7 Ide Mix and Match Batik yang Cocok untuk Berbagai Acara

Mix and match batik seringkali terlihat membosankan. Sebagai warisan budaya Indonesia yang diakui oleh UNESCO, batik sudah jadi pilihan populer dalam dunia fashion. Bahkan dalam beberapa waktu belakang batik pun kerap digunakan sebagai outfit untuk berbagai acara. Mulai dari kegiatan formal sampai acara santai. Bahkan trending #berkainbersama juga telah ada sejak tahun 2021 lalu. 

Paduan batik dengan pakaian lain bisa menciptakan gaya yang unik. Tentunya hal ini juga dapat disesuaikan dengan acara yang ingin dihadiri. Tapi, memadukan batik dengan pakaian lain mungkin terlihat sulit bagi beberapa orang. Maka dari itu, khusus di artikel kali ini kami akan menginformasikan beberapa ide padu padan batik yang cocok untuk berbagai acara. 

Bagaimana Cara Mix and Match Batik yang Cocok Untuk Berbagai Acara?

cara mix and match batik yang cocok untuk berbagai acara

Pakaian batik bersifat serbaguna dalam penggunaan pada outfit. Agar kamu tidak salah pilih dalam berpakaian, berikut adalah tipsnya yang bisa kamu ikuti:

1. Jika akan Menghadiri Kegiatan Formal

Memadukan batik dengan celana panjang untuk acara formal seperti wedding party atau acara seminar. Kombinasikan dengan bawahan yang ramping dan fit regular untuk seimbang dengan motif batik yang kompleks.

2. Jika akan Menghadiri Semi Formal

Untuk acara semi-formal, padukan batik dengan celana chino atau celana panjang kasual. Pilih celana dengan warna netral seperti coklat atau hitam untuk memberikan kesan elegan dan formal.

3. Paduan untuk Para Wanita

Ada hal penting yang perlu diperhatikan bagi para wanita. Penggunaan batik bagi para wanita harus mengedepankan sisi anggun nan cantik. Memakai pilihan celana atau rok juga harus bisa menyesuaikan dengan kegiatan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mix and Match Warna Hitam untuk Berbagai Acara

4. Tambahkan aksen Seperti Aksesoris

Agar supaya tampil lebih keren, gunakan aksesoris yang bisa menambah rona estetika. Aksesoris seperti gelang dan cincin bisa buat tampilan makin elegan. Kuncinya adalah menggunakan perhiasan yang tidak punya motif mencolok, dan tanpa terlihat norak.

5. Gunakan Sepatu Sebagai Fashion Statement

Penggunaan sepatu yang tepat dengan paduan outfit bisa memberikan statement yang mencolok. Memilih sepatu yang sesuai dengan acara juga sangat direkomendasikan supaya tidak salah kostum saat menghadiri acara besar.

6. Pilih Satu Motif Saja

Motif pada batik ada bermacam-macam. Seperti misalnya motif mega mendung yang berasal dari Cirebon. Saran dari kami adalah tidak mix and match dua motif berbeda. Tujuannya biar pakaian lain tidak tenggelam dan look bisa tetap stand out.

7. Hindari Tampilan yang Sexy

Batik adalah sebuah warisan Nusantara yang melekat dengan sisi elegan. Pakaian terbuka sangat tidak disarankan, untuk bisa menjaga kesopanan.

Baca Juga: 7 Tips Mix and Match Kemeja Putih Agar Lebih Stylish

Ide Mix and Match Batik dari Tshirtbar

ide mix and match batik

Dari acara resmi hingga santai, Tshirtbar akan memberikan berbagai ide kreatif yang dapat membantu kamu bisa tampil dengan percaya diri dan elegan saat memakai batik. Jadi, jika kamu ingin tahu lebih lanjut, mari kita mulai bahas cara memadukan batik yang cocok untuk berbagai acara.

1. Kemeja Batik dan Rok

Pakaian resmi seperti kemeja batik bisa dipakai untuk berbagai acara. Baik saat bergaya formal atau kasual, Kamu juga bisa menyesuaikan dengan rok model apa saja, asalkan tidak pendek dan ketat.

Contoh jenis outfit yang bisa kamu jadikan bawahan adalah rok plisket warna polos. Kemudian memasukkan kemeja ke dalam rok dan pakai alas kaki seperti sneakers ataupun loafer. Sekarang kamu sudah tampil elegan!

2. Kaos Batik dan Celana Jeans

Bila kamu akan tampil lebih santai, seperti nongkrong bersama teman di coffee shop bisa pakai kaos dengan print batik. Celana jeans merupakan salah satu bawahan yang bisa digunakan oleh siapa saja, baik untuk pria maupun wanita.

Cutting-an pada jeans bisa memberikan siluet yang pas bagi tubuh. Pastikan untuk memilih ukuran celana jeans sudah sesuai. Warna denim bisa memakai dark blue, hitam atau washed grey.

3. Kaos Polos dan Rok Batik

Atasan kaos polos juga bisa disesuaikan dengan bawahan seperti rok batik rok batik dengan model lilit atau flare bisa menambah kesan anggun bagi pemakainya. Sepatu yang digunakan bisa memakai model high heels, flat shoes dan bahkan sneakers.

Aksesoris tambahan seperti clutch dan tote bag agar menambah aksen estetika. Bisa menyesuaikan dengan pilihan warna netral dan colorful.

4. Kaos Pocket Print Batik dan Celana Chino

Nah, kedua paduan ini bisa dicoba jika ingin tampil sedikit polos. Pocket print hanya berada di bagian kiri dada. Sedangkan celana chino juga bisa dipakai untuk kegiatan yang sifatnya semi formal.

Tak heran bila pocket print saat ini jadi andalan anak muda. Bisa digunakan bersama pasangan agar semakin terlihat serasi.

5. Kaos Oversize dan Tote Bag Batik

Baju longgar seperti oversize bisa memberikan volume, terlebih untuk mereka yang punya badan kurus. Jadi, sah saja bila mengkombinasikan kaos satu ini dengan tas bermotif batik.

Saat ini kamu sudah bisa custom desain tas dengan berbagai motif batik. Paling penting adalah bisa menyesuaikan dengan preferensi pribadi.

6. Polo Shirt Bordir Batik dan Celana Pendek

Baju semi formal ini memang dikhususkan untuk seragam golf. Tapi, karena ia punya kerah, maka polo shirt juga bisa dijadikan outfit yang lebih gagah.

Celana pendek bisa memberikan kesan santai. Hal paling penting adalah tidak memakai paduan tersebut saat menghadiri acara resmi.

7. Kaos Panjang dan Kain Batik

Terakhir adalah kaos panjang dengan kain batik sebagai bawahan. Kain batik sifatnya fleksibel karena bisa juga digunakan sebagai outer. Apalagi saat ini tren #berkainbersama akan terus ada dalam waktu lama. Tentu bisa juga dipakai saat kegiatan sehari-hari.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Mix and Match Outer HIjab yang Cocok untuk Berbagai Acara

Jadi, itu tadi cara mix and match batik yang bisa kamu terapkan untuk berbagai acara. Sekarang saatnya kamu print baju dengan motif batik atau aksen lainnya di Tshirtbar.

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 217