Membuat Kaos Nama Sendiri? Kenapa Tidak!

Kini, semakin marak jasa desain kaos print on demand yang memungkinkan pelanggan melakukan kustomisasi desain sesuka hati. Tidak heran kalau banyak orang lantas menganggap ini adalah kesempatan bagus untuk membuat kaos nama sendiri. Ide desain kaos nama sendiri tentu saja tidak ada duanya, bisa disesuaikan juga dengan preferensi Anda sendiri.

 

Ada begitu banyak ide konsep yang bisa dipakai untuk membuat kaos nama sendiri. Salah satunya adalah bermain-main dengan gaya tipografi sebagai desainnya. Ada banyak jenis tipografi yang patut untuk dicoba agar nama Anda tidak dicetak di atas kaos begitu saja tanpa memberi kesan yang benar-benar berkarakter pada desain tulisannya. Ini beberapa rekomendasi gaya desain tipografi untuk membuat kaos nama sendiri.

 

Typewriting minimalis

Ide desain kaos nama sendiri yang pertama adalah dengan menggunakan gaya tipografi typewriting minimalis. Jika nama Anda memiliki arti khusus, Anda juga dapat menyertakan arti dari nama Anda dalam desain kaos nama sendiri ini. Seperti ini misalnya;

 

fajar

/fa-jar/ n

cahaya kemerah-merahan di langit sebelah timur pada menjelang matahari terbit

 

Desain yang minimalis ini juga akan sangat mempermudah Anda yang tidak begitu jago mendesain. Berikutnya, Anda tinggal memilih bahan kaos dan warna yang cocok dengan desain tulisan tersebut. Misalnya baju kaos berwarna merah dengan desain tulisan yang akan disablon memakai warna putih untuk menghadirkan sentuhan yang kontras.

 

Desain kontras

Kalau menginginkan desain kaos nama sendiri yang tidak terlalu polos seperti di atas namun Anda tetap ingin memberikan sentuhan yang dinamis namun tidak berlebihan, maka gaya tipografi dengan desain kontras ini bisa dicoba. Desain kontras mengandalkan permainan warna-warna berani dalam desain kaos Anda nantinya.

 

Misalnya perpaduan antara warna merah dan kuning, di mana kaos memiliki warna dasar kuning mustard, lalu desain tulisan nama Anda berwarna merah tua. Anda bisa meniru karakteristik desain tulisan brand ternama seperti Supreme atau Obey yang kemudian diganti dengan tulisan nama Anda sendiri. Ini memberi kesan bergaya dan kekinian pada desain Anda yang simple.

 

Lineart dan outline

Gaya desain tipografi lainnya yang masih simple namun layak dipakai sebagai kaos nama sendiri buatan Anda adalah dengan sentuhan lineart atau outline. Anda tinggal menentukan jenis font yang akan digunakan, ketikkan nama Anda, lalu buang bagian isi badan font agar yang tersisa adalah outline dari font tersebut. Desain outlining ini cukup mudah untuk dibuat dan tidak memakan banyak waktu.

 

Tampilan yang dihasilkan juga tetap keren dan bergaya. Selain menggunakan font yang sudah tersedia di sistem komputer, Anda juga bisa mengunduh beberapa font gratis lainnya di internet. Anda boleh mencoba untuk menulis nama dengan tulisan tangan Anda sendiri untuk kemudian di-tracing kembali supaya membentuk outline yang rapi. Desain ini tentunya akan jadi lebih unik.

 

Heavy fonts

Rekomendasi gaya tipografi yang lainnya untuk membuat kaos nama sendiri ala Anda adalah dengan menggunakan tipografi heavy fonts. Seperti namanya, Anda tinggal menggunakan font dengan karakter besar dan tebal untuk mendesain tipografi dengan gaya ini. Gaya tipografi maxi ini akan menghasilkan desain yang cukup menonjol.

 

Tipografi heavy fonts ini biasanya akan memblok bagian atau area tertentu pada bagian kaos untuk dicetak dengan nama Anda. Kaos nama sendiri dengan desain heavy fonts paling bagus diposisikan atau dicetak di bagian punggung kaos untuk memberi sentuhan edgy dan fashionable pada kaos yang Anda buat sendiri ini.

 

Perpaduan gambar dan tipografi

Terakhir, rekomendasi untuk membuat kaos nama sendiri adalah dengan memadukan desain bergambar dengan tipografi. Tujuannya adalah untuk menghadirkan elemen lain dalam desain Anda agar tidak terkesan monoton dan biasa-biasa saja. Konsep seperti ini cocok bagi Anda yang suka desain yang cukup “ramai.”

 

Ambil contoh nama “Fajar” tadi. Anda bisa padukan kemudian dengan gambar matahari terbit. Pilih saja apakah Anda akan menggunakan gambar berupa foto, artwork, vektor, atau yang lain. Tetapi, pastikan juga gambar yang digunakan tersebut adalah milik Anda sendiri. Kalaupun ingin mengambil gambar buatan orang lain, Anda dapat mencari di situs dengan free license untuk menghindari masalah hak cipta.

 

Selesai dengan masalah desain untuk kaos nama sendiri, berikutnya Anda tinggal memilih jenis bahan kaos yang akan digunakan, termasuk menentukan juga ukuran yang paling ideal untuk Anda. Semua ini bisa Anda pilih sendiri saat memesan kaos di Tshirtbar. Anda bisa mendapatkan kaos nama sendiri dengan desain custom, hasilnya pun cepat, murah, dan berkualitas.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *