Mengenal Jenis Kerah Baju

Kerah adalah bagian terdekat dengan leher yang merupakan bahan tambahan dari badan baju agar terlihat lebih rapi dan lebih kokoh di area leher. JIka tidak memakai kerah maka pinggi jahitan kain akan terlihat tidak rapi dan mudah melar serta berubah bentuk.

Terdapat banyak jenis kerah baju yang bisa dikreasikan sesuai dengan desain dan mode baju tersebut. Berikut beberapa jenis kerah yang populer yang bisa diaplikasi ke baju.

1. Kerah Poloshirt

Macam-macam kerah bajuJenis kerah ini merupakan kerah standar yang dipakai untuk poloshirt. Kerah ini di luar negeri kadang disebut juga dengan nama plaquet. Kerah ini menggunakan bahan khusus yang jauh lebih kokoh dari bahan di badannya. Biasanya menggunakan tiga kancing namun bisa juga menggunakan dua kancing. Ada juga model poloshirt yang tidak menggunakan kancing sama sekali sehingga menyerupai model v-neck.

Kerah jenis ini adalah kerah yang paling populer yang ada di pasaran, sebab kerah ini memberikan baju kesan smart casual sehingga bisa dipakai untuk fungsi santai dan yang memerlukan pakaian agak rapi namun bisa dipakai saat santai seperti hari jumat setiap minggu kerja atau sering disebut sebagai smart casual.

2. Stub atau Kerah Shanghai

Macam-macam kerah bajuJenis kerah Shanghai adalah modifikasi dari model kerah poloshirt biasa. Keduanya sama-sama memiliki kancing namun pada kerah shanghai tidak terdapat daun lipatan seperti pada kerah poloshirt. Sehingga kerah berbentuk menyerupai tabung. Jenis kerah ini bentuk menyerupai dengan kerah pada baju pakaian tradisional Tiongkok sehingga di indonesia banyak yang menyebutnya kerah Shanghai. Namun dalam bahasa Inggris, jenis kerah ini dikenal sebagai Stub Collar.

3. O Neck

Macam-macam kerah bajuJenis kerah O neck merupakan jenis kerah yang paling sering ditemukan baju bentuk kaos atau jersey yang merupakan bentuk paling standard yang ada. Sebenarnya bentuk ini tidak cocok disebut sebagai kerah karena tidak menggunakan bahan kerah seperti poloshirt dan tidak menonjol keluar. Bahan yang digunakan biasanya adalah rib. Kerah model ini sering dipakai di kaos dan jersey.

Baca juga: Perbedaan Hem dan Kemeja

4. V Neck

Macam-macam kerah bajuIni adalah varian dari O neck yang masin menggunakan bahan rib namun ketimbang berbentuk lingkaran kali ini berbentuk huruf V. Sehingga potongan dada lebih terlihat sedikit ketimbang O neck. Kedua O neck dan V Neck lebih sering dipakai untuk baju model kaos dan jersey serta tergolong model yang paling kasual.

5. V neck dengan insert

Macam-macam kerah bajuTerdapat juga varian dari jenis kerah V neck yang menggunakan bahan tambahan disudut bawah kerah tersebut. Sehingga ujungnya a
gak melengkung tidak tajam seperti bentuk huruf V lagi. Bahan tambahan tersebut bisa juga menggunakan warna lain untuk memberikan variasi yang lebih berberbeda. Kerah model ini sering dipakai di jersey.

Baca juga: 3 Cara Membersihkan Masker Kain yang Benar!

6. Kerah Kemeja Pria

Macam-macam kerah baju

Jenis kerah ini merupakan jenis kerah paling umum yang dipakai untuk kemeja casual, yang biasanya tidak dikancing bagian atasnya sehingga dibiarkan terbuka lebar. Terkadang menyisakan 1 kancing atau 2 kancing.

7. Kerah Kemeja Wanita

Macam-macam kerah bajuJenis kerah ini merupakah varian dari kemeja pria, yang menjadi titik perbedaannya adalah panjang daunnya yang lebih panjang dan besar sehingga terlihat lebih feminin. Model kerah ini juga sering dipakai dipiyama.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Bandel di Baju

Di Tshirtbar kami menyediakan kemeja dan jersey custom yang bisa dipesan dengan desain sendiri. Untuk Jersey dengan model polo shirt kita bisa memilih dengan kerah poloshirt standard atau kerah shanghai. Untuk informasi klik link berikut https://tshirtbar.id/print-baju-olahraga-golf/ 

Sedangkan untuk kemeja kita menggunakan kerah standard untuk model unisex dan kerah wanita untuk model ladies, untuk informasi lebih lanjut bisa klik link berikut https://tshirtbar.id/printing-kemeja-pria/ 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *