Last Update: July 21st, 2023 at 11:27 am

Mengenal Karakteristik Bahan Rayon Twill, Kelebihan, dan Kekurangannya

Karakteristik bahan rayon twill memang dikenal nyaman dipakai. Rasa nyaman tersebut menjadikan kain rayon twill sering dijadikan sebagai bahan utama pakaian, seperti kaos, kemeja, rok dan sebagainya. Bahan ini jadi idaman semua produsen baju, karena permintaannya yang cukup tinggi.

Satu hal lagi yang melekat pada kain rayon twill adalah sifatnya yang flowy. Dengan kata lain, rayon twill tidak kaku seperti bahan katun yang tebal. Untuk lebih jelasnya, simak artikel ini sampai habis untuk mendapatkan informasi lengkap seputar rayon twill.

Apa Itu Bahan Rayon Twill?

Rayon twill merupakan salah satu material yang umum digunakan dalam produksi pakaian. Selain digunakan untuk baju atasan, bahan ini juga cocok untuk membuat bawahan, seperti rok atau celana panjang.

Ciri khasnya adalah teksturnya yang memiliki serat atau motif diagonal. Alur diagonal ini terbentuk karena metode tenun khusus yang digunakan dalam pembuatan kain twill. Serat rayon sendiri berasal dari serat selulosa alami, yang kemudian diolah secara kimia menjadi serat sintetis yang mirip dengan serat alami.

Kain ini lebih memberikan kesan yang lebih anggun dan teratur dibandingkan dengan beberapa jenis kain rayon lainnya. Sehingga wajar saja bila sering disebut sebagai rayon premium.

Baca Juga: 6 Perbedaan Kain Katun dan Rayon, Mana yang Lebih Bagus?

Bagaimana Karakteristik Bahan Rayon Twill?

bagaimana karakteristik bahan rayon twill

Sumber: Pinterest

Jika dilihat secara sepintas, bahan rayon twill mungkin terlihat sama saja. Namun bila diusut lebih jauh, ternyata bahan satu ini punya perbedaan signifikan, dimana hal tersebut jadi ciri khasnya:

1. Memiliki Pola Diagonal

Karakteristik utama dari bahan rayon twill adalah teksturnya yang khas dengan pola serat atau motif yang membentuk alur diagonal. Pola ini dihasilkan melalui metode tenun khusus yang berbeda dari jenis kain lainnya.

2. Terlihat Glossy

Permukaan kain twill tampak berkilau dan bercahaya (glossy), karena serat kainnya telah dihaluskan dan dirajut dengan rapat, menghasilkan efek yang berkilauan.

3. Warna Kain yang Cerah

Rayon twill memiliki kemampuan menyerap warna dengan baik, sehingga menghasilkan hasil pewarnaan yang tajam dan warna yang cerah.

4. Sifat Tahan Kerut

Sifat tahan berikut ini akan memudahkan dalam perawatan dan sangat cocok untuk pakaian sehari-hari.

5. Kain yang Serbaguna

Alasan mengapa bahan ini sangat serbaguna karena cocok digunakan dalam berbagai produk fashion. Mulai dari kemeja, celana, hingga seragam, banyak produsen busana yang memilih rayon twill sebagai bahan utama dalam pembuatan produk mereka.

6. Tekstur Kain Agak Kasar

Rayon twill cenderung memiliki tekstur yang sedikit kasar dibandingkan dengan katun. Meskipun demikian, tidak perlu khawatir, karena bahan ini tetap terasa lembut dan nyaman saat digunakan seharian.

7. Bahan yang Lentur

Rayon twill memiliki sifat kelenturan yang baik, memungkinkan kain ini mengikuti gerakan tubuh dengan mudah. Hal ini membuat rayon twill memberikan kenyamanan saat bergerak dan sangat sesuai untuk pakaian yang memerlukan mobilitas tinggi.

8. Kain Cenderung Sedikit Tipis

Secara umum, rayon twill dikenal sebagai bahan yang tipis. Meskipun demikian, kelebihannya adalah tidak tembus pandang dan tetap awet.

Baca Juga: Bahan Rayon Spandek: Ciri, Keunggulan, dan Penggunaannya

Apa Saja Kelebihan Bahan Rayon Twill?

Ini dia segudang alasan mengapa bahan rayon twill layak dijadikan unggulan oleh siapa saja, khususnya bagi pecinta fashion:

1. Kekuatan dan Ketahanan yang Unggul

Bahan rayon twill memiliki daya tahan yang kuat dan cocok digunakan dalam jangka panjang, termasuk dalam produksi tas yang memerlukan ketahanan ekstra.

2. Tidak Mudah Berkerut

Dengan jalinan benang yang rapat, bahan rayon twill tidak mudah berkerut, sehingga memudahkan dalam perawatan dan penggunaannya.

3. Fleksibilitas dalam Penggunaan

Kain ini dapat digunakan untuk berbagai produk, mulai dari atasan, luaran, hingga kebutuhan furniture. Bahkan, bahan ini cocok menjadi kain utama untuk produksi seragam kerja.

4. Pola Unik yang Menarik

Struktur jalinan diagonal pada bahan twill menghasilkan pola tenun yang khas dan menarik, memberikan tampilan elegan dan membedakan dari jenis kain lainnya.

5. Kualitas yang Terjamin

Karena bahan ini sangat serbaguna, maka sudah dapat dipastikan dari segi fitur saja menunjukkan mutu bahan yang berkualitas tinggi.

6. Mampu Menyerap Keringat

Rayon twill memiliki kemampuan menyerap keringat dengan baik. Oleh karena itu, saat mengenakan pakaian dari bahan ini, kamu bisa merasakan sensasi sejuk dan nyaman.

Baca Juga: Bahan Twill: Ciri, Kelebihan, dan Kekurangannya

Apa Saja Kekurangan Bahan Rayon Twill?

kekurangan bahan rayon twill

Sumber: Pinterest

Setelah tahu tentang kelebihannya, kamu juga mesti tahu apa yang jadi kekurangan dari kain rayon twill. Tentunya ini bisa jadi pertimbanganmu dalam memilih bahan utama pada pakaian. 

1. Warna Mudah Pudar

Rayon twill memiliki ketahanan yang kurang baik terhadap sinar matahari dan cahaya ultraviolet, menyebabkan warna dan tekstur kain dapat memudar lebih cepat jika sering terpapar sinar matahari secara langsung.

2. Mudah Menyerap Air

Ketika terkena air, serat-serat rayon akan mengembang dan menyebabkan kain menjadi lebih mudah kusut. Selain itu, struktur yang tidak teratur pada rayon twill juga menyebabkan kain ini lebih mudah kusut dibandingkan dengan kain yang memiliki struktur teratur, seperti katun.

3. Kurang Cocok untuk Cuaca Panas

Pakaian dengan bahan ini lebih cocok digunakan untuk cuaca lebih dingin. Sebab bahan ini dinilai kurang breathable bila dibandingkan dengan katun.

Jika bisa ditarik kesimpulan, karakteristik bahan rayon twill merupakan pilihan yang menarik dalam dunia fashion. Sebagai kain tipis, perlu diingat untuk dijaga lebih cermat agar kain tetap awet dan tidak mudah robek. 

Dengan berbagai pilihan pakaian fashion terbaru dan berkualitas, kamu bisa dapatkan pilihan yang sesuai dengan gaya dan preferensi. Jangan ragu untuk kunjungi Tshirtbar sekarang dan temukan penawaran menarik untuk melengkapi koleksi pakaian di lemari.

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222