5 Kelebihan Tumbler Stainless dan Cara Merawatnya

Kelebihan tumbler stainless dibanding bahan lainnya jelas punya perbedaan mencolok. Jika kamu sedang bingung jenis tumbler yang punya kualitas tinggi, maka tumbler stainless adalah pilihan yang tepat. 

Dari segi desain hingga fleksibilitas, kemampuan tumbler satu ini tak perlu diragukan lagi. Dalam artikel ini, kami akan spill seputar tumbler stainless yang akan membuat kamu semakin teracuni dan tak sabar untuk punya. Tentunya hal ini akan memudahkan kamu untuk bepergian kemana saja.

Apa Itu Tumbler Stainless Steel?

Tumbler stainless steel adalah model tempat minuman yang terdiri dari bahan stainless steel, dimana bahan ini dikenal tidak mudah berkarat. Tumbler ini dirancang khusus untuk mempertahankan suhu minuman dalam jangka lama, baik menjaga minuman tetap hangat atau dingin. 

@tshirtbarid

Bawa tumbler travel untuk keluar rumah banyak untungnya! Kamu bisa menghemat untuk beli air diluar dan tampil lebih catchy. Yuk mulai kebiasan baik mengurangi sampah plastik dari sekarang. 🫶🏻 #tumbler #lokal #brandlokal #botol

♬ original sound – hmu – 🍃

Alasan di balik populernya  tumbler stainless steel tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya. Masyarakat di berbagai belahan dunia mulai sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Hal itulah yang jadi pendorong utama untuk beralih ke opsi wadah minuman yang lebih ramah lingkungan, seperti tumbler stainless steel

Baca Juga: 5 Fungsi Tumbler Untuk Menjaga Lingkungan

Apa Saja Kelebihan Tumbler Stainless Steel?

apa saja kelebihan tumbler stainless

Inilah beberapa alasan mengapa kamu wajib punya tumbler stainless steel sebagai wadah minuman untuk digunakan sehari-hari:

1. Stainless Steel Mudah Dibersihkan

Bahan stainless steel lebih mudah dirawat dibandingkan bahan lainnya. Selain itu, bahan ini juga tahan akan noda, korosi, dan karat. Cara penggunaan dan membersihkannya pun jauh lebih praktis, baik itu dicuci secara manual atau menggunakan dishwasher.

2. Bisa Menjaga Suhu Air Tetap Stabil

Selain mudah dibersihkan, stainless steel juga punya sifat isolasi termalnya. Ini jadi faktor mengapa suhu air bisa tetap stabil meski disimpan lama. 

Tutup tumbler yang ketat juga berpengaruh pada kestabilan suhu air. Tutup yang rapat membantu udara dari luar tidak masuk ke dalam tumbler dan mencegah perubahan suhu yang disebabkan oleh lingkungan sekitar.

3. Tumbler Stainless Steel Awet Dipakai

Berbeda dengan peralatan minum plastik yang semakin memburuk seiring berjalannya waktu, wadah minum stainless steel tidak mengalami hal serupa. Dalam jangka panjang, botol minum yang terbuat dari bahan plastik sekali pakai juga tidak baik untuk kesehatan manusia. Sebab plastik dapat memudahkan bakteri jahat masuk ke dalam minuman yang kamu konsumsi.

Stainless steel juga tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Tentunya hal ini memastikan bahwa kamu tetap aman dan sehat bila menggunakan tumbler stainless steel saat bepergian.

4. Bisa Desain Sendiri Sesuai Kebutuhan

Kamu bisa ciptakan desain unik untuk tumbler sesuai dengan gaya dan preferensi. Kamu bisa cetak logo perusahaan, nama pribadi, atau desain kustom lainnya. Manfaatkan tumbler sebagai media kreatif dan buat seunik mungkin. 

Meski bukan masuk ke dalam kategori fesyen, tumbler stainless steel menjadi pilihan yang ideal bagi mereka yang ingin minum dengan gaya sambil memenuhi kebutuhan dahaga mereka.

5. Bisa Dijadikan Sebagai Merchandise

Produk tumbler juga sering dijadikan opsi untuk merchandise, baik untuk korporat, hadiah spesial bagi pasangan maupun teman sebaya. Agar lebih sempurna, kamu bisa tambahkan surat dan item merchandise lainnya seperti tote bag atau hand sanitizer.

Baca Juga: Apa Itu Tumbler? Dan Apa Fungsinya?

Apa Saja Kekurangan Tumbler Stainless Steel?

Tumbler stainless steel jadi pilihan yang baik untuk menjaga suhu minuman dan hidup sustainable, namun ada kekurangannya juga. Berikut ini adalah beberapa yang sering dijumpai:

1. Volume Terasa Lebih Berat

Kepadatan yang lebih tinggi pada bahan stainless steel membuat tumbler ini punya bobot yang lebih berat, terutama jika tumbler tersebut bisa menampung air lebih banyak. Meskipun demikian, beratnya tumbler stainless steel juga dapat dianggap sebagai kelebihan bagi seseorang yang butuh tumbler kokoh dan tahan lama.

2. Harga Cenderung Lebih Mahal

Segudang kelebihan yang dimiliki oleh bahan stainless steel meningkatkan nilai dan kualitas produk tumbler. Selain itu, pembuatan tumbler stainless steel butuh penggunaan teknologi dan perlengkapan yang lebih maju, seperti mesin pemotong dan pengelasan khusus. Hal ini tentu berpengaruh pada biaya produksi yang lebih tinggi.

Baca Juga: 7 Desain Tumbler Keren

Bagaimana Cara Merawat Tumbler Stainless Steel?

cara merawat tumbler stainless steel

Jangan sampai salah merawatnya, berikut kami jelaskan tata cara perawatan tumbler dari bahan stainless steel:

1. Cuci Hingga Benar-Benar Kering

Setelah tumbler dicuci dengan sabun, pastikan tutup dan dalamnya sepenuhnya kering. Letakkan tumbler terbalik di atas rak pengering, dan biarkan sisa air cucian di dalamnya mengering. Pastikan juga untuk membuka tutup tumbler setengah agar udara dapat mengalir melalui celah dan kering lebih cepat.

2. Segera Cuci Setelah Digunakan

Meski ada sisa air, jika sudah terlalu lama di dalam tumbler lebih baik segera dicuci. Cara cuci tumbler paling tepat adalah gunakan air panas dan sabun cuci piring. Hindari steel wool untuk menghindari gesekan besi sehingga masih bisa sering dipakai.

3. Jangan Gunakan Bleaching

Penggunaan bleaching atau pemutih untuk membersihkan tumbler dapat menyebabkan kerusakan pada baja. Ini dapat menghasilkan reaksi kimia dan oksidasi yang menyebabkan terbentuknya karat seiring waktu. Sebagai alternatif, kamu bisa manfaatkan cuka atau soda kue yang efektif untuk membersihkan tumbler dan bau di dalam wadah secara mendalam.

Seperti yang sudah kami jelaskan, kelebihan tumbler stainless steel selain menjaga lingkungan, tentu juga berkontribusi pada aktivitas harian jadi lebih fleksibel. Untuk mendapatkan produk tumbler dengan hasil terbaik, silakan kunjungi Tshirtbar dengan klik banner di bawah ini.

CTA BANNER Merchandise

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 224