Last Update: October 31st, 2022 at 10:34 am

3 Macam-macam Garis Leher dan Perkembangannya

Potongan garis leher pada baju berpengaruh terhadap estetika pakaian. Seiring dengan perkembangan zaman, bentuk garis leher pun banyak mengalami modifikasi. Terutama untuk pakaian wanita, dimana perbedaan potongan akan memberikan tampilan berbeda.

Detail tersebut memang berperan penting untuk memberikan kesan pada baju. Setiap jenis akan memberikan nilai keindahan berbeda ketika digunakan. Sudahkah kamu tahu apa saja macam-macam garis leher untuk pakaian? Jika belum, sebaiknya simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Garis Leher?

Garis leher adalah potongan baju yang ada pada bagian leher. Potongan ini hanya ada untuk pakaian tanpa kerah. Mungkin bagi sebagian orang desain jahitan leher tidak begitu diperhatikan.

Namun, ternyata detail ini juga penting untuk diperhatikan. Terlebih setiap orang memiliki postur tubuh berbeda sehingga harus cermat untuk memilih detail pakaian yang cocok digunakan.

Apa Saja Macam-macam Garis Leher?

Saat ini ada banyak tipe desain untuk bagian leher yang menarik dan memiliki peminat tinggi. Akan tetapi, dari banyak tipe tersebut lahir dari tiga jenis garis dasar untuk leher, berikut ini desain jahitan dari macam-macam garis leher secara umum.

1. Garis Leher Bulat

 

Model potongan satu ini adalah yang paling sering dijumpai, terutama pada baju kaos. Ketika digunakan bentuknya tampak seperti tengah lingkaran. Untuk membuatnya maka harus menjahit bagian tempat masuknya kepala menjadi bulat.

Tipe potongan seperti ini umumnya cocok digunakan oleh siapapun. Namun, akan tampak lebih indah jika digunakan oleh orang dengan kontur wajah oval serta leher panjang.

2. Garis Leher V

Berdasarkan namanya tentu sudah dapat ditebak bahwa bentuknya seperti huruf V yang runcing pada bagian ujungnya. Detail ini cukup sering dijumpai pada baju kaos juga. Walaupun tidak sebanyak tipe potongan bulat, namun peminatnya juga tinggi.

Baju dengan potongan leher V cocok digunakan oleh semua postur tubuh. Namun harus diperhatikan juga untuk kenyamanan masing-masing karena leher V cenderung memperlihatkan bagian dada.

3. Model Kerah

Garis leher dengan model kerah tentu sudah tidak asing lagi. Ini biasanya dijumpai pada pakaian formal seperti kemeja ataupun polo shirt. Penggunaan kerah pun beragam, ada yang disertai dengan kancing dan berbentuk tegak, namun ada juga yang berbentuk kerah bulat seperti polo shirt.

Baca Juga: 9 Macam-Macam Kerah Baju yang Perlu Kamu Tahu

Apa Saja Jenis Perkembangan dan Modifikasi Garis Leher?

Dengan semakin berkembangnya dunia fashion melahirkan berbagai jenis pembaruan. Salah satunya juga melahirkan berbagai garis leher baru yang dikembangkan dari potongan dasar bulat, V, dan persegi.

Jenisnya pun sangat banyak, namun terdapat 10 jenis potongan yang saat ini banyak digunakan. Berikut ini uraiannya.

1. Sweetheart Neckline

Sweetheart neckline adalah detail leher yang dirancang menyerupai hati. Layaknya bentuk hati yang memiliki dua lengkungan, seperti itu juga bentuk potongan tersebut. Tipe ini bisa menjadi pilihan tepat jika ingin tampil seksi.

2. Asymmetric Neck

Asymmetric neck adalah pilihan tepat jika ingin membuat gaya tampil beda. Ciri khasnya adalah potongan garis yang tidak seimbang antara bagian kiri dan kanan. Namun, perbedaan pola tersebut tidak mengganggu tampilan melainkan memberikan kesan estetik dan keindahan pada pakaian.

3. Jewel Neck

Jewel atau permata adalah jenis garis leher yang dibuat menyerupai permata. Bentuk potongan akan melewati bagian leher dengan bagian dada yang tampak lebih luas. Tampilan dengan tipe ini akan tampak semakin indah jika ditambah dengan kalung.

4. Henley Neck

Henley Neck cocok menjadi pilihan untuk pakaian pria karena desainnya yang berupa kombinasi kaos oblong dan juga polo. Ciri khasnya adalah terdapat kancing sebanyak dua atau enam buah yang menghiasi bagian leher.

Jenis ini akan membuat tampilan terlihat casual. Pada beberapa desain tidak jarang juga ditambahkan saku pada bagian dada agar tampak lebih formal. Baju dengan potongan henley neck cocok jika digunakan pada cuaca hangat karena bagian kancing akan membuat sirkulasi udara lebih bebas.

Baca Juga: Mengenal Jenis Kerah Baju

5. Boat Neck

Potongan boat merupakan jahitan yang dibuat dari dua garis horizontal yang terhubung pada antara satu bahu dengan bahu lainnya. Modelnya dibuat melebar kemudian potongan antara ujung satu dengan lainnya memiliki kedalaman yang sama.

6. The Scoop

Potongan scoop atau sendok juga umum digunakan untuk pakaian wanita. Jahitannya dibuat seperti huruf U hingga bagian atas dada. Sementara untuk bagian belakang akan tampak tertutup. Gaya leher ini sudah populer sejak lama dan cocok digunakan bersama dengan blazer.

7. Decollet

Decollet bisa menjadi pilihan kamu jika ingin tampil sedikit seksi. Potongan garis lehernya berbentuk datar dari bahu hingga dada. Sementara bagian tengahnya akan dibuat sedikit lebih rendah. Pakaian ini tidak hanya membuat tampilan tampak seksi, namun juga terlihat berani khususnya jika digunakan wanita.

8. Garis Leher Y

Desain garis leher Y hampir serupa dengan model V Neck. Namun, jika diamati lagi karena ada penambahan potongan hingga garis kerah di bagian bawah. Ini akan membuat desain tampak seperti huruf Y dan umumnya untuk mempertegas desain ditambahkan aksesoris seperti kancing pada bagian ujungnya.

Baca Juga: Mengenal Macam-Macam Model Lengan Baju dan Polanya

9. Bateau

Garis leher Bateau dibuat melebar dan dalam serta simetris antara bagian kiri dan kanan. Gaya ini cocok dikenakan oleh orang dengan baju kecil dan tubuh kecil sehingga membuat kesan tubuh yang berisi.

Sekarang kamu dapat memilih jenis garis leher yang nyaman dan sesuai dengan bentuk tubuh. Walaupun detail satu ini cukup jarang diperhatikan, namun perannya sangat penting untuk menjaga kenyamanan dan keindahan pakaian. Dapatkan berbagai baju dengan model garis leher terbaik hanya di Tshirtbar.

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *