Kenali 7 Jenis Label Produk Untuk Produk Fashion

Label produk fashion adalah penanda identitas yang mendefinisikan karakter dan kualitas produk. Di era yang sudah semakin kompetitif, label produk khususnya di bidang fashion harus dibuat menarik dan berkesan. Tujuan utama demi membangun brand dan menarik pelanggan.

 

Dalam artikel ini, kita akan membahas segudang tips untuk menciptakan label untuk produk fashion yang efektif.

 

Peran Label Produk Dalam Industri Fashion

Label merupakan sarana penting bagi merek untuk membedakan diri dari pesaing, menyampaikan nilai brand, dan memenuhi regulasi dan kepatuhan. 

 

Peran label tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga berperan penting dalam desain produk. Berikut adalah detail lengkapnya:

  • Sebagai Brand Identity

 

Label produk yang khas dan mudah diidentifikasi dapat membantu konsumen mengidentifikasi dan mengenali produk-produk Anda dengan mudah. Ini dapat membantu membangun loyalitas pelanggan dan meningkatkan penjualan.

  • Sebagai Brand Communication

 

Desain label yang tepat dapat mengkomunikasikan pesan merek, gaya, dan filosofi kepada pelanggan. Ini dapat membantu menciptakan hubungan emosional antara merek dan pelanggan, yang penting dalam membangun loyalitas pelanggan jangka panjang.

  • Sebagai Petunjuk Bagi Customer

 

Label produk yang transparan dan tepat memberikan informasi penting kepada konsumen, yang dapat membantu mereka membuat keputusan yang lebih baik tentang produk yang akan mereka beli.

 

Data yang tercantum pada label, seperti materi, teknik produksi, dan panduan perawatan, dapat membantu konsumen menilai kualitas dan tingkat keberlanjutan dari produk tersebut. Lebih jelas lagi:

 

  • Informasi tentang komposisi bahan dapat membantu konsumen yang memiliki alergi atau sensitivitas terhadap bahan tertentu. 
  • Informasi tentang teknik produksi dapat membantu konsumen yang peduli dengan keberlanjutan.
  • Panduan perawatan dapat membantu konsumen merawat produk mereka dengan benar agar dapat bertahan lebih lama.

  • Sebagai Tanda Kualitas

 

Label dapat menjadi penanda nilai bagi beberapa merek fashion. Label khusus atau tanda pengenal dapat menandakan kualitas atau eksklusivitas produk, yang dapat mempengaruhi harga dan permintaan.

  • Sebagai Perlindungan Konsumen

 

Label dengan detail lengkap dapat membantu brand mematuhi regulasi dan menghindari masalah hukum. Di banyak negara, ada undang-undang yang mengatur apa yang harus dicantumkan pada label produk. 

 

Dengan mencantumkan informasi yang diperlukan oleh hukum, seperti panduan perawatan dan komposisi bahan, brand dapat memastikan bahwa mereka mematuhi aturan dan mencegah masalah hukum yang dapat merusak reputasi brand.

 

Jenis Label Produk Dalam Industri Fashion

Terdapat beragam tipe label yang digunakan pada pakaian untuk berbagai maksud. Daftar di bawah menyediakan informasi yang lengkap dan relevan mengenai produk, memungkinkan konsumen untuk dengan mudah mengenali atau membedakannya.

  • Label Utama

 

Secara umum, semua pakaian harus memiliki label utama. Label utama ini diperlukan untuk memenuhi persyaratan regulasi dan untuk memberikan informasi penting kepada konsumen.

 

Main label punya informasi merek dan nama pada kain. Label ini dapat dibuat dengan cara bordir atau print. Label utama biasanya terletak di jahitan tengah bagian dalam dan belakang bagian bawah atau di bawah kerah bagian dalam dan belakang bagian atas.

  • Label Instruction Care

 

Terdapat informasi tentang cara merawat pakaian, seperti jenis bahan, petunjuk merawat pakaian, dan metode pencucian yang sesuai. Tujuan adanya label ini ialah untuk memastikan bahwa pakaian dirawat dengan benar agar dapat bertahan lebih lama. 

 

Label perawatan juga dapat membantu mencegah kerusakan pakaian akibat perawatan yang tidak tepat. Dilengkapi simbol-simbol yang mewakili jenis perawatan yang diperlukan untuk pakaian tertentu, seperti cara setrika dan jemur.

  • Label Ukuran

 

Label ukuran adalah label yang sangat penting pada pakaian apa pun. Tanpa label ukuran, pakaian menjadi tidak berguna, karena pelanggan tidak dapat memilih pakaian yang sesuai dengan ukuran tubuh mereka.

 

Biasanya label ini dicetak dengan huruf atau angka, seperti S, M, L, XL, XXL, dan seterusnya. 

  • Label Flag

 

Label kecil yang biasanya terletak di luar pakaian. Label ini memiliki bentuk seperti bendera, biasanya berukuran kecil dan tipis. Bisa ditambahkan logo merek, nama merek, atau slogan merek. Label flag juga dapat dicetak dengan warna yang mencolok untuk menarik perhatian.

  • Label Printing

 

Sesuai namanya, label ini dicetak dengan mesin printing atau sablon offset. Label ini memiliki warna yang beragam dan menyatu dengan pakaian. 

 

Namun, label ini tidak tahan lama dan dapat pudar jika dicuci berkali-kali. Label printing dapat diaplikasikan di bahan-bahan yang halus.

  • Label Asal Produk

 

Tercantum asal-usul produk, seperti negara atau wilayah tempat produk tersebut diproduksi. Label asal produk adalah persyaratan hukum di sebagian besar negara dan juga merupakan metode yang baik untuk menghargai barang-barang yang diproduksi dengan etika dan secara lokal. Contoh yang sering kita lihat seperti “Made In Indonesia”.

  • Hang Tag

 

Hang tag adalah label yang digantung pada produk fashion untuk memberikan informasi penting kepada konsumen. Informasi ini dapat mencakup ukuran, komposisi bahan, panduan perawatan, harga, dan informasi merek. 

 

Hang tag juga dapat digunakan untuk menambahkan elemen desain yang menarik pada produk fashion. Hang tag seringkali dapat dengan mudah dilepas oleh konsumen tanpa merusak pakaian.

 

Sekarang, label produk fashion sudah Anda ketahui lebih dalam. Jika Anda butuh label untuk kebutuhan bisnis fashion Anda, silahkan datang dan komunikasikan bersama team Tshirtbar dengan klik banner di bawah:

Referensi:

https://textilelearner.net/different-types-of-labels-in-garments/

 

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222