10 Macam-macam Style Fashion untuk OOTD Sehari-hari

Macam macam style fashion di dunia ini sangat beragam. Ada yang punya kesan feminim, maskulin dan masih banyak lagi. Terkadang kita sering kali dibuat bingung bagaimana memilih gaya busana yang cocok bagi diri kita sendiri. 

Lewat artikel ini kami akan beri panduan lengkap seputar style fashion dan tipsnya. 

Apa Itu Style Fashion?

Style fashion adalah langkah seseorang untuk mencerminkan dirinya lewat pakaian dan aksesoris yang dipakai. Cara setiap orang saat berpakaian tentulah berbeda. Meskipun tren fashion sering berubah dengan cepat, namun pada intinya style fashion hadir sebagai bentuk ekspresi diri bagi setiap orang.

Setiap style punya ciri khasnya sendiri. Tergantung pada pemilihan warna, jenis pakaian maupun aksesoris apa yang mesti dikenakan. Ada pula yang mengikuti tren atau tetap teguh dengan tren mode yang sudah ada sebelumnya.

Perlu diingat bahwa style fashion tidak harus terlalu mengikuti dengan perkembangan tren. Gaya busana yang berbeda tidak selalu cocok untuk semua individu. Balik lagi, apakah gaya yang dipilih sudah pantas. Atau seberapa nyaman pakaian itu digunakan. Karena pada dasarnya, fashion adalah bentuk ekspresi diri agar bisa menumbuhkan tingkat percaya diri bagi tiap orang.

Baca Juga: Pengertian Style Edgy dan Rekomendasi OOTD

Apa Saja Macam-macam Style Fashion?

apa saja macam macam style fashion

Berbagai gaya busana punya keunikan yang tidak bisa dipungkiri. Sebagai bagian dari subkultur, mode telah jadi kebutuhan utama untuk menunjang aktifitas semua orang. Ada banyak jenis style fashion yang bisa kamu coba nanti. Berikut adalah daftarnya:

1. Casual

Gaya kasual punya kesan santai dan nyaman. Jenis pakaian yang digunakan biasanya terbuat dari bahan katun dan linen. Sebab kedua bahan ini punya tingkat fleksibilitas yang tinggi. Maka dari itu, jika kamu adalah pribadi yang kalem maka gaya kasual sangat pas dipilih.

2. Chic

Chic sendiri sangat lekat dengan nuansa modis dan elegan. Gaya busana ini sangat melekat dengan kota Paris, yang dimana merupakan salah satu kiblat untuk mode seluruh dunia. 

Biasanya, bahan yang digunakan untuk fashion chic sangat rapi. Selain itu juga pemilihan aksesoris harus lebih anggun dan tidak terlalu mencolok.

3. Bohemian

Bohemian punya kesan etnik yang tinggi. Potongan pada pakaian bohemian juga cenderung lebih lebar dan longgar. Gaya tersebut juga melekat dengan budaya hippie yang sempat melonjak pada era 60-an dan 70-an. Ciri utama dari gaya bohemian adalah terdapat motif pakaian yang dekat dengan nuansa alam, seperti bunga atau bisa juga warna retro.

4. Street Style

Street style tidak berkutat pada jenis pakaian tertentu. Contoh yang bisa kamu coba adalah Citayam Fashion Week yang sempat heboh di tahun 2022 lalu.

5. Athleisure

Athleisure menggabungkan sisi sporty dan kasual ke dalam pakaiannya. Gaya ini mencerminkan sisi pemakai yang aktif dan playful. Contohnya adalah penggunaan celana jogger pants dengan hoodie polos.

6. Formal

Kamu bisa memilih gaya ini ketika akan menghadiri acara yang sifatnya resmi. Kuncinya adalah terlihat rapi dan sopan, seperti misalnya memakai kemeja.

7. Edgy 

Sebagai orang yang tidak suka dengan aturan dan norma sosial yang ketat, maka gaya edgy cocok dipilih. Penggunaan kaos atau dress dan dipadukan dengan sepatu boots hitam. Atau bisa juga coba outfit serba hitam.

8. Preppy 

Preppy sangat erat kaitannya dengan anak sekolah. Berbeda dengan formal, preppy sifatnya tidak terlalu kaku. Sangat pas bagi para mahasiswa yang akan datang ke kampus.

9. Grunge

Lewat era band Nirvana ataupun Pearl Jam, grunge style dinilai jadi satu dari sekian tren fashion yang masih relevan sampai sekarang. Grunge mencerminkan sederhana dan tampak lebih acak.

Kamu bisa pakai kemeja flanel, ripped jeans atau kaos panjang double layer. Contoh ketiga fashion item tadi adalah ciri khas dari busana grunge sejak era 90-an.

10. Smart Casual

Terakhir, ada smart casual bagi kamu yang cuek tapi sekaligus ingin rapi. Gaya ini tidak lebih formal, tapi juga tidak lebih santai. Menggunakan pakaian santai dan formal, sehingga bisa dipakai saat datang ke kantor.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Smart Casual Outfit untuk Sehari-hari

Bagaimana Cara Menentukan Style Fashion Sesuai Kepribadian

cara menentukan style fashion sesuai kepribadian

Menentukan gaya fashion sesuai kepribadian bisa menjadi hal yang menyenangkan dan membantu meningkatkan rasa percaya diri. Berikut adalah beberapa tips untuk menentukan gaya fashion yang sesuai dengan kepribadian:

1. Coba Tahu Karakter Pribadi

Kenali diri sendiri terlebih dahulu agar tahu baju apa yang pas. Jangan sampai memaksakan diri hanya demi sebuah tren.

2. Cari referensi OOTD

Kamu bisa coba eksplor lewat akun Pinterest atau social media para influencer lokal maupun mancanegara. Bisa dicari juga sesuai dengan kata kunci supaya mudah untuk dijelajahi.

3. Terus Bereksperimen

Cobalah untuk keluar dari zona nyaman. Manfaatkan fitting room untuk mencoba terlebih dahulu sebelum keluar rumah. Gunakan aksesoris lain yang kamu suka.

4. Tetap Jadi Diri Sendiri

Jangan sampai gaya busana menghilangkan sisi pribadi asli kamu. Usahakan untuk tetap menyesuaikan dengan kepercayaan diri, jangan terkecoh dengan komentar orang yang buruk.

5. Konsultasi Ke Ahli Terpercaya

Datang ke tempat jasa custom baju terpercaya juga bisa dicoba. Tujuannya untuk bisa menyesuaikan bentuk tubuh dan karakter pribadi. Lebih baik lagi juga kalau kamu punya fashion stylist sendiri.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Fashion ala Grunge Style

Nah, itu tadi informasi lengkap seputar macam-macam style fashion. Sesuaikan dengan pribadi kamu dan bisa menjaga kenyamanan saat melakukan kegiatan. Datang ke Tshirtbar jika ingin order produk fashion dan merchandise yang bisa menyesuaikan dengan berbagai style fashion.

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 211