Last Update: July 7th, 2021 at 8:41 pm

Tips Mencari Komposisi Warna yang Tepat

Warna adalah hal yang sangat penting dalam dunia desain, terutama desain grafis karena warna tidak hanya bertujuan untuk mempercantik sebuah hasil desain saja. Warna sendiri mempunya karakter dan perannya masing-masing. Komposisi warna yang dipadukan dengan tepat dapat menyampaikan makna tersirat kepada orang-orang yang melihatnya. Dengan itu saat mencetak gambar di sebuah media, warna menjadi hal yang sangat krusial dalam membuat desain. 

Fungsi Warna

1. Fungsi Struktural

Fungsi Struktural ini adalah sebagai pengarah bagi pembaca untuk menemukan informasi penting, seperti informasi yang diurutkan secara struktural berdasarkan tingkat prioritas sehingga dapat membedakan informasi satu dengan informasi lainnya.

2. Fungsi Alamiah

Fungsi Alamiah ini ada karena warna sendiri dapat menciptakan sifat objek secara nyata. Salah satu contohnya adalah biru adalah warna langit atau laut, hijau adalah tumbuhan dan sebagainya. Semua itu terjadi karena warna secara tidak langsung sudah tertanam di otak.

3. Fungsi Identitas

Fungsi Identitas ada karena memiliki peran penting untuk memudahkan pembaca agar mengenali identitas sebuah kelompok, komunitas, perusahaan, dan organisasi karena bisa menjadi karakter untuk kelompok masing-masing.

4. Fungsi Pembentuk Objek

Fungsi Pembentuk Objek ini adalah sebagai elemen yang membentuk perbedaan dengan objek lainnya. 

 

Mencari Komposisi warna yang tepat

Pada zaman ini banyak sekali sekelompok, organisasi atau perusahaan yang sangat mementingkan warna yang mereka gunakan terutama sebagai identitas mereka. Warna juga digunakan untuk berbagai macam hal. Contohnya warna logo, biasanya akan menjadi patokan sebuah perusahaan Gojek yang logonya berwarna Hijau lalu diintegrasikan ke dalam tema warna seragam yang digunakan oleh para driver ojol yang mereka miliki. 

Saat ini juga sangat banyak usaha-usaha kecil bermunculan, seperti menjual aksesoris, pakaian, atau makanan-makanan unik. Dari pengusaha kecil ini biasanya mereka membangun mulai dari membuat logo dan produk-produk yang ingin mereka jual. Dari situ pula banyak yang sedang mencari ide warna yang tepat untuk usaha mereka.

Maka dari itu pada artikel ini, kita akan membahas apa tips mencari komposisi warna yang tepat. Kita akan mulai dari apa saja arti dari berbagai warna yang ada, berikut penjelasannya:

  • Merah : Keberanian, Kekuatan, Energi, Gairah, Semangat, Nafsu, Adrenalin, Bahaya dan Kegembiraan
  • Hijau : Kesuburan, Kesegaran, Kedamaian, Keseimbangan, Alami, Martabat dan Kekayaan
  • Orange : Kehangatan, Kenyamanan, Keceriaan, Segar, Bermuda, Kreatif dan Petualangan
  • Kuning : Ceria, Bahagia, Menyenangkan, Energik dan Optimis
  • Biru : Komunikatif, Kecerdasan, Ketenangan, Percaya Diri, Dapat Dipercaya, Menyenangkan, dan Depresi
  • Ungu : Keakraban, Rasa Aman,Kerajaan, Keagungan, Spiritual dan Misterius
  • Hitam : Canggih, Formal, Mewah, Hampa, Misterius dan duka
  • Putih : Bersih, Suci, Ringan, Kebebasan, Murni, Sederhana, Minimalis
  • Coklat : Keakraban, Rasa Aman, Organik, Sederhana, Jujur dan Menyeluruh
  • Abu-Abu : Keseriusan, Kestabilan, Kemandirian dan Tanggung Jawab
  • Emas : Kesuksesan, Kemewahan, Kemenangan dan Kemakmuran
  • Tosca : Ketenangan dan Kesabaran
  • Magenta : Keseimbangan Fisik, Mental, Spiritual dan Emosional

Nah dari arti arti warna di atas juga dapat dijadikan sebagai ide dalam membentuk sebuah desain logo dan semacamnya berdasarkan sifat dari usaha yang ingin dikembangkan.

Selain itu ada pula tren warna setiap tahunnya jika kamu sendiri ingin mengikuti tren, berikut adalah prediksi warna-warna yang akan tren di tahun 2021 yang dikutip dari artikel Highend Magazine menurut ahli warna dari Pantone sampai Shutterstock.

komposisi warna spring-summer

Dan berikut adalah warna-warna klasik yang diprediksikan akan tren.

 

komposisi warna klasik

 

Selain ide-ide warna di atas, kamu pun juga dapat menemukan perpaduan warna yang bagus sesuai yang kamu inginkan di colorhunt.co karena disana adalah kumpulan dari berbagai macam palette warna yang beragam dan lengkap.

Nah jika kamu sudah berhasil menemukan dan membuat desain dengan warna yang kamu inginkan, tidak hanya logo tetapi juga untuk desain keperluan lainnya, kamu bisa loh menuangkan kreatifitas kamu ke dalam media yang kamu bisa gunakan sehari-hari seperti baju kaos, jaket, tas dan sebagainya.

Kamu bisa buat desain kamu di Tshirtbar, karena Tshirtbar menyediakan jasa Full Print dengan kualitas yang premium sehingga hasil yang dikeluarkan sangat memuaskan. Kamu bisa langsung hubungi sales kami di nomor 0818-0839-2323 atau kamu bisa langsung melihat dan menyentuh produk-produk fisiknya di store Tshirtbar di Jalan Abdul Majid Raya No. 6A, Cipete Utara, Jakarta Selatan.

 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *