Kelebihan Dan Kekurangan Sablon Manual Serta Printing Baju Digital

Printing baju dikenal sebagai salah satu metode baru yang banyak digunakan oleh masyarakat sebagai pengganti sablon manual. Namun, meskipun dikenal sebagai cara terbaru dan juga lebih praktis untuk dilakukan, faktanya masih banyak pula masyarakat yang lebih memilih untuk menggunakan metode lama dengan cara sablon manual. Hal ini tidak lepas dari beragam kelebihan serta kekurangan yang dimilikinya. Bagi anda yang ingin tau apa saja kelebihan serta kekurangan metode sablon dengan cara manual serta metode yang dilakukan dengan bantuan alat printing digital, simaklah penjelasannya berikut ini:

Metode sablon manual

Kelebihan :

  1. Dapat dilakukan dengan menggunakan teknik timbul atau pun busa
  2. Warna sablon yang dimilikinya tidak mudah pudar, atau dapat bertahan lebih lama, bergantung pada kualitas tinta yang digunakan.
  3. Jika ditujukan untuk pemesanan dalam jumlah banyak atau massal, maka biaya pengeluaran yang dibutuhkannya akan jauh lebih murah.

Kekurangan :

  1. Untuk proses pengerjaannya, kegiatan sablon dengan metode manual untuk baju ini terbilang lebih lama. Hal ini berkaitan dengan proses pembuatan film afdruk terlebih dahulu yang harus dilakukan, kemudian kegiatan penyamblonan, penjemuran dan beragam kegiatan lainnya.
  2. Jika dilihat dari hasil cetakan yang dimilikinya, sablon dengan metode manual ini tidak cocok untuk jenis gambar berwarna atau bahkan sablon foto. Karena tidak sebagus penggunaan metode lainnya.
  3. Setelah digunakan beberapa kali dan juga dicuci, umumnya hasil sablon manual ini menunjukkan tampilan gambar yang retak-retak.
  4. Karena proses pembuatan cetakan yang lumayan rumit dan membutuhkan waktu lama, maka proses pengerjaan baju yang dilakukan dengan metode manual ini tidak dapat dilakukan dengan jumlah per satuan. Dengan kata lain, metode yang satu ini selalu menggunakan batas minimal order untuk baju yang hendak dibuatnya.

 

Metode sablon dengan alat printing digital

Kelebihan :

  1. Berbeda dengan metode sebelumnya, untuk kegiatan Printing bajudengan alat yang satu ini umumnya memberikan hasil warna yang lebih bervariasi.
  2. Untuk kegiatan sablon dari gambar atau foto dengan warna yang lebih beragam pun dapat menunjukkan hasil yang lebih memuaskan
  3. Jika melihat waktu dari proses pembuatannya, alat printing digital ini dapat membantu proses pengerjaan dengan lebih cepat. Hal ini tidak lepas dari penggunaan media digital berupa  kertas transfer/transfer paper yang membantu kegiatan sablon / printing lebih mudah
  4. Dapat ditujukan untuk pembuatan baju dengan jumlah satuan dan juga tidak dibatasi jumlah pemesanannya
  5. Untuk proses printing yang dilakukannya juga lebih cepat mengering, hal ini terlihat setelah proses pengepressan yang dibantu dengan alat  press digital.

Kekurangan :

  1. Gambar / foto yang dihasilkan umumnya lebih cepat pudar, bergantung pada kualitas tinta, serta kertas transfer yang digunakannya.
  2. Tidak semua bahan atau kain dari pakaian yang anda miliki cocok untuk disablon dengan menggunakan alat printing digital yang satu ini
  3. Harga yang ditawarkan untuk proses printing terbilang mahal sesuai dengan harga kertas transfer serta penggunaan mesin digital printing yang dimilikinya.
  4. Karena kegiatan printing ini dilakukan dengan bantuan mesin, maka luas area untuk sablon atau digital printing itu sendiri umumnya disesuaikan dengan luas dari kertas transfer yang dimilikinya.

Demikianlah kiranya kelebihan serta kekurangan dari metode sablon manual dengan sablon menggunakan alat digital Printing baju dan beragam perbedaan yang dimilikinya.

Bryan Wicaksono

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *