Ketahui 4 Cara Menyablon Baju Sendiri Dengan Mudah

Cukup banyak orang yang merasa penasaran dengan cara menyablon baju sendiri di rumah. Pasalnya datang ke tempat jasa pembuatan kaos sablon mengharuskan Anda membuat kaos dalam jumlah banyak. Selain itu waktu penyelesaiannya yang lama, membuat Anda tidak sabar untuk melihat kaos Anda. Untuk itu banyak orang mencari cara menyablon baju sendiri di rumah. Penasaran dengan caranya? Simak ulasan di bawah ini:

 

Cara Menyablon Baju Sendiri

1. Menggunakan Teknik Sablon DTG

Ada banyak jenis teknik sablon yang dapat Anda coba sendiri di rumah. Namun perlu Anda tahu bahwa masing-masing teknik sablon ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada satu teknik yang mudah dilakukan namun warna yang dihasilkan tidak tahan lama. Ada pula teknik yang cukup sulit Anda lakukan sendiri di rumah namun justru menghasilkan warna tahan lama. Pastikan memilih yang sesuai kebutuhan Anda.

Salah satu teknik sablon yang paling mudah dan dapat Anda coba sendiri di rumah adalah dengan mesin DTG. Teknik sablon menggunakan mesin DTG ini sangat mudah dilakukan bahkan Anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Pasalnya teknik sablon yang satu ini menggunakan mesin cetak yang simpel, mudah dan dapat dilakukan di rumah.

Teknik sablon DTG ini dilakukan dengan memanfaatkan teknik sablon digital menggunakan mesin DTG atau Direct to Garment. Mesin printer khusus ini akan memungkinkan Anda membuat kaos dalam jumlah satuan hingga grosir. Bekerja dengan cara yang mirip printer cetak biasa, mesin DTG ini akan membantu Anda membuat kaos sendiri di rumah lebih mudah.

 

2. Sablon Manual dengan Cat Khusus

Selain menggunakan mesin DTG atau sablon digital, ada beberapa teknik sablon lain yang dapat Anda coba sendiri di rumah. Salah satunya adalah teknik sablon manual. Cara cetak kaos secara sablon ini pada dasarnya jauh lebih rumit dibandingkan teknik sablon digital. Dibutuhkan banyak peralatan untuk memastikan teknik sablon manual ini dapat Anda jalankan di rumah.

Biasanya cara menyablon baju sendiri dengan teknik menual membutuhkan bahan-bahan dan peralatan yang lengkap. Terdiri dari tinta rubber, binder, lem papan, obat pengemulsi, cairan untuk membersihkan afdruk dan lain sebagainya. Semua bahan dan peralatan ini dapat Anda beli di toko sablon dan bahan kimia lainnya.

Namun kali ini bukan teknik sablon manual seperti pada umumnya yang dapat Anda coba di rumah. Melainkan teknik manual dengan cara mengecat motif dan menempelkannya langsung pada kaos. Semisal Anda telah memiliki desain motif baju, buat motif tersebut ke dalam cetakan semisal dari rangka besi atau kertas biasa. Setelahnya Anda dapat menempelkan cetakan tersebut di atas kaos  setelah dilumuri cat. Angkat kaos dan motif buatan Anda sudah menempel cantik pada kaos.

 

3. Sablon Press

Jangan lupa untuk menggunakan teknik ini dalam cara menyablon Anda, dimana teknik ini akan memberikan tekanan pada tinta pada bagian atas screen.

Proses pemberian tekanan ini bertujuan agar tinta terdorong untuk masuk menembus screen dan menempel dan terserap di bagian kain. Namun teknik ini termasuk teknik lama dalam dunia sablon, dimana teknik ini juga terbagi dalam 2 kategori yaitu sablon manual dan sablon otomatis.

Dimana sablon manual teknik yang pertama sekali ditemukan, ditambah lagi teknik ini membutuhkan waktu dan tenaga yang besar. Untuk teknik otomatis sendiri menggunakan mesin sendiri dapat dilakukan dengan mudah serta menghemat waktu dalam bekerja.

 

4. Sablon Polyflex

Sablon jenis ini merupakan stiker yang ditempel pada kain, umumnya jenis sablon ini menggunakan bahan vinyl. Dimana bahan vinyl tersebut akan dipotong menggunakan mesin cutter, dimana proses ini hampir sama dengan proses cutting stiker yang akan ditempel pada mobil atau motor.

Nantinya potongan vinyl tersebut akan ditempelkan pada transfer paper, kemudian transfer paper tersebut nantinya akan menempel pada kain dan memanasinya menggunakan heat press. Apabila telah dipanasi maka cabut secara perlahan transfer paper dimana vinyl yang tersebut nantinya akan melekat erat pada kain.

Umumnya teknik ini banyak digunakan pada jersey bola, oleh sebab itu jangan lupa menggunakan teknik ini dalam cara menyablon nanti. Tentunya setiap teknik memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

 

Tidak Ribet dan Hasilnya Terjamin, Sablon Baju di Jasa Pembuatan Kaos

Pada dasarnya berbagai teknik sablon ini sangat mudah dilakukan sendiri di rumah. Namun kendala peralatan yang tidak memadai dapat membuat kualitas sablon menjadi lebih buruk.Hasilnya juga tidak sebagus yang Anda harapkan. Tentu sangat tidak menyenangkan jika melihat hasil sablon Anda tidak rapi dan terlihat buruk saat dipakai.

Cara paling mudah untuk membuat baju sendiri adalah dengan datang ke tempat atau jasa yang menawarkan pembuatan kaos. Dengan cara ini Anda dapat membuat desain kaos sendiri sesuai kebutuhan. Anda juga berhak menentukan warna hingga jenis bahan kaos yang terasa lebih nyaman dan tentunya membuat Anda percaya diri saat memakainya.

Lebih dari itu, jasa pembuatan kaos ini biasanya tidak hanya melayani pembuatan kaos dalam jumlah besar. Melainkan juga melayani pembuatan kaos satuan yang sesuai kebutuhan Anda. Hebatnya lagi jasa pembuatan kaos sekarang ini telah membebaskan kepada konsumen untuk membuat desain dan model kaos sendiri. Dengan teknik terbaik, cara menyablon baju sendiri di tempat percetakan akan memberikan hasil terbaik sehingga lebih keren dipakai.

Bryan Wicaksono

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *