Perlu Ketahui Bagaimana Metode Pengukuran Lingkar Panggul yang Tepat

Mungkin bagi beberapa orang, metode pengukuran lingkar panggul masih terdengar asing. Banyak yang salah menganggap bahwa ukuran panggul sama dengan lingkar pinggang. Namun, perlu dicatat bahwa keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

 

Pengukuran lingkar panggul umumnya lebih sering digunakan dalam konteks produk fashion wanita. Ini karena wanita memiliki variasi ukuran yang berbeda di bagian panggul mereka. Jadi, untuk yang belum familiar dengan konsep lingkar panggul dan keterkaitannya dengan ukuran pinggang, disarankan untuk membaca informasi berikut ini.

 

Pengertian dari Lingkar Panggul

Ukuran lingkar panggul merupakan dimensi tubuh yang mengukur sekitar bagian atas paha dan di bawah pinggang seseorang. Setiap individu memiliki variasi ukuran dan bentuk panggul yang unik, sehingga penting untuk memperhatikan detail ini saat membuat pakaian. 

 

Memilih pakaian dengan ukuran panggul yang sesuai dengan tubuh sendiri akan meningkatkan penampilan secara keseluruhan. Para penjahit juga dapat menggunakan teknik penjahitan yang sesuai dengan ukuran panggul untuk menciptakan kesan yang lebih penuh atau ramping sesuai kebutuhan.

 

Perbedaan Metode Pengukuran Lingkar Panggul dan Lingkar Pinggang

Mengetahui perbedaan antara lingkar panggul dan lingkar pinggang adalah langkah penting dalam mencari pakaian dengan ukuran yang tepat. Berikut adalah beberapa perbedaan antara lingkar panggul dan lingkar pinggang yang perlu dipahami dengan lebih jelas:

 

  • Letak di Tubuh

Perbedaan yang paling mencolok antara lingkar panggul dan lingkar pinggang adalah letaknya pada tubuh. Meskipun keduanya terkait dengan bagian belakang tubuh, pinggang terletak di bagian belakang sejajar dengan perut dan dada. Di sisi lain, panggul berada di bagian bawah pinggang. 

 

Terutama pada wanita, panggul memiliki bentuk yang lebih khas karena pengaruh hormonal, dan setiap wanita memiliki variasi ukuran dan bentuk yang berbeda. Jika lingkar pinggang bisa diestimasi secara umum, pengukuran lingkar panggul harus lebih detail karena akan memengaruhi seberapa pas pakaian tersebut.

 

  • Metode Pengukuran

Cara mengukur juga berbeda antara lingkar panggul dan lingkar pinggang. Lingkar pinggang dapat diukur dengan mudah dengan memasang meteran di sekitar pinggang hingga melewati bagian belakang tubuh. Namun, untuk lingkar panggul, pengukurannya harus lebih hati-hati karena posisi tubuh saat mengukur juga berpengaruh. Sebaiknya, berdiri tegak dan rapatkan kaki hingga sejajar dengan bahu saat mengukur panggul.

 

  • Peran dalam Produk Fashion

Lingkar panggul dan pinggang memiliki peran yang berbeda dalam pembuatan produk fashion. Misalnya, pada celana jeans, ukuran pinggang yang kecil mungkin juga memerlukan ukuran panggul yang besar. 

 

Namun, dalam fabrikasi produk fashion, rasio antara lingkar pinggang dan panggul sering digunakan untuk menentukan ukuran yang umum. Ini berarti bahwa seseorang bisa mendapatkan celana yang tidak cocok dengan ukuran panggul atau pinggangnya.

 

  • Keragaman Ukuran

Keragaman ukuran juga menjadi perbedaan signifikan antara lingkar panggul dan lingkar pinggang. Lingkar pinggang sering dapat dikelompokkan ke dalam ukuran tertentu dengan lebih mudah, sedangkan untuk lingkar panggul, rasio antara panggul dan pinggang harus diperhitungkan lebih dulu.

 

Metode Pengukuran Lingkar Panggul dengan Cara Tepat

Setelah memahami konsep lingkar panggul, muncul pertanyaan tentang teknik pengukurannya. Seperti halnya dengan bagian tubuh lainnya, biasanya para penjahit menggunakan alat ukur, seperti meteran, untuk melakukannya. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

 

  • Lepaskan Pakaian Sebelum Mengukur

Sebelum mengambil pengukuran, disarankan untuk melepaskan pakaian luar terlebih dahulu agar hasil pengukuran lebih akurat. Khususnya jika menggunakan celana dengan bahan yang tebal, karena hal ini dapat mengganggu hasil pengukuran. 

 

Namun, jika Anda berniat mencari pakaian dengan ukuran yang longgar, maka tidak masalah untuk mengukur sambil mengenakan celana. Namun, jika Anda berniat untuk menjahit pakaian seperti dress atau sejenisnya, lebih baik untuk mengukur tanpa adanya halangan kain lainnya.

 

  • Gunakan Cermin Berukuran Setinggi Tubuh

Jika Anda melakukan pengukuran sendiri tanpa bantuan orang lain, disarankan untuk menggunakan cermin berukuran setinggi tubuh Anda. Hal ini berguna untuk melihat bagian belakang panggul agar meteran dapat ditempatkan dengan tepat saat pengukuran. 

 

Berdirilah di depan cermin dengan kedua kaki rapat dan tegak, jangan melebarkan kaki karena ini dapat mengubah hasil pengukuran panggul. Pastikan posisi kaki sejajar dengan bahu.

 

  • Gunakan Meteran Jahitan

Gunakan meteran khusus yang biasanya digunakan oleh penjahit sebagai alat ukur. Perhatikan juga rasio antara pinggang dan panggul, karena kedua hal ini akan mempengaruhi hasil jahitan nantinya. 

 

Sebelum melakukan pengukuran, cari tahu terlebih dahulu bagian panggul yang paling lebar. Ini juga menjadi alasan mengapa diperlukan cermin berukuran setinggi tubuh, agar hasil pengukuran lebih akurat.

 

  • Lingkarkan Pada Bagian yang Paling Lebar

Langkah terakhir adalah memposisikan meteran pada bagian panggul yang paling lebar. Lakukan beberapa kali pengukuran dan catat hasilnya sebelum mendapatkan nilai yang akurat. Pilih nilai yang paling besar sebagai patokan, karena itu menandakan bagian terlebar dari panggul. 

 

Jika Anda tidak memiliki meteran khusus, Anda bisa menggunakan benang atau tali elastis sebagai penggantinya. Lingkarkan pada bagian panggul, potong pada titik pertemuan benang atau tali, dan gunakan alat ukur lainnya untuk mengukur panjang benang atau tali tersebut. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan ukuran panggul yang dapat digunakan untuk menjahit pakaian.

 

Itu tadi metode pengukuran lingkar panggul untuk Anda coba di kemudian hari. Selain itu, perhatikan juga detail size chart secara ukuran. Butuh produk fashion yang punya beragam size chart? Langsung kepoin aja Tshirtbar sekarang juga!

 

Cara Sablon Kaos Sendiri

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 217