Macam Macam Kain untuk Bahan Kaos Anda

Kaos menjadi salah satu bagian fashion yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat dari dulu sampai sekarang. Kaos yang baik dibuat dengan bahan baku dengan kualitas tinggi. Setidaknya, ada macam macam kain yang bisa jadi pertimbangan Anda untuk membuat kaos. Apa sajakah dan bagaimana penjelasannya? Simak ulasannya berikut ini.

 

Blends

Jenis kain pertama yang digunakan untuk bahan kaos adalah blends. Bahan utama ini terbuat dari campuran dua bahan, yakni katun dan polyester. Jenis bahan ini sangat nyaman digunakan karena dingin dan mampu menyerap keringat dengan baik.

 

Blends biasanya terbuat pula dengan menggunakan tiga bahan utama sekaligus, yakni polyester, rayon, dan katun. Seperti namanya, blends tersebut dikenal dengan tri-blends. Adapun keunggulannya untuk kaos adalah lentur, tak cepat kusam, dan lembut.

 

Cotton

Cotton memang sering digunakan sebagai bahan kaos yang umum digunakan. Macam macam kain katun terbagi menjadi tiga jenis, yakni cotton combed, bamboo cotton, dan supima cotton. Perbedaan ketiganya yang paling mencolok adalah bahan dasar utama yang digunakan. Berikut penjelasannya secara singkat:

  • Cotton Combed

Ciri dari kain cotton combed adalah teksturnya yang nyaman dan lembut. Dari segi ketahanannya memang sudah tak diragukan lagi. Harganya pun sangat terjangkau, sehingga banyak dipilih oleh pengusaha konveksi.

  • Bamboo Cotton

Macam macam kain cotton selanjutnya adalah bamboo cotton. Konon, serat bambu memiliki keunggulan untuk kesehatan. Di antaranya adalah dapat menyerap keringat lebih baik, sehingga tidak menimbulkan bau di ketiak. Selain itu, bamboo cotton juga anti bakteri. Ciri dari bamboo cotton adalah lembut, elastis, dan kuat. Meski begitu, harganya pun sedikit lebih mahal.

  • Supima Cotton

Bahan cotton yang terakhir adalah supima cotton. Bila dibandingkan macam macam kain katun lainnya, supima memang lebih baik dan harganya lebih mahal. Hal itu karena sifatnya yang eksklusif dan langka. Bahan utamanya adalah dari kapas dengan kualitas terbaik dari Amerika Serikat.

 

Modal

Jika bamboo cotton terbuat dari serat bambu, maka modal berbahan dasar serat kayu. Teksturnya pun lebih lembut dan sirkulasi udaranya cukup baik. Dengan begitu, mampu menyerap keringat lebih baik, khususnya pada saat cuaca panas.

 

Bahan dasar modal juga dikenal dengan istilah polysonic. Keunggulannya adalah mudah dicuci dengan deterjen atau melalui proses dry cleaning. Agar lebih baik lagi, Anda bisa menyetrika menggunakan setrika uap agar semakin licin dan nyaman saat digunakan.

 

Linen

Macam macam kain untuk kaos yang berkualitas unggul adalah linen. Bahan tersebut dinilai lebih kuat 30% dari katun. Berdaya serap keringat yang tinggi, linen baik digunakan di segala cuaca. Menariknya lagi, bahan dasarnya pun terbuat dari serat tanaman dan cocok bagi Anda yang memiliki alergi terhadap bahan kimia. Keunggulan linen sudah terbukti sejak dulu dan banyak digunakan oleh bangsa Mesir Kuno maupun Mesopotamia sebagai bahan pakaian mereka.

 

Lycra

Dari sekian macam macam kain bahan kaos, lycra bisa dibilang sebagai bahan yang paling baru digunakan. Pada awalnya dibuat oleh salah satu perusahaan di Amerika Serikat, Dupont Co. Bahan ini masih dicampur dengan bahan lainnya untuk menghasilkan kain terbaik. Biasanya dicampur dengan serat kain lainnya seperti wol, katun, sutra, dan linen. Tujuan dicampurnya bahan-bahan tersebut tak lain untuk menambah kualitasnya.

 

Polyester

Dalam dunia konveksi dan garmen, polyester disingkat dengan PE. Berbeda dari jenis kain sebelumnya, polyester ini biasanya dibuat dengan proses kimiawi. Kata polyester juga sebenarnya berasal dari bahan dasar yang digunakan, yakni polimer atau plastik dan kata ester adalah hasil campuran antara alkohol, asam karboksilat, dan minyak bumi.

 

Bahan ini memang tidak mudah susut, mudah dibersihkan, dan lembut. Namun, Anda harus hati-hati ketika mengenakannya karena bahan kimia yang digunakan dapat menimbulkan iritasi bila memiliki alergi kulit.

 

Rayon

Terakhir adalah jenis rayon. Biasanya terbuat dari bahan serat hasil regenerasi selulosa. Adapun serat yang banyak dijadikan benang rayon ialah polimer organik. Maka, banyak yang menyebutnya dengan semi sintetis. Ciri dari kain rayon adalah lebih mengkilat dan tak gampang kusut serta memiliki beberapa kandungan unsur kimia seperti oksigen, hidrogen, dan karbon.

Memilih macam macam kain untuk kaos memang penting untuk industri garmen dan konveksi. Bila Anda menginginkan bahan kain untuk kaos yang berkualitas terbaik bisa klik di sini untuk informasi lebih lanjut. Selamat mencoba!

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *