Last Update: October 25th, 2022 at 9:42 am

9 Macam-Macam Kerah Baju yang Perlu Kamu Tahu

Kerah adalah bagian terdekat dengan leher yang merupakan bahan tambahan dari badan baju agar terlihat lebih rapi dan lebih kokoh di area leher. Jika tidak memakai kerah maka pinggi jahitan kain akan terlihat tidak rapi dan mudah melar serta berubah bentuk. Terdapat banyak jenis kerah baju yang bisa dikreasikan sesuai dengan desain dan mode baju tersebut. Berikut macam macam kerah baju yang bisa diaplikasi ke baju.

Pengertian Kerah Baju

pengertian kerah baju

Kerah adalah bagian dari sebuah baju pakaian yang dapat berdiri tanpa penegak dan dipasangkan pada garis leher pakaian. Bentuk dan model kerah itu sendiri ada beragam. Bentuk kerah pakaian tersebut pada dasarnya mempunyai perannya masing-masing tergantung model, jenis, dan kesempatan menggunakan baju.

Melihat dari segi desain dan tujuan penggunaannya, adanya kerah pada baju ini secara umum memiliki dua tujuan utama diantaranya:

1. Secara Fungsional

Kerah berfungsi sebagai penutup kekurangan pada tubuh di area leher ataupun bahu. Selain itu kerah juga bisa melindungi bagian leher dan bahu dari paparan sinar matahari serta udara dingin.

2. Secara Dekoratif

Kerah berfungsi untuk memperindah penampilan baju. Dengan kerah, baju pun akan terlihat semakin menarik dan nyaman dipandang. Kerah dekoratif juga bisa digunakan untuk aksesoris leher dan meminimalisir penggunaan aksesoris secara berlebihan.

Adanya kerah pada baju pakaian dipercaya adalah perkembangan dari ruff, yaitu semacam kerah lipat berukuran besar yang terbuat dari bahan kain kaku mirip seperti piringan lebar yang melingkari bagian leher. Dahulu, ruff ini berfungsi sebagai pelindung bagian depan tepi baju di area leher.

Berawal dari bentuknya yang lebar dan kaku, kemudian seiring berkembangnya zaman. Ruff tersebut mulai tergantikan dengan model kerah baju yang berbentuk bulat, tegak, terlipat, dan segala bentuk kerah lainnya.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Style Kemeja Oversize Korea Agar Terlihat Keren

Macam-macam Kerah

Seperti yang kita ketahui, terdapat berbagai macam pilihan baju yang dijual di Indonesia. Di samping itu juga, terdapat beberapa macam macam kerah. Setiap jenis kerah di bawah ini memiliki bentuk dan ciri khas tersendiri pada pakaian tersebut. Nah, apa saja kira-kira macam kerah tersebut? Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

1. Kerah Poloshirt

Kerah Poloshirt

Jenis model kerah ini merupakan kerah standar yang dipakai untuk poloshirt. Kerah ini di luar negeri kadang disebut juga dengan nama plaquet. Kerah ini menggunakan bahan khusus yang jauh lebih kokoh dari bahan di badannya. Biasanya menggunakan tiga kancing namun bisa juga menggunakan dua kancing. Ada juga model poloshirt yang tidak menggunakan kancing sama sekali sehingga menyerupai model v-neck.

Jenis kerah satu ini adalah kerah yang paling populer yang ada di pasaran, sebab model kerah ini memberikan baju kesan smart casual sehingga bisa dipakai untuk fungsi santai dan yang memerlukan pakaian agak rapi namun bisa dipakai saat santai seperti hari jumat setiap minggu kerja atau sering disebut sebagai smart casual.

2. Stub atau Kerah Shanghai

Stub atau Kerah Shanghai

Jenis kerah Shanghai adalah modifikasi dari model kerah poloshirt biasa. Keduanya sama-sama memiliki kancing namun pada kerah shanghai tidak terdapat daun lipatan seperti pada kerah poloshirt. Sehingga kerah berbentuk menyerupai tabung. Jenis kerah ini bentuk menyerupai dengan kerah pada baju pakaian tradisional Tiongkok sehingga di indonesia banyak yang menyebutnya kerah Shanghai. Namun dalam bahasa Inggris, jenis kerah ini dikenal sebagai Stub Collar.

3. O Neck

kerah O Neck

Jenis kerah baju dengan bentuk O neck ini merupakan jenis kerah yang paling sering ditemukan baju bentuk kaos atau jersey yang merupakan bentuk paling standard yang ada. Sebenarnya bentuk ini tidak cocok disebut sebagai kerah karena tidak menggunakan bahan kerah seperti poloshirt dan tidak menonjol keluar. Bahan yang digunakan biasanya adalah rib. Model kerah satu ini sering dipakai di kaos dan jersey.

4. V Neck

kerah V Neck

Ini adalah varian dari O neck yang masin menggunakan bahan rib namun ketimbang berbentuk lingkaran kali ini berbentuk huruf V. Sehingga potongan dada lebih terlihat sedikit ketimbang O neck. Kedua O neck dan V Neck lebih sering dipakai untuk baju model kaos dan jersey serta tergolong model yang paling kasual.

5. V neck dengan insert

V neck dengan insert

Terdapat juga varian dari jenis kerah V neck yang menggunakan bahan tambahan disudut bawah kerah tersebut. Sehingga ujungnya agak melengkung tidak tajam seperti bentuk huruf V lagi. Bahan tambahan tersebut bisa juga menggunakan warna lain untuk memberikan variasi yang lebih berberbeda. Kerah model ini sering dipakai di jersey.

Baca Juga: Bahan dan Printing Untuk Kemeja Pria Lengan Pendek Motif

6. Kerah Turtleneck

kerah turtleneck

Turtleneck adalah jenis kerah yang sedang kembali tren akhir-akhir ini. Ketika kamu mengenakan pakaian dengan tipe kerah ini, maka semua area leher kamu akan tertutup. Umumnya kerah turtleneck ini terdapat pada pakaian berlengan panjang seperti sweater atau kaos, sehingga hal itu akan memberikan rasa hangat di leher.

Jika bagian kerah leher dirasa terlalu panjang, biasanya dapat dilipat atau digulung dengan tipis. Biasanya baju dengan jenis kerah satu ini terbuat dari bahan rajut. Maka tak heran, kerahnya bersifat elastis serta membuat tampilannya lebih menarik bagi sebagian orang. Jenis kerah turtleneck juga sangat cocok bagi kamu yang memiliki leher jenjang dengan tubuh kurus tinggi.

7. Kerah U-Neck

kerah u-neck

Basic u-neck adalah salah satu tipe dari bentuk kerah u-neck. Bahan yang diapaki untuk jenis kerah ini adalah katun spandek sehingga nyaman ketika digunakan. Bahan tersebut juga tidak mudah melar serta memiliki daya serap keringat cukup baik.

Kerah dengan desain lubang lehernya menyerupai huruf U ini merupakan hasil kombinasi antara kerah c-neck dan juga o-neck. Jenis kerah u-neck terlihat simpel dan unik meski lebih cocok dipakai oleh perempuan dibanding laki-laki. Biasanya, baju dengan model kerah ini sangat pas bagi kamu perempuan memiliki tubuh langsing berisi.

8. Kerah Kemeja Pria

Kerah Kemeja Pria

Jenis kerah ini merupakan jenis kerah paling umum yang dipakai untuk kemeja casual, yang biasanya tidak dikancing bagian atasnya sehingga dibiarkan terbuka lebar. Terkadang menyisakan 1 kancing atau 2 kancing.

9. Kerah Kemeja Wanita

Kerah Kemeja Wanita

Jenis kerah ini merupakah varian dari kerah kemeja pria, yang menjadi titik perbedaannya adalah panjang daunnya yang lebih panjang, kerah setengah tegak, dan besar sehingga terlihat lebih feminin. Model ini juga sering dipakai di piyama karena bentuknya mirip kerah rebah.

Baca Juga: Tampil Keren dengan 5 Paduan Warna Jas dan Kemeja Ini!

Bagaimana dengan artikel macam macam kerah baju ini, ternyata banyak sekali jenisnya ya. Di Tshirtbar kami menyediakan kemeja dan jersey custom yang bisa dipesan dengan desain sendiri. Untuk Jersey kamu bisa custom polo shirt kita bisa memilih dengan kerah poloshirt standard atau kerah shanghai. Sedangkan kamu bisa custom kemeja yang menggunakan kerah standard untuk model unisex dan kerah wanita untuk model ladies.

 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *