Manfaat Sajadah Lipat Praktis untuk Keseharianmu

Shalat menjadi kegiatan ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap muslim. Sebagai seorang muslim yang taat, Anda pun harus menjalankan kewajiban tersebut dalam situasi apapun. Biar tidak ada halangan dalam menjalankannya, Anda perlu memiliki peralatan yang mendukung. Salah satunya adalah sajadah lipat praktis. 

Sajadah lipat memiliki desain yang memberi kemudahan pemakaian dibandingkan dengan sajadah konvensional. Sesuai dengan namanya, sajadah lipat praktis dapat dibawa ke mana saja cukup dengan melipatnya. Selanjutnya, Anda pun tinggal menggelar sajadah ketika ingin menjalankan ibadah, baik di mushola, masjid, ataupun lapangan. 

Tips Memilih Sajadah Lipat Praktis Terbaik

Pemakaian sajadah lipat memang membuat Anda bisa melaksanakan aktivitas ibadah shalat, baik shalat wajib ataupun sunnah, di mana saja dengan mudah. Namun, Anda juga perlu melakukan pemilihan dengan cermat agar bisa mendapatkan manfaat terbaik dari penggunaan sajadah tersebut. 

Terdapat 5 pertimbangan utama yang harus Anda perhatikan, yaitu: 

  • Ukuran

Faktor pertama yang penting diperhatikan saat memilih sajadah lipat adalah ukurannya. Anda perlu memastikan bahwa ukuran sajadah sesuai dengan ukuran tubuh. Jangan sampai ukurannya terlalu kecil, sehingga terdapat bagian tubuh yang bersentuhan dengan alas ketika dalam posisi sujud ataupun duduk. 

Ukuran sajadah yang umumnya ditawarkan di pasaran adalah 0,91 x 1,5 meter dan 1,2 x 1,8 meter. Anda dapat menyesuaikan pilihan dengan ukuran tubuh. Dengan begitu, tidak ada bagian tubuh yang terkena permukaan tanah ketika melakukan gerakan sujud ataupun duduk. Apalagi, kalau Anda menjalankan salat di tempat terbuka seperti di lapangan.  

  • Jenis bahan

Pertimbangan berikutnya saat memilih sajadah lipat praktis adalah berkaitan dengan bahannya. Umumnya, sajadah lipat dibuat dengan jenis kain yang ringan. Tujuannya adalah biar sajadah dapat dibawa ke mana saja dengan gampang. Cukup dengan melipat dan memasukkannya ke dalam tas. 

Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa jenis kain yang digunakan pada sajadah tidak terlalu tebal. Di waktu bersamaan, jangan pula memilih sajadah lipat yang dibuat dengan kain tipis. Pilih jenis kain yang ringan, tetapi mampu memberi rasa nyaman ketika digunakan untuk beribadah. 

Pertimbangan jenis bahan juga berkaitan erat dengan cara perawatannya. Tak jarang, sajadah dengan bahan tertentu bakal memerlukan cara perawatan khusus. Kalau Anda adalah tipikal orang yang sibuk, hal seperti ini tentu cukup merepotkan, bukan?

Baca juga: Pilihan Desain Unik Merchandise untuk Kantor

  • Motif

Seperti halnya sajadah konvensional, sajadah lipat praktis biasanya ditawarkan dengan motif beragam. Meski begitu, jenis motif yang paling sering digunakan adalah desain yang bernuansa islami. Hal ini cukup lumrah, mengingat sajadah merupakan salah satu perlengkapan ibadah umat Islam. 

Namun, bagaimana kalau Anda menginginkan sajadah lipat yang punya desain anti mainstream? Untuk hal yang satu ini, biasanya Anda akan diminta untuk melakukan pemesanan secara khusus dengan jumlah tertentu. Bagi masyarakat awam, pilihan seperti ini tentu saja sangat menyulitkan, bukan? 

Sebagai gantinya, ada solusi praktis yang ditawarkan oleh Tshirtbar.id. Di sini, Anda dapat memesan sajadah lipat praktis dengan desain sesukanya tanpa ada minimum order. 

  • Warna

Pertimbangan selanjutnya adalah terkait pilihan warna. Anda perlu memastikan bahwa warna sajadah sesuai dengan selera masing-masing. Nah, di Tshirtbar.id, pemilihan warna sajadah lipat custom dapat dilakukan secara bebas. 

  • Kualitas Jahitan

Terakhir, Anda perlu mencermati kualitas jahitan sajadah. Kualitas jahitan yang buruk bakal membuat sajadah tak mampu bertahan dalam waktu lama. Sangat disayangkan bukan?

Nah, itulah manfaat serta tips yang dapat Anda pertimbangkan saat ingin membeli sajadah lipat praktis. Semoga bermanfaat, ya. 

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *