7 Rekomendasi Mix and Match Outer HIjab yang Cocok untuk Berbagai Acara

Mix and match outer hijab mengacu pada konsep look yang lebih beragam. Karena sejatinya wanita Muslim juga tetap bisa mengekspresikan selera mode pribadi mereka sambil tetap berpegang pada keyakinan agama. Trend fashion modern pun telah mendorong para hijaber supaya bisa memadukan berbagai desain warna, dan pilihan hijab untuk melengkapi pakaian mereka dan menciptakan penampilan yang berbeda. Termasuk dengan outer yang kerap jadi andalan.

Agar kamu tidak keliru dan terlihat fashionable, yuk simak tips dan ragam inspirasi outfit hijab dengan outer. Langsung saja!

Bagaimana Tips Mix and Match Outer Hijab yang Cocok Untuk Berbagai Acara?

tips mix and match outer hijab

Sebagai hijaber, ada banyak aspek yang perlu diperhatikan dalam memilih hijab dan outer. Berikut penjelasan detailnya:

1. Sesuaikan dengan Acara

Pilih outer hijab yang sesuai dengan acara yang akan dihadiri. Untuk acara formal seperti pesta wedding atau seminar, outer hijab yang terbuat dari bahan yang lebih tebal seperti katun, sutra, atau jacquard akan lebih cocok. Apabila akan hadir ke acara kasual, outer hijab yang terbuat dari bahan yang lebih ringan seperti cotton, spandex, atau parasut bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga: 5 Inspirasi OOTD Hoodie Hitam Hijab dan Tips Memilihnya

2. Tentukan Tema Busana

Saat memilih outer hijab, pertimbangkan warna busana yang akan kamu kenakan. Tak lupa juga dengan konsep dari tampilan yang kamu inginkan. Warna bold seperti merah marun dan hitam bisa buat tampilan makin elegan. Opsi lain bila ingin terlihat segar, pilih outer hijab dengan warna yang lebih cerah seperti hijau, merah, atau biru langit.

3. Sesuaikan dengan Bentuk Wajah

Ada trik mengenai pemilihan hijab yang bisa pas dengan bentuk muka. Jika memiliki wajah yang bulat, pilih outer hijab yang punya bentuk yang lebih lurus seperti pashmina atau shawl. Sedangkan bila kamu punya wajah yang lebih panjang, pilih outer hijab dengan model yang memiliki bentuk yang lebih menonjol, contohnya kerudung syar’i atau turban.

4. Gunakan Aksesoris Pendukung

Sesuaikan outer hijab dengan aksesori yang akan dipakai. Jika ingin terlihat lebih mewah, pilih outer hijab yang dilengkapi dengan aksesori seperti manik-manik, kristal, atau perhiasan lainnya. Sedangkan jika ingin terlihat lebih sederhana, pilih outer hijab yang tidak terlalu banyak aksesori.

Jangan lupa untuk memperhatikan kenyamanan saat memakai outer hijab. Pastikan outer hijab yang dipilih tidak terlalu ketat atau terlalu longgar, agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

5. Bahan pada Pakaian

Pilih kain yang nyaman dan punya sirkulasi udara baik. Karena hal ini penting untuk memilih kain yang nyaman dan bernapas untuk pakaian hijab Anda, terutama jika Anda akan memakainya dalam waktu lama.

6. Coba Eksperimen

Cobalah bereksperimen dengan gaya hijab yang berbeda. Ada banyak referensi di sosial media yang bisa kamu tiru. Coba gaya yang berbeda saat acara tertentu bisa bantu kamu menemukan gaya yang paling cocok.

Jangan takut untuk mencoba hal baru. Cermat dalam memilih mix and match outfit bisa jadi cara yang menyenangkan dan kreatif untuk mengekspresikan karakter pribadi. Ayo coba kombinasi baru mulai dari sekarang.

7. Tentukan Pola dan Warna

Padu padankan hijab dan atasan berwarna berbeda untuk menciptakan tampilan yang menarik dan unik secara visual. Ada banyak jenis pola dan ragam warna pada dunia fashion. Misalnya pola batik yang melekat dengan budaya Indonesia.

Baca Juga: 6 Referensi Style Kantoran Wanita Hijab

Rekomendasi Mix and Match Outer Hijab

rekomendasi mix and match outer hijab

Berikut adalah 7 rekomendasi mix and match outer hijab yang bisa kamu coba:

1. Hoodie dan Turban

Opsi pertama ada hoodie yang jadi favorit banyak orang. Biasanya hoodie dipakai ketika cuaca sedang dingin. Sangat cocok bila dipasangkan dengan turban, dimana penutup kepala tersebut sudah banyak dipakai oleh beberapa fashion influencer.

Memakai hoodie dengan ukuran lebih besar (oversize) bisa buat tampilan jadi ala hypebeast. Lebih sempurna lagi bila memakai sneakers running trail atau klasik.

2. Windbreaker dan Hijab Sport

Kamu mungkin tidak kepikiran untuk memakai windbreaker. Jika kamu senang kegiatan outdoor, maka tidak ada salahnya memilih luaran satu ini. Ditambah hijab sport yang tidak ribet ketika dibawa berkelana.

3. Jaket dress dan Hijab Segi Empat

Jaket dress adalah salah satu bentuk inovasi dari jaket biasa. Bila dilihat dari pola punya bentuk seperti gaun midi, namun ada kancing  di bagian depan. Tentu luaran satu ini cocok bagi para hijaber yang suka tampilan sedikit feminim.

Hijab segi empat memang sudah jadi pilihan standar bagi para wanita. Bentuknya simpel dan juga tersedia dalam warna polos. Look semakin kaya dengan jaket dress yang beraneka warna.

4. Cagoule Polos dan Hijab Full Print

Cagoule merupakan jenis luaran yang dilengkapi dengan hoodie (topi) dan terdiri dari bahan sintetis. Salah satu jenis yang bisa kamu coba coba adalah cagoule polos. Jaket satu ini tidak dilengkapi dengan motif atau desain apapun, sehingga tampilannya lebih sederhana. Lain dengan hijab full print yang punya dengan desain atau motif yang cukup ramai.

Memadukan cagoule polos dengan hijab full print dapat memberikan kontras yang menarik. Sebab warna dan desain dari cagoule dan hijab akan saling melengkapi. Akan tetapi perlu diingat bahwa kombinasi ini cocok untuk acara yang lebih santai, misalnya olahraga.

5. Oversize Hoodie dan Pashmina

Selanjutnya ada hoodie oversize yang bisa dipikirkan. Bahan cotton fleece pada hoodie tidak membuat gerah ketika dipakai. Kunci utamanya adalah bisa memilih pashmina polos atau bermotif yang tidak mudah kusut. Cocok jika digunakan saat acara casual seperti hangout di mall.

@tshirtbarid

Inspirasi outfit cewe serba hitam/mamba ala Tshirtbar untuk kamu yang hijab friendly. Yuk tampil kasual saat pergi ke kegiatan informal bareng temen-temen mu!! #fypシ #lokal #xyzbca #beranda

♬ my audio is famous – Yoseph

6. Kimono dan Hijab Voal

Kedua pasangan ini sangat tepat untuk kamu yang suka sesuatu yang lebih simpel. Kimono punya bahan adem dan begitupun juga dengan hijab voal. Gunakan dalaman kaos lengan panjang serta celana jeans sebagai bawahan.

7. Kemeja Oversize dan Hijab Segi Empat

Terakhir kamu juga bisa andalkan kemeja oversize untuk outfit sehari-hari. Jika memakai kemeja warna polos, maka bisa gunakan hijab full print. Ini akan buat tampilan jadi playful dan chic.

Baca Juga: 4 Tips OOTD Hijab Kaos Oversized Agar Terlihat Keren

Itu tadi beragam mix and match outer hijab serta tipsnya. Sekarang kamu sudah bisa eksplorasi dengan berbagai busana untuk dicocokkan dengan hijab. Tentunya dengan outer berkualitas dari Tshirtbar.

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 214