Last Update: October 8th, 2020 at 7:42 pm

Memilih Baju Basket Anak dan Cara Merawatnya

Sebagai salah satu olahraga paling populer di muka bumi, basket tidak pernah kehabisan penggemar baru. Dalam satu musim saja, perhelatan liga basket Amerika Serikat (NBA) mampu menarik minat 21 juta penonton untuk datang ke stadion demi mendukung langsung tim kesayangannya.

Apabila Anda adalah seorang penggemar olahraga basket, ketertarikan Anda terhadap olahraga tersebut sangat mungkin ditiru oleh anak, terutama jika anak Anda secara natural senang berolahraga dan sangat aktif bergerak.

Untuk mengembangkan minat si kecil, terhadap basket, Anda mungkin ingin membelikan baju basket anak. Produk ini memang mudah ditemukan, baik secara daring atau melalui toko-toko baju anak yang ada di pusat perbelanjaan. Sebelum memilih baju basket untuk si kecil, baca dulu beberapa tips berikut ini:

 

  • Memilih Bahan Baju Basket Anak

Anak-anak senang bergerak bebas dan sering jatuh. Oleh sebab itu, pilihlah bahan yang lentur, tetapi tidak mudah sobek dan mudah dibersihkan. Dengan demikian, baju akan tetap awet dan Anda tidak akan kerepotan apabila baju tersebut kotor.

Bahan yang cocok untuk keperluan ini adalah dryfit atau polyester. Selain memang didesain sebagai bahan baju olahraga, kedua bahan tersebut dikenal adem dan lentur. Adapun kekuatan bahan dryfit dan polyester tergantung dari kualitas produk yang Anda beli. 

 

  • Pilihlah Warna Kesukaan si Kecil

Anak biasanya belum memiliki tim basket favorit. Karena itu, sebaiknya pilihlah warna yang menjadi kesukaan si kecil. Anda boleh saja membelikan anak baju basket tim kesayangan Anda. Namun, apabila si kecil memiliki warna kesukaan, pilihlah warna tersebut agar ia semakin senang.

Selain itu, baju basket anak biasanya juga dijual satu setel bersama celana. Pastikan warna pada baju dan celana yang Anda beli tidak luntur. Anak-anak senang menjilat atau menggigit bajunya. Jika mudah luntur, zat pewarna pada baju tersebut pasti berbahaya bagi kesehatan si kecil.

 

  • Pilih Ukuran yang Sedikit Lebih Besar

Baju basket sebaiknya tidak terlalu ketat – baju yang agak longgar adalah pilihan terbaik agar anak bebas bergerak, terutama jika ia memakai baju tersebut untuk berolahraga di luar ruangan. 

Anda sebaiknya membawa anak saat melakukan pembelian agar baju bisa langsung dicoba. Jika tidak memungkinkan, atau Anda ingin memberikan baju sebagai hadiah, bawalah baju si kecil dari rumah, lalu cocokkan dengan ukuran baju basket yang hendak dibeli.

 

Kreasikan baju baskte tim Anda

 

  • Rawat Baju yang Sudah Dibeli

Selain untuk berolahraga, baju basket biasanya dipakai anak untuk bermain dan beraktivitas. Hal ini membuat baju tersebut mudah kotor oleh berbagai macam noda, mulai dari keringat, tetesan saus, debu, atau serpihan makanan. 

Untuk membersihkannya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis bahan baju tersebut. Baju berbahan dryfit biasanya tidak boleh dicuci dengan mesin dan harus dibersihkan secara manual dengan tangan. Bahan tersebut juga tidak boleh terkena cairan pemutih.

Sementara itu, baju berbahan polyester bisa dicuci dengan mesin, tetapi tidak boleh dimasukkan ke alat pengering terlalu lama karena mudah keriput. Dengan kata lain, Anda harus menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.

 

Baca juga: 4 Model Baju Olahraga yang Nyaman Digunakan

 

Itulah beberapa tips memilih baju basket anak yang bisa Anda praktikkan. Meskipun sepele, hal-hal sederhana seperti memilihkan baju untuk anak merupakan bagian dari proses parenting yang bisa mempengaruhi proses tumbuh-kembang si kecil.

Hanya dengan dukungan Anda sebagai orang tua-lah, anak mampu memaksimalkan potensinya dan meraih cita-cita yang diinginkan. Semoga artikel ini membantu!

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *