih model baju jahitan

Ada pertimbangan lain yang perlu diperhitungkan ketika menjahit baju. Misalnya kesesuaian dengan bentuk tubuh, tone warna, dan juga fungsi baju tersebut. Jika masih bingung menentukan model baju yang tepat, maka bisa menggunakan tips berikut ini.

1. Sesuaikan dengan Bentuk Tubuh

Setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda, mulai dari bentuk pinggul hingga bahu. Setiap bentuk akan tampak lebih stunning dengan baju yang tampilannya sesuai.

Untuk tipe tubuh dengan pinggul lebar, akan lebih cocok jika membuat pakaian dengan pilihan warna yang gelap sehingga bisa menghasilkan ilusi warna. Pinggul yang lebar bisa terlihat lebih proporsional jika mengenakan pakaian yang berwarna gelap.

Contoh lainnya untuk pemilik tubuh yang kurus, dan ingin terlihat lebih fresh dan berisi. Maka bisa menggunakan corak line atau garis horizontal. Serta pilihlah warna yang cenderung cerah untuk menambah kesan fresh.

2. Pilih Warna Sesuai Tone Kulit

Warna kulit ternyata juga menjadi faktor yang menentukan dalam memilih kombinasi kaos. Ini karena tone kulit setiap orang berbeda, mulai dari putih hingga gelap. Oleh karena itu, ada beberapa warna yang cocok ataupun tidak jika digunakan oleh tone tertentu.

Misalnya untuk tone gelap cenderung tampak stunning jika menggunakan warna cerah, seperti merah, biru, dan lainnya. Sementara untuk tone kulit yang pucat bisa memilih warna yang soft seperti merah muda, hijau muda, dan lainnya.

3. Pilih Desain Berdasarkan Fungsi Pakaian

Tips memilih model jahitan selanjutnya adalah ketahui fungsi pakaian tersebut. Apakah digunakan untuk acara yang sifatnya formal atau non-formal. Dengan begitu maka akan lebih mudah untuk menentukan desainnya.

Jika ingin digunakan untuk pakaian formal maka sebaiknya pilih desain dengan detail yang elegan dan bermain di warna yang kalem. Contohnya seperti warna hitam, merah bata, dan lainnya.

Jika takut penampilan akan terlihat membosankan, maka bisa menambahkan aksesoris lain agar tampak elegan. Jangan lupa juga untuk mencari tahu dresscode warna yang sesuai dengan acara yang akan dihadiri dengan pakaian tersebut.

4. Pilih Corak Sesuai Kepribadian

Salah satu keuntungan menggunakan model baju ini adalah bebas menentukan corak, desain, dan detail. Sebaiknya pilih corak ataupun desain yang menggambarkan kepribadian masing-masing.

Dengan begitu, ketika mengenakannya akan terasa lebih nyaman. Selain itu aura seseorang akan lebih terpancar ketika menggunakan pakaian sesuai kepribadian.

Baca Juga: Pilihan Model Baju Tunik Bahan Katun

Inspirasi Model Baju Jahitan

inspirasi model baju jahitan

Tidak semua baju dapat menggunakan jasa penjahit. Umumnya orang menggunakan jasa penjahit untuk menghasilkan model baju yang eksklusif. Misalnya saja seperti jas, dress, gamis, dan lainnya. Berikut ini inspirasi model baju yang dapat menjadi referensi.

1. Polo Shirt

Polo shirt adalah inspirasi model baju yang paling umum digunakan. Menggunakan jasa penjahit untuk membuat polo shirt merupakan pilihan yang tepat. Salah satu kelebihan menggunakan jasa jahit untuk polo shirt adalah bisa menambah bordir pada bagian pocketnya.

2. Jahit Rantai

Model jahitan selanjutnya yang perlu diperhitungkan adalah menggunakan jahit rantai. Baju dengan jahit rantai cenderung lebih kuat dan tampak berkualitas.

Model jahit rantai umumnya diaplikasikan pada jenis pakaian seperti shirt, kemeja, dress, dan lainnya. Untuk mengetahui bagus atau tidaknya kualitas baju maka penting untuk mempertimbangkan adanya jahit rantai.

3. Rok dan Celana

Sering merasa kecewa membeli celana atau rok secara langsung mungkin dialami beberapa orang. Terlebih area pinggul dan panjang kaki setiap orang berbeda-beda. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan jasa penjahit.

Menjahit rok dan celana akan membuat hasilnya jadi lebih nyaman karena sesuai dengan lekuk tubuh. Kuncinya adalah pilih warna sesuai dengan bentuk lekuk pinggang dan ukuran kaki.

Baca Juga: Mengenal Macam-Macam Model Lengan Baju dan Polanya

4. Dress

Dress merupakan model baju yang dapat menjadi inspirasi selanjutnya. Ada berbagai jenis dress yang dapat menjadi referensi, yaitu mini dress ataupun long dress. Tampilan menggunakan dress jahitan akan lebih nyaman karena sesuai dengan ukuran tubuh.

5. Rompi

Rompi juga merupakan salah satu inspirasi model jahitan untuk tampil formal. Terutama jika memiliki proporsi tubuh yang unik. Pilihan model rompi dapat dibuat sesuai lekuk tubuh. Semakin pas dengan tubuh maka semakin baik kualitasnya.

Salah satu detail penting yang mempengaruhi tampilan rompi adalah potongan dan pilihan warnanya. Sebaiknya gunakan potongan yang simpel dan corak yang sesuai dengan selera masing-masing.

6. Jogger Pants

Inspirasi model baju selanjutnya adalah jogger pants sebagai bawahan untuk pria. Celana semi formal pria satu ini dapat dibuat dengan menggunakan jasa jahit karena akan tampak lebih pas terlebih jika ukurannya pas dengan tubuh.

7. Kemeja

Terakhir adalah kemeja, baik untuk pria atau wanita, bahkan anak-anak. Kemeja bisa menjadi salah satu fashion yang dijahit karena kualitasnya akan semakin tinggi. Menggunakan jasa jahit untuk membuat kemeja tentu tampak lebih berkelas karena sesuai dengan bentuk dan ukuran tubuh.

Baca Juga: 4 Model Baju Olahraga yang Nyaman Digunakan

Nah, itulah tips dan inspirasi model baju jahitan yang dapat menjadi referensi ketika menggunakan jasa vendor. Terakhir, jangan lupa untuk menggunakan jasa produksi baju di Tshirtbar sehingga hasil akhir baju bisa memuaskan.

Custom Produk Tanpa Minimal

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *