8 Cara Menghilangkan Sablon di Baju dengan Mudah

Tentunya setiap baju yang disablon seiring berjalannya waktu akan mengalami kerusakan pada bagian gambar yang disablon seperti pecah-pecah. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa hal yang menyebabkannya seperti mencucinya terlalu sering atau menggosok pada gambar yang disablon sehingga memberikan pengaruh yang buruk terhadap tampilan baju.

Cara menghilangkan sablon di baju bisa menjadi salah satu pilihan terbaik yang bisa anda lakukan. Namun, tentunya anda tidak bisa langsung mencopot sablon dengan mudah seperti halnya stiker. Dibutuhkan beberapa trik khusus agar sablon yang ada pada baju anda bisa hilang secara efektif.

Cara menghilangkan sablon di baju berikut ini bisa menjadi salah satu alternatif anda dalam menghilangkan sablon. Selain mudah untuk dilakukan, tentunya baju kaos anda akan bersih dari sablon.

Bagaimana Cara Menghilangkan Sablon pada Kaos?

Cara menghilangkan sablon di kaos cukup mudah untuk dilakukan hanya dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa kamu terapkan.

1. Menggunakan Setrika

Tentunya Anda pastinya akan menghindari bagian yang memiliki sablon ketika menyetrika sebuah baju yang memiliki sablon, hal ini dikarenakan Anda akan takut jika bagian yang disablon menjadi rusak karena uap setrika yang begitu panas.

Tentunya hal ini bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan sablon tersebut, cara melakukannya juga sangat mudah. Sebab Anda hanya perlu untuk menyiapkan kain kering yang nantinya akan diletakkan di antara setrika dan gambar tersebut, hal ini tentunya untuk menghindari sablon yang akan lengket di setrika.

Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan alkohol untuk mengurangi sablon yang lengket, ditambah lagi untuk menghilangkan sablonnya maka Anda bisa menggunakan bantuan pisau atau gunting. Namun Anda harus memperhatikan jenis sablon yang digunakan, hindarilah ini jika bahan bajunya adalah polyester karena akan mengkerutkan bahannya jika ingin menghilangkan sablonnya, tentunya cara menghilangkan sablon di baju ini begitu direkomendasikan karena sangat aman.

Berikut alat, bahan, dan langkah-langkah yang Anda butuhkan untuk menghilangkan sablon menggunakan setrika:

Alat dan bahan:

  • Setrika
  • Kaos yang dihilangkan sablonnya
  • Alkohol
  • Pisau atau gunting
  • 2 buah kain kering

Langkah:

  • Langkah pertama bagaimana cara menghilangkan sablon di baju adalah panaskan setrika kurang lebih selama 3-5 menit.
  • Letakkan baju di tempat yang datar dan sablonan menghadap ke atas.
  • Kemudian masukkan kain kering yang sedikit agak tebal ke dalam baju.
  • Letakkan kain kering yang kedua di atas sablon, lalu tempelkan setrika yang telah panas selama beberapa detik.
  • Kemudian ambil kain kering dan oleskan dengan alkohol secara merata di bagian sablon selagi panas.
  • Tentunya sablon akan terlihat mengerut. Cobalah menarik sablon supaya terkelupas dengan menggunakan pisau.
  • Ulangi proses ini 4-6 kali sampai sablon terkelupas.
  • Jika sablon sudah hilang, cucilah baju tersebut agar dapat melunturkan sisa sablon dan alkohol

Baca Juga: Cara Menghilangkan Cat pada Baju Sampai Bersih

2. Menggunakan Bensin

Bensin tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar namun juga untuk menghilangkan sablon, apalagi bensin juga sejak zaman  dahulu juga sudah dimanfaatkan untuk menghilangkan sablon di baju. Caranya juga mudah dimana anda hanya perlu perlu mengoleskan bensin di bagian belakang sablon kemudian diamkan sebentar dan kupas menggunakan pisau maupun gunting. Akan tetapi menggunakan bensin tidak seefektif menggunakan setrika, oleh sebab itu ada baiknya jika Anda mengkombinasikan menggunakan setrika dan bensin dalam menghilangkan sablon.

Untuk anda yang ingin menggunakan bensin untuk menghilangkan sablon di baju anda, berikut ulasan selengkapnya.

Alan dan bahan:

  • Bensin
  • Baju dengan sablon yang nantinya akan dihapus
  • Gunting atau pisau
  • 2 buah kain kering
  • Sarung tangan

Langkah:

  • Balikkan kaos, ingatlah dimana letak sablon
  • Letakkan kain kering di dalam baju supaya bensin tidak merembes kemana-mana
  • Ambil bensin dan oleskan di belakang sablon
  • Diamkan sebentar hingga bensin kering
  • Anda bisa menggunakan pisau untuk mengelupas sablon tersebut
  • Ulangi 3-5 kali ketika sablon belum terkelupas sepenuhnya
  • Cucilah baju sampai bersih, lalu tambahkan banyak pewangi supaya bau bensin bisa hilang

3. Menggunakan Pemutih Pakaian

Pemutih pakaian umumnya digunakan untuk membersihkan baju putih dari noda yang membandel, namun pemutih pakaian juga berfungsi sebagai perontok sablon di baju. Tentunya hal ini bisa digunakan untuk baju kaos yang berwarna putih saja, sebab ketika menghilangkan sablon menggunakan pemutih pakaian maka Anda harus merendam baju pada pemutih pakaian yang telah dicampur dengan air. Serta ketika sudah merendamnya maka kucek bagian yang memiliki sablon dan lepas dengan menggunakan kuku.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Luntur di Baju Secara Efektif

4. Menggunakan Mesin Pengering

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah menggunakan mesin pengering. Caranya pun sangat mudah untuk dilakukan yaitu anda hanya perlu memasukkan baju pada mesin pengering. Jika sudah dinyalakan pada suhu yang tinggi selama beberapa saat, maka anda bisa mengangkat baju tersebut. Dengan begitu lem sablon akan memanas serta akan sedikit mengendur. Selanjutnya anda bisa langsung membersihkan sablon tersebut hingga benar-benar bersih.

5. Menggunakan Pelarut

Untuk menggunakan pelarut, tentunya juga sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu menuangkan pelarut dengan takaran yang cukup banyak pada bagian belakang sablon. Jika sudah, maka anda akan melihat jika lapisan lem dan sablon pada kain akan segera menyusut. Jika sudah seperti ini, anda hanya perlu membersihkannya saja.

6. Menggunakan Cairan M3

Cara menghilangkan sablon selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan cairan M3. Cairan kimia yang satu ini sangat mirip dengan tiner. Dengan menggunakan cairan M3 ini, maka dapat memudarkan warna dari sablon yang ingin anda hilangkan. Agar tidak merembes, tidak ada salahnya untuk menggunakan kain kering agar dapat menyerap cairan M3 ini.

Sebelum menghilangkan sablon menggunakan M3, sangat dianjurkan untuk anda menggunakan masker supaya uapnya secara langsung tidak terhirup. Jangan sampai kulit anda secara langsung terkena cairan M3. Hal ini dikarenakan bisa menyebabkan gatal-gatal dan iritasi pada kulit. Untuk menggunakan cairan M3 ini, anda hanya perlu menyiapkan cairan M3, baju yang akan dihilangkan sablonnya, pisau, dan dua buah kain kering.

Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah letakkan baju ditempat yang datar dengan sablon menghadap ke atas. Kemudian masukkan kain kering ke dalam baju guna mencegah M3 merembes ke daerah lain. Selanjutnya ambil kain kering yang lain dan basahi dengan menggunakan cairan M3. Usapkan kain yang basah pada bagian sablon yang ingin dikelupas.

Lalu diamkan hingga beberapa saat supaya terjadi reaksi antara sablon dan M3. Jika sudah terlihat mengkerut, anda bisa menggunakan pisau untuk melepas sablon. Agar sablon terkelupas semua, ulangilah proses tersebut 3 sampai 6 kali. Jika sudah, cucilah hingga benar-benar bersih. Jangan sampai ada sisa M3 di baju karena dapat membuat anda gatal-gatal nantinya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Sablon di Jaket dengan 3 Cara Ini

7. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Perlu diketahui bahwa, minyak kayu putih dapat digunakan sebagai salah satu solusi mudah menghilangkan sablon di kaos. Cara ini dapat menjadi alternatif di antara cara lain seperti diatas. Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan minyak kayu putih untuk menghilangkan sablon pada baju:

  • Balikkan kaos sehingga bagian sablon berada di bagian dalam dan siapkan minyak kayu putih.
  • Letakkan selembar kain kering di dalam kaos, tepat di bawah area sablonan.
  • Kemudian, oleskan minyak kayu putih pada bagian belakang sablon tersebut.
  • Diamkan selama beberapa menit agar minyak kayu putih meresap ke sablon tersebut.
  • Setelah minyak mengering, hati-hati saat mengupas bagian sablon dengan menggunakan gunting atau pisau.
  • Terakhir, cuci kaos hingga bersih dan ulangi proses dari awal apabila sablon masih belum sepenuhnya hilang.

8. Menggunakan Aseton

Penghapus cat kuku mengandung bahan kimia yang disebut aseton, yang ternyata efektif dalam menghilangkan sablon pada kaos. Cara ini cukup populer dan efektif, tetapi lebih mudah dilakukan pada baju  yang terbuat dari bahan katun.

Namun, perlu diingat bahwa jika kain bajumu memiliki lebih dari 50% serat sintetis seperti polyester, penggunaan aseton dapat merusak kain tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

  • Siapkan kaos sablon yang akan dihilangkan.
  • Rendam bola kapas dalam cairan aseton.
  • Jika sablon di baju masih baru, cuci kaos terlebih dahulu dengan air dingin untuk melonggarkan tinta.
  • Gosok sablon tersebut menggunakan bola kapas yang telah direndam aseton secara lembut.
  • Biarkan beberapa saat, kemudian kupas sablon dengan hati-hati.
  • Setelah sablon hilang, cucilah kaos untuk menghilangkan sisa aseton dan noda tinta yang mungkin tersisa.
  • Jika perlu, ulangi langkah-langkah tersebut apabila sablon belum sepenuhnya hilang.

Berbagai cara untuk menghilangkan sablon pada baju telah dipaparkan di atas, tentunya anda dapat memilih salah satu cara yang telah dipaparkan di atas dalam menghilangkan sablon. Pilihlah mana cara yang paling mudah untuk anda lakukan. Untuk itu, selamat mencoba bagaimana cara menghilangkan sablon dari Tshirtbar!

CTA BANNER Custom

began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

One response to “8 Cara Menghilangkan Sablon di Baju dengan Mudah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222