Cara Kombinasi Baju Warna Ungu Dengan Warna Lain Untuk Berbagai Acara

Sering bingung untuk memilih kombinasi baju warna ungu dengan warna lain? Hal ini wajar saja terjadi, mengingat visual warna ungu cukup sulit dipadukan dengan warna cerah lainnya. Namun, bukan berarti pakaian ungu tidak bisa dikolaborasikan dengan warna lainnya.

Jika cermat dalam mix and match, maka sentuhan warna tersebut dapat tampil anggun sesuai selera fashion kamu. Supaya tidak keliru dalam memadukan gradasi ungu, sebaiknya pelajari tips berikut ini.

Bagaimana Cara Kombinasi Baju Warna Ungu dengan Warna Lain untuk Berbagai Acara?

Sekarang kamu tidak perlu khawatir mix and match lagi, ada cara mudah untuk tahu kombinasi yang cocok. Kamu hanya perlu menyiapkan diagram lingkaran warna, kemudian gunakan cara berikut ini.

Baca Juga: Paduan Kombinasi Warna Biru Dongker Terbaik

1. Kombinasi Monokrom

Kombinasi monokrom adalah yang paling umum dan aman digunakan. Walaupun sering diartikan sebagai warna hitam putih. Namun sebenarnya monokrom bermakna satu warna. Artinya kamu dapat membuat kombinasi warna ungu dari gradasi berbeda, misalnya ungu terang dan soft.

2. Kombinasi Komplementer

Kombinasi komplementer berarti menggunakan warna yang berseberangan dengan warna ungu pada diagram lingkaran. Misalnya untuk ungu terang cocok dipadukan dengan hijau lumut ataupun kuning. Kombinasi ini akan menimbulkan kesan ceria.

3. Kombinasi Analogus

Kombinasi analogus menggunakan paduan gradasi yang letaknya bersisian dalam diagram lingkaran warna. Misalnya, ungu bersisian dengan warna ungu kebiruan ataupun pink keunguan. Kedua kombinasi tersebut bisa kamu gunakan sebagai alternatif fashion yang tepat.

Baca Juga: Kombinasi Warna Kaos yang Bagus Agar Penampilan Makin Trendi

Rekomendasi Kombinasi Baju Warna Ungu dengan Warna Lain Sesuai Acaranya

Ungu adalah warna yang aman digunakan dalam kegiatan apapun, baik formal maupun non-formal. Bahkan dapat dikombinasikan dengan warna lain untuk mendapatkan sentuhan menarik. Menariknya lagi, ungu akan memberikan kesan berbeda pada setiap kombinasinya.

Misalnya, jika dipadukan dengan warna hitam maka menimbulkan kesan tegas. Sementara perpaduan ungu dan warna cerah seperti pink dan putih sebaliknya memberi kesan lembut dan ceria.

Tentunya kombinasi warna ungu juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai referensi untuk fashion kamu, berikut ini rekomendasi kombinasi baju warna ungu dengan warna lain sesuai acaranya.

1. Acara Formal

Warna ungu juga tepat digunakan ketika menghadiri acara formal, seperti kegiatan kantor, menghadiri rapat, ataupun pertemuan dengan klien. Asalkan tepat dalam memberi sentuhan kombinasi lainnya.

Hal yang harus diingat ketika menghadiri acara formal adalah kesan yang ingin diberikan. Tentunya, orang-orang cenderung ingin terkesan rapi, tegas, dan berkharisma ketika tampil di hadapan rekan-rekan kerja. Sehingga merasa lebih aman bermain pada gradasi hitam putih saja.

Padahal ungu juga bisa untuk memberikan kesan serupa. Contoh pada pakaian pria, kamu bisa menggunakan polo shirt berwarna ungu lembut atau yang paling gelap sebagai dalaman. Kemudian padukan dengan jas hitam dan dasi senada.

Dengan begitu penampilan kamu akan nampak berkelas. Begitupun untuk fashion wanita. Selain dengan warna hitam, perpaduan ungu dan abu-abu juga tepat untuk digunakan pada acara formal. Kamu tetap dapat tampil elegan dan karismatik namun dengan bentuk lebih fresh.

2. Acara Non-Formal

Warna ungu paling tepat jika digunakan untuk kegiatan non-formal, terutama jika acaranya bersifat outdoor. Misalnya seperti pesta pantai, farewell party, pesta ulang tahun, meluncurkan produk baru, dan kegiatan lainnya. Umumnya, acara-acara tersebut bersifat ceria dan menyenangkan.

Sehingga kamu juga harus memilih tipe pakaian berwarna cerah. Namun, ketika bermain pada warna cerah kamu harus hati-hati agar penampilan tidak terlihat berlebihan atau mencolok.

Disini, gradasi ungu sangat membantu untuk memberikan kesan ceria namun tetap fashionable. Baju ungu untuk acara non-formal pada dipadukan dengan celana atau rok berwarna pink, kuning, merah tua, ataupun mustard.

Penampilan akan terlihat tajam dan menyegarkan namun tetap elegan. Akan tetapi, cermat dalam memilih gradasi ungu yang tepat ketika dikombinasikan. Sebaiknya, maksimalkan juga paduan warna pada tiga kombinasi saja agar tetap memberikan kesan elegan.

3. Pakaian Harian

Menggunakan pakaian berwarna ungu untuk kegiatan sehari-hari juga bisa menjadi pilihan. Misalnya untuk sekedar berkumpul ataupun pergi berbelanja. Pilihan kombinasi paling tepat adalah warna hitam, jeans, ataupun soft pink.

Kamu bisa menggunakan baju kaos berwarna ungu. Kemudian padukan dengan bawahan yang warnanya netral. Outfit ungu jika dipadukan dengan warna netral gelap akan menampilkan sisi maskulin diri kamu.

Sementara jika dipadukan dengan warna netral yang pucat akan memberikan kesan lembut. Misalnya atasan ungu dengan bawahan putih gading. Selain itu, pada dasarnya fashion berwarna cerah seperti ungu dapat digunakan oleh semua kalangan, baik pria maupun wanita.

4. Acara Pernikahan

Takut akan nampak tidak biasa menggunakan outfit kondangan berwarna ungu sering dialami orang-orang. Apalagi dengan stigma kebanyakan orang bahwa ungu adalah warna yang nyentrik. Tentu saja hal ini tidak benar.

Pada dasarnya setiap warna aman digunakan pada kegiatan apapun asalkan cerdas dalam mengkombinasikannya. Begitupun ungu, ia dapat terlihat anggun ketika dikenakan pada acara pernikahan.

Tipsnya adalah bermain pada gradasi warna ungu yang soft. Khusus untuk wanita, jika kamu mengenakan hijab. Maka sebaiknya warna hijab yang dipilih juga berwarna senada. Hindari menggunakan warna lain sebagai hijab.

Jika ingin menggunakan hijab berwarna hitam. Maka sebaiknya pilih gradasi ungu yang terang mendekati soft. Khusus untuk dress ungu, kamu sebaiknya membatasi kombinasi yang mencolok.

Sementara untuk pakaian pria ketika menghadiri pernikahan umumnya mengenakan jas atau kemeja. Paduan atasan dan bawahan paling tepat adalah ungu dengan jas hitam ataupun abu-abu. Dua warna tersebut akan menampilkan sisi dewasa dan maskulin seseorang.

Baca Juga: Cara Kombinasi Baju Warna Coklat untuk Berbagai Acara

Nah, itu adalah cara kombinasi baju warna ungu dengan warna lain untuk berbagai acara. Sekarang kamu bisa dapat beli baju warna ungu tanpa takut terlihat nyentrik lagi. Kuncinya adalah cermat dan teliti terhadap perpaduan warna. Dapatkan baju warna ungu terbaik hanya di Tshirtbar.

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *