Mengenal Mesin Sablon Kaos Digital

Mesin sablon digital kini mulai dilirik oleh banyak orang terutama bagi mereka yang ingin fokus mendalami bisnis sablon. Kaos dan pakaian sablon memang masih banyak diminati oleh masyarakat karena biasanya sablon bisa menggunakan berbagai macam desain yang diinginkan. Sehingga si pemilik atau pemakai kaos akan merasa lebih puas karena menggunakan design yang dipilih sendiri.

Pengertian Sablon Digital

Bagi anda yang sudah lama berkecimpung dalam dunia sablon, tentu sudah tidak asing dengan yang namanya mesin sablon kaos. Sablon masih menjadi salah satu dari sekian banyaknya usaha yang cukup diminati. Pasalnya kaos sablon memang banyak peminatnya sehingga bisa dikatakan bahwa memiliki usaha yang bergerak di bidang sablon tentu akan mendatangkan keuntungan yang besar.

Mungkin dulu sablon identik dengan pengerjaannya yang serba manual. Dimana umumnya proses pengerjaan sablon ini dilakukan secara manual, baik proses pengerjaannya maupun peralatan yang digunakan. Hal ini memang tidak buruk karena secara otomatis akan melatih ketangkasan dan ketelitian dari orang yang mengerjakannya. Namun perlu anda sadari bahwa metode pengerjaan secara manual ini akan memakan waktu yang lebih lama. Sehingga dalam segi waktu tentu tidaklah efektif.

Apalagi jika usaha sablon anda sudah populer sehingga memiliki banyak pelanggan, tentu pelayanan yang cepat harus diutamakan. Selain agar pekerjaan anda tidak menumpuk, juga demi menjaga kepuasan pelanggan. Karena biar bagaimanapun juga kepuasan dan kenyamanan pelanggan tentu harus diprioritaskan agar usaha sablon yang anda jalani memiliki kualitas pelayanan yang bai dan berkredibilitas tinggi.

Lain hal jika anda mengerjakan proses sablon menggunakan mesin sablon digital dimana nada akan mendapatkan berbagai keuntungan sekaligus. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya anda perhatikan berbagai penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Jenis-jenis Sablon Polyflex yang Perlu Anda Ketahui

Keuntungan Menggunakan Mesin Sablon Kaos Digital

Mesin sablon kaos digital sendiri sebenarnya adalah suatu mesin yang digunakan dalam proses pengerjaan sablon, dimana hasil proses sablon ini bisa langsung diterapkan pada media kaos yaitu dengan menggunakan tinta yang biasanya digunakan untuk bahan tekstil. Untuk bisa mengerjakan sablon dengan mesin sablon digital ini juga tidak mengharuskan anda memiliki keahlian khusus dibidang sablon, penggunaannya cukup mudah. Hal ini karena anda cukup mengikuti prosedur penggunaan mesin sablon digital tersebut kemudian mesin akan bekerja dengan sendirinya.

Tak hanya itu saja, jika proses pengerjaan sablon menggunakan mesin maka prosesnya akan lebih singkat dan ringan. Sehingga anda tak perlu membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk mengerjakannya. Pekerjaan anda juga akan dikerjakan secara otomatis oleh mesin. Jika anda menggunakan teknik sablon manual, maka tentu sayang jika sekali pengerjaan hanya mengerjakan satuan kaos saja karena bahan yang digunakan akan tidak terpakai.

Namun jika anda menggunakan mesin sablon digital, maka bukan masalah jika anda harus mencetak kaos secara satuan. karena tidak akan ada bedanya. Selain itu, untuk kualitas sablonnya juga lebih baik daripada secara manual. Sablon menggunakan mesin juga bisa menggunakan beragam warna yang anda inginkan. Karena menggunakan tinta tentu akan lebih praktis dan efisien.

Baca Juga: Perbedaan Sablon Digital dan Manual serta Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis-Jenis Sablon Digital

jenis sablon digital (sublimasi)

Terdapat beragam jenis-jenis sablon digital yang menggunakan mesin sablon kaos digital. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasannya berikut ini.

1. Transfer Paper

Jenis sablon pertama yang menggunakan mesin sablon kaos digital adalah transfer paper. Pada proses ini, design dicetak pada kertas kemudian ditransfer ke kaos menggunakan alat yang disebut dengan heat press.

2. Sublimasi

Kemudian jenis kaos sablon digital yang memakai mesin sablon kaos digital adalah sublimasi. Pada proses sablon ini, design di print pada kertas lalu di rolling pada bahan yang ingin di sublim. Umumnya membutuhkan suhu sekitar 200 derajat. Namun cara ini tidak cocok jika diterapkan pada bahan kain cotton.

3. Cutting

Metode sablon dengan mesin sablon kaos digital selanjutnya yaitu metode cutting. Cutting biasanya akan menghasilkan design timbul. Hal ini karena design berupa sticker yang dicutting kemudian ditempelkan pada kaos lalu di press.

4. Sablon DTG

Sablon kaos dengan memakai metode sablon dtg (direct to garment) ini adalah sablon kaos yang cara kerjanya men-transfer tinta khusus dtg ke media kaos. Sedikit berbeda dengan printer pada umumnya, printer ini merupakan mesin sablon kaos digital yang mencetak tinta langsung kepada kaos.

Baca Juga: Cara Sablon Kaos Digital Yang Praktis dan Modern

Mesin yang Digunakan untuk Sablon Kaos Digital

mesin sablon (DTG)

Setelah mengetahui jenis-jenis sablon kaos digital, hal berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah jenis mesin yang digunakan. Mesin-mesin berikut ini tentunya cukup populer di kalangan para pengusaha sablon kaos digital, diantaranya seperti:

1. Komputer

Komputer berfungsi dalam merancang atau menyunting desain serta untuk mengaktifkan Driver atau Software mesin sablon kaos digital.

2. Printer Ink Jet

Printer ink jet berguna untuk mencetak hasil desain yang sudah dibuat dari komputer. Printer ini menjadi alat pendukung tambahan terutama untuk jenis sablon kaos digital transfer paper. Kemudian, tinta yang umumnya digunakan pada printer ini adalah tinta pigment.

3. Mesin Cutting

Mesin cutting atau mesin plotter adalah mesin yang dipakai untuk memotong sablon berbahan sticker seperti polyflex, vinyl, polyflock, sticker biasa, sticker mobil/motor dan sebagainya.

4. Mesin Press Kaos Sablon Digital (Heat Press)

Mesin heat press adalah mesin pemanas yang keberadaannya sangat penting dalam proses pencetakan sablon digital. Hal itu dikarenakan mesin ini berfungsi untuk mengeringkan hasil cetakan agar hasil sablon kaos menempel lebih kuat pada kaos, men-transfer hasil tinta ke media lain selain kaos, dan juga dapat menempelkan bahan lain terhadap kaos (transfer paper).

5. Mesin Printer Sablon DTG

Printer DTG digunakan untuk menyablon secara langsung ke kaos layaknya mesin printer kertas. Mesin DTG ini adalah salah satu mesin sablon yang sedang tren di kalangan pebisnis sablon kaos digital. Selain menghasilkan warna yang sangat tajam dan tidak cepat pudar, biaya produksi serta waktu pengerjaannyanya pun dinilai lebih efektif sehingga lebih efisien.

Baca Juga: 6 Perbedaan Sablon DTG dan Plastisol, Mana yang Terbaik?

Demikian penjelasan seputar mesin sablon kaos digital. Dapatkan kaos dengan sablon digital dari Tshirtbar, kunjungi website kami sekarang juga untuk mengetahu informasi menarik serta berbagai promo yang kami berikan. Atau kunjugi Tshirtbar Head Office di Jl. Abdul Majid Raya 6A, Cipete Utara, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Referensi:

CTA BANNER Custom

began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222