Penyebab Kaos Putih Menguning dan Cara Mengatasinya

Kaos putih menguning bisa saja terjadi tanpa kita duga. Meskipun kita sudah sangat berhati-hati saat mencuci pakaian putih, seringkali pakaian putih dapat menguning seiring berjalannya waktu. Namun, jika kamu ingin tahu apakah ada cara untuk menghilangkan kuning pada pakaian putih, kamu ada di tempat yang tepat.

Sebagian besar kain putih dapat diputihkan dengan menggunakan produk pembersih seperti bleaching, deterjen penghilang noda, pemutih klorin, atau dengan cara alami. Simak saja artikel ini sampai habis untuk dapatkan informasi lengkap.

Apa Saja Penyebab Kaos Putih Menguning?

penyebab kaos putih menguning

Banyak faktor yang mengakibatkan baju putih jadi tidak seputih awal. Antara lain sebagai berikut: 

1. Pencucian yang Salah

Mengenakan pakaian putih berulang kali setelah lebih dari 2 kali penggunaan adalah faktor utama yang menyebabkan pakaian putih menguning, karena adanya pembusukan dan reaksi kimia yang tidak terlihat. 

Tak hanya itu, kebiasaan mencuci pakaian putih bersama dengan pakaian berwarna juga harus dihindari. Mencuci kaos putih bersama dengan pakaian berwarna dapat menyebabkan terjadinya pewarnaan berlebih atau transfer warna yang berpotensi membuat kaos putih menguning.

2. Memakai Deodoran

Banyak dari kita menggunakan deodoran secara rutin. Namun, perlu diketahui bahwa penggunaan deodoran secara berlebihan juga dapat menyebabkan pakaian putih kita menguning seiring berjalannya waktu. 

Hal ini disebabkan oleh reaksi kimia antara bahan kimia dalam deodoran dan keringat yang kemudian menghasilkan noda kuning pada pakaian. Lebih baik gunakan merek deodoran yang bebas aluminium seperti batu tawas.

3. Pengaruh Keringat dan Minyak

Noda kekuningan pada pakaian sebenarnya disebabkan oleh zat mineral, terutama berasal dari minyak tubuh dan keringat. Kombinasi ini menyebabkan terbentuknya noda kuning pada pakaian putih dan juga dapat mengakibatkan area kerah dan ketiak menjadi menghitam.

4. Terlalu Banyak Detergen

Meskipun deterjen digunakan untuk membersihkan pakaian, penting untuk menggunakan jumlah yang sesuai. Penggunaan deterjen yang berlebihan bisa mempercepat proses penguningan pada pakaian putih. Jadi, gunakan deterjen secukupnya saja.

5. Kualitas Air Kurang Baik

Periksa air terlebih dahulu sebelum kamu mulai mencuci pakaian putih. Bukan cuma berdampak pada kesehatan saja, air keruh juga bisa membuat baju putih cepat menguning.

Baca Juga: 5 Penyebab Baju Hitam Luntur dan Cara Mengatasinya

Bagaimana Cara Mengatasi Kaos Putih Menguning?

Jangan khawatir jika kamu punya baju kesayangan yang sudah kuning. Masih bisa diakali dengan cara berikut:

1. Pakai Baking Soda

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Metode pertama adalah dengan menambahkan baking soda langsung ke dalam mesin cuci. Jangan menambah baking soda ke dalam dispenser deterjen agar tidak menyumbat.

Metode kedua adalah dengan membuat larutan baking soda dan air, lalu rendam pakaian putih ke dalam larutan tersebut selama sekitar satu jam sebelum mencucinya menggunakan sabun.

2. Pakai Bleaching

Harus diingat bahwa penggunaan pemutih yang berlebihan dapat merusak kain. Meskipun pemutih dapat menjadi solusi cepat untuk menghilangkan noda, namun dalam jangka panjang, pemutih dapat menyebabkan pakaian putih Anda menguning dan melemahkan kain, membuatnya rentan terhadap robek. 

Selain itu, pemutih cenderung melemahkan serat pakaian dan mengembalikan polimer sintetik ke warna kuning aslinya. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan pemutih dengan sedikit atau tanpa kandungan klorin kecuali dalam kasus yang memang diperlukan.

3. Pakai Cuka

Gunakan cuka putih sebagai larutan atau sebagai tambahan saat mencuci. Cuka putih merupakan larutan asam yang bisa digunakan untuk mencerahkan pakaian putih. Selain kemampuannya dalam memutihkan, cuka putih juga dapat membantu menghilangkan bau pada pakaian,

Campurkan air panas dengan cuka putih dan rendam pakaian putih selama satu jam hingga semalaman. Atau bisa dengan cukup tambahkan 3 sdm cuka putih ke dalam mesin cuci.

Baca Juga: 5 Cara Mengembalikan Warna Jaket yang Pudar dan Tips Merawatnya

Bagaimana Cara Merawat Kaos Putih Agar Tidak Cepat Menguning?

cara merawat kaos putih agar tidak cepat menguning

Untuk merawat pakaian putih agar warnanya tetap awet dan tidak cepat menguning, bisa ikuti instruksi berikut:

1. Cara Pencucian

Jangan biarkan pakaian putih Anda terlalu lama sebelum dicuci, karena hal tersebut dapat menyebabkan perubahan warna menjadi kuning.

2. Cara Penyimpanan 

Pakaian putih adalah yang paling mudah kotor, jadi pastikan untuk menyimpannya dengan benar di dalam lemari pakaian. Periksa apakah tidak ada kotoran atau noda pada pakaian tersebut, dan pisahkan pakaian putih dari pakaian lainnya.

3. Cuci Secara Terpisah

Jangan mencampur pakaian putih dengan pakaian berwarna saat mencuci. Pastikan untuk memisahkan mereka sebelum mencucinya. Bahkan jika kamu punya beberapa pakaian putih dengan warna yang berbeda, lebih baik cucinya terpisah.

4. Jangan Terlalu Sering Dipakai

Jika kamu punya pakaian putih favorit, disarankan untuk tidak mengenakannya terlalu sering. Penggunaan yang berlebihan dapat membuat pakaian putih menyerap keringat dan cairan tubuh yang dapat menyebabkan perubahan warna menjadi kuning.

5. Rendam Sebelum Mencuci

Jika kamu ingin menjaga kecerahan pakaian putih, rendam pakaian tersebut dalam air hangat sebelum mencucinya. Hal ini akan membantu menghilangkan kotoran yang menempel pada pakaian.

6. Sesuaikan Suhu Air

Meskipun umumnya air panas dapat membantu menjaga kecerahan pakaian putih, pastikan untuk membaca petunjuk pembersihan pada label pakaian untuk mengetahui suhu yang tepat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Minyak di Baju

7. Cara Mengering Pakaian

Selain mencuci, proses pengeringan juga penting. Lebih baik menjemur pakaian putih di tempat yang terkena sinar matahari untuk mempertahankan kecerahannya. Anda juga dapat menggunakan mesin pengering dengan pengaturan yang sesuai.

Semoga tips mengatasi penyebab kaos putih menguning dapat berguna di kemudian hari. Jangan lupa untuk selalu gunakan pakaian berkualitas yang bisa kamu dapatkan di Tshirtbar sekarang juga!

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 225