Last Update: July 8th, 2021 at 10:44 am

Macam macam Olahraga Bela Diri Di Indonesia

Perkembangan olahraga di Indonesia semakin pesat dengan semakin banyaknya orang sadar ingin berolahraga. Ternyata beladiri pun bisa menjadi metode berolahraga yang efektif. Sebab gerakan beladiri jika dilakukan dengan baik, efektif untuk membakar kalori dan membentuk fisik yang baik. Saat ini olahraga bela diri sudah mulai menjamur dan masuk ke Indonesia. Ragam jenisnya pun sangat banyak dan masyarakat awam banyak dibuat bingung dengan pilihan yang ada. Kira-kira apa saja macam macam olahraga bela diri di Indonesia?

Olahraga bela diri tradisional

olahraga bela diri tradisional

Olah raga bela diri jenis ini berasal dari bela diri yang memiliki akar tradisi yang kuat dan biasanya cenderung memiliki aturan, kurikulum dan seragam yang ketat. Contohnya adalah Taekwondo, Karate, Silat, Judo dan lain-lain. Olah raga ini tentu bisa diikuti oleh semua kalangan dan semua umur. Namun perlu diketahui bahwa setiap olah raga bela diri memiliki tradisi yang kuat dari asalnya, seperti Karate yang memiliki ritual pembacaan janji, seragam khusus dan istilah khusus yang harus diingat oleh pelakunya. Bahkan Karate memiliki ujian kenaikkan tingkat di mana pelakunya harus mempelajari sisi seninya dan tidak hanya melulu soal bela diri. Hal yang sama juga terjadi pada Taekwondo, Silat dan olah raga bela diri tradisional lainnya.

Olahraga bela diri modern

olahraga bela diri modern

Berbeda dengan yang tradisional, olah raga bela diri modern umumnya banyak meninggalkan sisi tradisi dari bela diri tersebut. Hal ini bisa dilihat dari tidak memiliki seragam baku, tidak ada sisi seni yang harus dipelajari pelakunya, tidak ada sistem kenaikan peringkat (namun untuk beberapa bela diri masih memiliki peringkat seperti Brazilian Jiu Jitsu) serta suasana tempat latihan yang umumnya tidak terasa pembeda antara senior dan junior. Pada umumnya, tempat latihan bela diri ini dilakukan di gym yang modern. Contohnya adalah boxing, MMA, Muay Thai, Kickboxing dan Brazilian Jiu Jitsu.

Olahraga bela diri reality based

olahraga bela diri reality based

 

Olah raga bela diri kali ini agak sedikit berbeda dengan olah raga bela diri sebelumnya. Karena fokus awalnya adalah self defense terlebih dahulu baru diikuti dengan olah raga. Hal ini pun mempengaruhi tehnik bela diri yang dipelajari dan mengkombinasikan aspek kebugaran menjadi satu. Contoh konkrit nya adalah Krav Maga, bela diri asal Israel yang bisa ditemukan di Indonesia. Biarpun terkenal sebagai bela diri yang mematikan, banyak gerakan bela diri yang dipadukan dengan kebugaran sebab bela diri tidak melulu soal tehnik namun pelakunya juga harus bugar agar tehniknya bisa dilakukan dengan baik.

Untuk berlatih olah raga bela diri disarankan untuk memakai baju yang cocok, yaitu yang ringan dan terbuat dari bahan dryfit. Tujuannya adalah agar gerakan bisa leluasa dan bahan memberikan ruang sirkulasi udara pada kulit.

Demikian artikel macam macam olahraga bela diri, jika kamu mencari jersey untuk keperluan berolahraga Tshirtbar menjual pakaian jersey dan singlet yang umum dipakai untuk berolah raga seperti boxing, muay thai dan lain-lain. Sebab baju jersey berbahan dryfit terbukti cocok dipakai untuk olah raga bela diri. Untuk latihan MMA dan Brazilian Jiu Jitsu kamu bisa custom celana MMA dan rashguard custom dengan desain yang kamu inginkan. Hubungi tim sales kami di sini untuk dapatkan penawarannya.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *