Mari Ketahui Tips Memilih Pakaian Olahraga Yang Tepat dan Nyaman

Apakah dari kalian ada yang sering melakukan aktifitas olahraga? Selain  alasan kesehatan fisik, aktivitas satu ini juga memiliki dampak yang baik untuk kesehatan secara psikis. Dikutip dari Halodoc, olahraga juga dapat memperbaiki mood, mengurangi stress serta memperbaiki kualitas tidur terutama untuk kalian yang punya pola tidur kurang baik. Jenis-jenis olahraga sangat beragam, seperti futsal, bersepeda, golf, jogging, dsb. Penting sekali untuk melakukan kegiatan olahraga secara rutin, apalagi di masa seperti ini agar imun tubuh tetap terjaga dengan optimal.

 

Ketika kita melakukan kegiatan olahraga tentunya akan mengeluarkan keringat yang tidak sedikit, tergantung dari seberapa lama dan beratnya aktivitas. Dengan gerakan sedemikian rupa, salah satu hal esensial yang diperlukan saat bergerak tentunya perlu pakaian olahraga yang tepat. Maka dari itu, pakaian yang digunakan perlu di perhatikan demi kenyamanan dan menghindari cedera atau resiko buruk lainnya, terutama untuk kulit tubuh.

 

Bagaimana cara memilih pakaian baju olahraga yang tepat? Kami punya beberapa tipsnya. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah!

 

1. Sesuaikan bahan pakaian dengan tingkat intensitas olahraganya

 

Setiap bidang olahraga memiliki tingkat frekuensi bergerak dan keluar keringat yang berbeda. Hal ini juga perlu dijadikan catatan penting. Bila melakukan kegiatan yang tidak terlalu berkeringat, kalian bisa gunakan bahan kain katun karena memiliki daya serap yang baik dan cocok digunakan bagi kalian yang memiliki kulit sensitive. Namun perlu diingat, bahan ini terasa lembab saat digunakan berolahraga.

 

Lain halnya bila kalian melakukan kegiatan olahraga yang menghasilkan banyak keringat. Penggunaan bahan sintetis sangat dianjurkan karena walaupun tidak memiliki daya serap yang lebih banyak dari kain katun, bahan sintetis diyakini mampu membantu penguapan keringat pada tubuh lebih cepat sehingga tidak terasa lembab. Ketika kalian menggunakan bahan sintetis juga memiliki elastisitas yang lebih tinggi sehingga memudahkan kalian dalam bergerak dan tidak terasa berat. Salah satu bahan yang direkomendasikan adalah bahan dry-fit.

 

2. Tiap bidang olahraga ada dresscode-nya juga, lho!

Kalian yang gemar berolahraga futsal, pasti sering menggunakan baju jersey untuk jenis olahraga satu ini, ataupun kalian sering melihat atlet golf yang menggunakan baju polo saat pertandingan. Dua jenis pakaian di atas merupakan  beberapa contoh dresscode olahraga yang dianjurkan; jersey untuk olahraga sepak bola atau futsal dan polo untuk olahraga golf. Kami akan bahas kedua bahan ini lebih jauh.

 

kaos jersey

 

Bahan jersey yang tidak mudah pudar tentunya cocok untuk di-desain dengan printing sublim atau full printing. Selain itu, jika di baju bola polos yang biasanya terdapat nama pemain, nomor ataupun nama team pemain bola dapat juga di print menggunakan Sablon Digital di atas bahan yang biasa digunakan untuk jersey seperti dryfit. Kaos dengan bahan satu ini memungkinkan pemain bola untuk berleluasa saat bergerak karena intensitas bergerak nya juga tinggi.

 

 

kaos polo

 

Sementara itu, penggunaan baju polo juga kerap terlihat bagi para pemain golf. Memiliki ciri-ciri seperti desain yang kasual dan berkerah, jenis pakaian satu ini akan menghadirkan kesan yang elegan bagi para penggunanya. Tentunya hal ini sesuai dengan olahraga golf yang banyak digandrungi kalangan menengah atas sehingga dituntut untuk terlihat rapi dan lebih formal. Keunggulan lain yang dimiliki oleh kaos polo adalah bahannya yang adem dan mudah menyerap keringat serta nyaman dipakai.

 

3. Perhatikan juga dengan ukuran pakaiannya

 

kaos olahraga yang pas

 

Poin terakhir menjadi hal penting yang perlu diketahui, kembali lagi; hal ini juga dipengaruhi dengan bidang olahraganya. Bila kalian melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, hindari penggunaan pakaian longgar karena akan menimbulkan efek beban “lebih berat”. Kalau kalian merasa risih bila lekukan tubuh terlihat saat berolahraga di tempat terbuka, hal ini diakali dengan penggunaan jaket sebagai outer. Selain itu, jaket bisa melindungi kalian dari angin ataupun sinar matahari. Bisa dilihat dari jaket dari bahan Polyester (NS) digambar bawah ini yang memiliki fitur Quick Dry sehingga hasil keringat yang didapat dari olahraga juga cepat mengering dan tidak lembab.

 

kaos lipat

 

Selain lebih ringan, jaket ini juga mudah dibawa kemana saja. Bahkan, jenis jaket ini juga bisa dilipat sehingga lebih enteng untuk di bawa:

 

@tshirtbarid

jaketmu makan tempat? yuk cobain jaket lipat dari tshirtbar mudah dibawa dan praktis!!! #jaket #lipat #praktis #fypsoundsss #xyrbca #xyrcba #fyp #fy

♬ original sound – indynlatif – indynlatif

 

Berolahraga memang sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar banyak orang. Tentunya poin-poin di atas tadi menjadi perhatian utama dalam melakukan kegiatan satu ini. Selain kenyamanan, penggunaan pakaian yang tepat juga punya dampak yang penting bagi kesehatan dan berpengaruh juga terhadap pergerakannya.

 

Selain menjual pakaian untuk aktivitas normal, Tshirtbar juga menyediakan variasi pakaian olahraga yang cocok dan nyaman untuk berbagai bidang olahraga. Selain tersedia dengan berbagai ukuran dan desain, kalian juga bisa custom gambar dan bisa dibeli satuan maupun partai besar bersama komunitas atau tim olahraga kalian. Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa akses di tab “sportswear” ataupun cek langsung melalui media sosial kita. Salam olahraga!

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published.