Mengenal Artinya Baju Unisex dan Modelnya

Bicara soal dunia fesyen memang tidak ada habisnya. Tren mode yang berubah dari waktu ke waktu membuktikan bahwa pakaian tidak sekadar menjadi pelindung tubuh manusia, tetapi juga tanda perkembangan sebuah peradaban. Salah satu elemen dalam dunia fesyen yang paling menarik untuk dibahas adalah soal konsep baju atau kaos unisex.

Pengertian Konsep Baju Unisex

Secara umum, istilah unisex artinya adalah pakaian yang dibuat tanpa memandang gender pemakainya. Seperti yang kita tahu, biasanya masing-masing pakaian memiliki peruntukannya sendiri-sendiri; sebagai contoh, di sekolah, siswa wajib mengenakan celana panjang, sementara para siswi harus mengenakan rok.

Baju unisex menembus batasan-batasan klasifikasi gender di atas. Baju ini didesain khusus agar bisa dikenakan oleh siapa pun. Secara tersirat, tren ini merupakan indikasi bahwa fesyen dapat menjadi salah satu gerban untuk mewujudkan kesetaraan.

Seiring waktu, konsep baju unisex sudah diadopsi oleh berbagai merek fesyen tersohor, seperti Zara dan Gucci. Model baju tersebut pun sudah dikenakan oleh para selebritis dunia, mulai dari Rachel Wood sampai Kurt Cobain. David Bowie bahkan sudah mempopulerkan konsep ini sejak tahun 70-an.

Baca Juga: Mengenal Jenis Lengan Baju

Model-Model Baju Unisex

Dalam perkembangannya, model baju unisex telah mengerucut menjadi beberapa jenis. Popularitas busana dwi-gender yang dulu terasa tabu bagi masyarakat berbudaya ketimuran seperti Indonesia kini sudah melebur bersama keseharian masyarakat kita, terutama kaum muda.

Inilah beberapa jenis mode baju unisex yang paling populer:

1. Kaus Longgar (baggy t-shirt)

Kaus mungkin adalah model pakaian paling versatile. Secara konvensional, kaus pria dan wanita memiliki model dan potongan yang berbeda. Kaus pria biasanya agak longgar dan berpotongan lurus dari dada ke pinggang, sementara kaus wanita memiliki lekukan di bagian pinggang.

Baggy t-shirt alias kaus longgar adalah jenis baju unisex yang cocok dipadupadankan dengan berbagai gaya. Anda bisa mengenakan kaus polos dan celana jin untuk tampil kasual, atau mengenakan kaus, lalu melapisinya dengan jaket supaya tampak chic.

2. Baju Hangat (sweater)

Baju hangat unisex biasanya memiliki corak netral, seperti warna hitam atau abu-abu polos. Potongannya pun cenderung lurus dan tidak berlekuk. Namun, saat ini sudah banyak baju hangat unisex yang menggunakan warna-warna mencolok, seperti merah muda dan kuning.

Sweater adalah pakaian yang cocok dikenakan bersama celana panjang, baik celana jin atau celana olahraga. Anda juga bisa memadukan baju hangat tanpa kerah dengan kaus berkerah atau kemeja untuk mendapatkan penampilan yang unik.

Baca Juga: Kenali Jenis-Jenis Ukuran Atau Fit Pada Kaos

3. Kaus Berkerah (polo)

Kaus berkerah bisa disebut sebagai pakaian semi casual yang tak pernah lekang dimakan zaman. Jika dulu pakaian ini hanya dikenakan oleh pria, tetapi sekarang sudah banyak kaus berkerah model unisex yang bisa Anda beli.

Model pakaian ini sering kali menjadi pilihan utama bagi acara-acara semi casual, seperti event kepanitiaan di sekolah atau acara tur sekolah. Kaus berkerah dipilih karena nyaman dikenakan, serta cocok dipakai siapa saja, baik pria atau wanita.

4. Kaus Oblong (t-shirt)

Baju kaus nyatanya juga bisa dibedakan berdasarkan jenis kelamin. Hal ini dapat dilihat dari model potongan bajunya. Jika baju kaus untuk pria dirancang agak longgar serta memiliki potongan yang lurus dari atas sampai ke bawah. Sementara kaus untuk wanita umumnya memiliki lekukan pada bagian pinggang.

Namun kini, telah banyak kaus yang diciptakan dengan ukuran kelonggaran yang sama sehingga bisa dipakai oleh pria maupun wanita, lebih lagi untuk digunakan sehari-hari. Kaus oblong unisex ini juga cocok jika ingin dipadukan dengan jaket atau celana jeans.

5. Jaket

Jaket adalah jenis outer fashion yang bisa digunakan untuk menahan angin atau menghalau udara dingin. Ada berbagai macam jenis jaket yang bisa memiliki kategori unisex antara lain seperti jaket trucker, jaket windbreaker, jaket bomber, dan jaket puffer.

6. Hoodie

Selain kelima jenis pakaian diatas, hoodie yang memiliki tudung kepala dan tali disampingnya juga termasuk salah satu pakaian unisex yang sangat bisa dipakai oleh pria maupun wanita. Bahan hoodie unisex yang biasanya digunakan adalah seperti kain babyterry atau kain cotton fleece.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Jenis Bahan Jersey untuk Kaos

Itulah penjelasan mengenai baju unisex artinya untuk semua gender beserta beberapa contohnya. Zaman sekarang, Anda bisa menemukan baju tersebut hampir di semua tempat, mulai dari toko daring hingga pasar-pasar tradisional. Dari segi bisnis, baju unisex pun bisa menjadi komoditi yang menjanjikan karena memiliki target pasar yang lebih luas.

Terakhir, selain berguna untuk melindungi tubuh laiknya baju lainnya, baju unisex juga bisa disebut sebagai pendobrak isu kesetaraan gender yang selalu bergaung dari zaman ke zaman. Semoga artikel ini bermanfaat.

Untuk Anda yang ingin memiliki kaos unisex yang berbeda dengan yang lainnya, Anda bisa mendesain sendiri kaos Anda dengan desain custom di Tshirtbar dan miliki kaos unik hanya untuk Anda sekarang juga!

Referensi:

CTA BANNER Custom

began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

One response to “Mengenal Artinya Baju Unisex dan Modelnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222