Last Update: October 3rd, 2022 at 9:13 am

Mengenal Macam-Macam Model Lengan Baju dan Polanya

Dalam dunia fashion, ada macam-macam model lengan baju yang digunakan. Masing-masing tampilan lengan pada pakaian tentu memiliki makna dan fungsi berbeda. Namun, cukup jarang orang-orang mengetahui tentang jenis model lengan pada pakaian.

Sedangkan mengenal ragam model lengan juga penting untuk menunjang selera fashion. Karena jika semakin dalam kamu mengetahui detail fashion. Kamu akan lebih mudah menemukan tipe fashion yang tepat dan nyaman untuk diri sendiri.

Oleh sebab itu, ada baiknya untuk mempelajari detail fashion satu ini. Sehingga nantinya kamu dapat menentukan tipe lengan seperti apa yang tepat digunakan untuk tema fashion pada kegiatan tertentu.

Apa Itu Variasi Model Lengan Baju?

Model lengan baju diartikan sebagai bagian fashion yang fungsinya menutupi sebagian atau semua lengan. Dari segi estetika, pola lengan pada pakaian berguna sebagai detail untuk memanipulasi tampilan tubuh sehingga menjadi lebih indah.

Memilih jenis lengan pada pakaian dengan tepat penting untuk menunjang fashion. Kesalahan saat memilih model dan pola dapat berakibat fatal, misalnya membuat lengan menjadi tampak gemuk atau kecil. Sehingga proporsi tubuh jadi tidak seimbang.

Tentu tidak ada yang ingin mengalami hal tersebut. Oleh sebab itu, sebaiknya kenali jenis dan fungsi model lengan dengan tepat. Karena setiap model dan pola fashion pastinya hadir karena nilai fungsi dan keindahan tersendiri.

Baca Juga: Tips Bagaimana Membuat Desain Baju untuk Pemula di Dunia Fashion

Apa Saja Macam-macam Model Lengan Baju?

Pada dasarnya model lengan baju ada tiga, yaitu licin, raglan, dan setali. Namun, seiring perkembangan dunia fashion. Berbagai ragam model pun hadir dan mulai populer dikalangan masyarakat sekarang, berikut ini beberapa diantaranya.

1. Model Puff

Puff adalah lengan dengan detail serut atau kerut pada bagian ujungnya. Tampilan puff akan membuat bagian pergelangan tampil berisi. Umumnya digunakan untuk desain pakaian anak dan wanita.

Bagian kerut atau serut dirancang dengan tambahan karet. Sehingga ujung lengan akan melekat pada bagian kulit. Puff bisa diterapkan untuk pakaian berlengan panjang ataupun pendek.

2. Model Raglan

Raglan adalah model dasar lengan baju, dan banyak ditemukan pada pakaian sehari-hari seperti baju kaos. Ciri utamanya adalah model jahitan yang memanjang dari potongan leher. Kemudian dijahit memutari ketiak hingga ke sisi belakang bagian leher.

Raglan bisa dengan mudah ditemukan pada pakaian kasual pria dan wanita. Selain itu, tipe raglan sangat nyaman digunakan untuk keseharian ataupun berolahraga.

3. Model Lengan Pendek

Baju dengan model lengan pendek adalah yang paling umum ditemui. Hampir semua jenis pakaian memiliki desain lengan pendek. Bentuknya pun beragam, mulai dari lengan pendek dengan ujung bebas.

Juga ada lengan pendek yang dibuat berbentuk balon. Model ini sangat sering ditemui untuk pada baju kaos ataupun blus. Ukuran panjangnya rata-rata diatas siku tangan.

4. Model Lengan Panjang

Konsep lengan panjang populer hampir disemua jenis pakaian. Ciri utamanya adalah jahitan dibuat dari bahu melingkari ketiak kemudian memanjang hingga pergelangan tangan. Sehingga ketika dikenakan lengan akan tertutup seluruhnya.

Umumnya digunakan untuk baju kaos, kemeja, ataupun blus. Modelnya pun beragam, ada yang dibuat bebas pada bagian ujung. Selain itu, ada juga model lengan panjang yang bagian ujungnya ditambahkan detail lonceng atupun kerutan karet.

5. Model Sleeve Less (tank top)

Model sleeveless atau dikenal juga dengan pakaian tanpa lengan. Potongan bajunya mirip seperti tank top. Sehingga lengan dan ketiak akan terlihat ketika dikenakan. Juga tidak ada bagian kain yang ditambahkan untuk menutupi lengan.

Pakaian dengan model ini banyak digunakan untuk bersantai. Penerapannya pun cocok untuk semua kalangan dan jenis pakaian. Mulai dari dewasa hingga anak-anak, baik untuk pria ataupun wanita.

6. Model Setali

Setali adalah konsep dasar untuk potongan lengan. Ia bisa digunakan untuk kebutuhan formal ataupun normal dari berbagai genre dan kalangan.

Cirinya adalah jahitan dibuat menyambung dari bahu. Sehingga tidak nampak jahitan di sepanjang lengan pakaian. Kamu dapat melihatnya dalam fashion sehari-hari seperti kaos ataupun kemeja.

7. Model Cap

Model lengan cap bentuknya sangat pendek, panjangnya tidak sampai untuk menutupi ketiak. Sehingga memberikan kesan yang feminim saat digunakan. Bentuknya seperti lengkung cap dan banyak diterapkan pada fashion wanita ataupun anak-anak.

Baca Juga: Kenali 4 Contoh-contoh Lengan Baju Wanita Berikut Ini!

Apa Saja Macam-macam Pola Lengan Baju?

Berbeda dengan model, pola diartikan sebagai metode sketsa awal untuk membangun model. Jadi, setiap model lengan dirancang dengan pola berbeda. Dalam dunia fashion sendiri, ada beberapa macam pola jahitan termasuk untuk menjahit lengan. Berikut ini pola yang populer digunakan.

1. Pola Panjang

Cara untuk membuat pola baju berlengan panjang adalah dengan melukiskan lebih dahulu pada kain. Lukislah pola dasr lengan lebih dahulu. Kemudian bagian pergelangan sedikit dinaikan. Lalu, sisi bagian bawah dilipat dan masukan sekitar 3 cm.

2. Pola Semi Formal

Pola ini digunakan untuk kebutuhan pakaian semi-formal seperti jas. Pertama lukis pola dasarnya pada kain. Lalu, pada bagian sikut tambahkan detail cup. Sehingga bentuk garis belakangan kelihatan asimetris.

3. Pola Pendek

Pola pendek hampir mirip dengan pola panjang. Pertama kamu hanya perlu membuat pola lengan dasar. Namun pada bagian ukuran bagian ujungnya tidak dibuat melebihi siku. Pola pendek umumnya tidak perlu ditambahkan detail lain dan dibiarkan licin.

4. Bola Berkepala

Pola berkepala digunakan untuk membuat kesan bagu yang tegap. Jahitan dengan pola ini akan membuat bagian lengan terlihat terangkat. Cara untuk membuatnya adalah dimulai dari pola lengan dasar.

Kemudian pada bagian bahu dipotong menjadi tiga bagian. Sementara bagian ujung lengan dibiarkan licin. Kemudian ketika menjahitnya bagian bahu yang dipotong dijahit dengan posisi sedikit terangkat.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Desain Kaos Lengan Panjang Anda Tidak Lagi Membosankan

Adanya macam-macam model lengan baju dan polanya akan membuat kamu lebih mudah memilih tipe pakaian sesuai kebutuhan. Bagi kamu pecinta pakaian berlengan wajib sekali untuk tahu tentang ini. Jadi, nanti dapat memilih baju lengan desain terbaik sesuai keinginan. Percayakan saja ke Tshirtbar!

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *