Kain Blacu: Pengertian, Jenis, Karakteristik, dan Kelebihannya

Kain blacu adalah salah satu jenis kain yang populer di Indonesia. Biasanya kain ini digunakan sebagai kebutuhan souvenir atau kerajinan tangan. Walau terdapat kekurangan, kain blacu masih jadi daya tarik produsen dan konsumen sampai hari ini. 

Khusus di artikel ini kami membahas lebih lanjut tentang kain blacu. Mulai dari definisi, kelebihan, serta contoh produknya.

Apa Itu Kain Blacu?

Kain blacu adalah kain yang terbuat dari serat kapas yang dipintal dan ditenun membentuk pola kotak-kotak. Salah satu ciri khas dari kain ini adalah corak kotak-kotak sederhana dengan warna netral seperti hitam.

Awal mula kemunculan kain blacu dapat ditelusuri pada masa penjajahan Belanda di pulau Jawa. Pada saat itu, kain blacu katun hanya tersedia dalam warna putih. Namun, seiring berjalannya waktu, kain blacu kini hadir dalam berbagai warna dan pola yang lebih variatif. Tak heran bila kain blacu menjadi semakin populer, terutama bagi para produsen kerajinan tangan dan souvenir.

Baca Juga: 6 Jenis Bahan Tote Bag Terbaik yang Bisa Kamu Pilih

Apa Saja Jenis-jenis Kain Blacu?

jenis jenis kain blacu

Berikut adalah beberapa jenis kain blacu yang perlu kamu tahu. Antara lain:

1. Blacu PE

Jenis kain blacu yang terbuat dari bahan polyethylene atau polietilen. Kain ini punya sifat yang lebih tahan air dan lebih kuat daripada kain blacu biasa, dan cocok digunakan untuk keperluan outdoor.

2. Blacu Polos

Blacu yang tidak memiliki pola atau corak tertentu, dan umumnya digunakan sebagai bahan dasar untuk produk yang akan dicetak atau diwarnai.

3. Blacu Print

Kain blacu yang sudah dicetak motif atau ilustrasi pada permukaannya. Bisa untuk hadiah atau digunakan secara personal.

4. Blacu Twill

Blacu twill adalah kain mentah twill yang masih dalam tahap proses penenunan atau belum selesai sepenuhnya. Kain ini memiliki ketebalan yang signifikan dan serat kainnya cenderung berbentuk miring.

5. Blacu Kanvas

Blacu kanvas adalah hasil produksi setengah jadi dari kain kanvas. Kain blacu kanvas ini tersedia dalam beberapa jenis sesuai dengan tingkat ketebalannya. Tingkat ketebalan kain mempengaruhi tekstur dan seberapa kaku kain blacu tersebut. Jika kainnya semakin tebal, maka teksturnya semakin kaku juga, dan sebaliknya.

Baca Juga: 6 Jenis Kain Tote Bag dan Karakteristiknya

Bagaimana Karakteristik Kain Blacu?

karakteristik kain blacu

Kain yang unik tentu punya ciri khasnya sendiri. Begitu juga dengan kain blacu, diantaranya:

  • Ada pola kotak-kotak: Pola khas kain blacu adalah kotak-kotak sederhana dengan warna-warna netral.
  • Dibuat dari serat alami: Bahan pada kain blacu dibuat secara alami, tanpa ada campuran bahan sintetis sedikit pun.
  • Tekstur kain cenderung kasar: Blacu memiliki permukaan sedikit kasar dan serat yang menonjol.

Apa Saja Kelebihan Kain Blacu?

Terdapat banyak keunggulan yang bisa kamu temukan dari kain blacu, antara lain:

1. Bahan yang ramah lingkungan

Blacu adalah jenis kain yang terbuat dari kapas yang mudah terurai. Maka dari itu, penggunaan blacu dapat membantu dalam meminimalisir dampak negatif bagi lingkungan. Sebab sampahnya tidak akan menumpuk lama seperti halnya plastik.

2. Nyaman Digunakan

Dibuat dari serat kapas alami tanpa tambahan bahan kimia, kain blacu cocok untuk dipakai dalam waktu lama dan bisa di-recycle jadi apa saja.

3. Anti Alergi

Kain blacu bisa jadi opsi bagi mereka yang memiliki alergi terhadap kain tertentu. Hal ini karena kain blacu tidak akan menimbulkan alergi atau iritasi pada kulit, sehingga aman digunakan.

4. Punya Sifat Fleksibel

Bahan ini mudah dibentuk menjadi berbagai produk multi guna yang sesuai dengan keinginan pembuatnya. Tidak heran jika banyak produsen produk merchandise yang memilih blacu sebagai bahan utama.

5. Harga Murah

Harga yang murah jadi poin plus dari kain blacu. Dengan harga yang terjangkau, biaya produksi jadi lebih sedikit. Di satu sisi juga bisa menjangkau seluruh strata konsumen.

Baca Juga: Perbedaan Goodie Bag dan Tote Bag serta Tips Memilihnya

Apa Saja Kekurangan Kain Blacu?

Sama seperti benda apapun di dunia, kain blacu juga punya kelemahan, yaitu:

1. Kurang Pilihan Warna

Sebagai kain yang memiliki ciri khas pola kotak sederhana, warna yang digunakan untuk kain blacu memang cenderung netral. Oleh karena itu, pilihan warna jadi terbatas dan tidak sebanyak jenis kain lain. 

2. Tidak Tahan Lama

Kain blacu mudah rusak dan memiliki kekuatan serat yang lemah sehingga tidak tahan lama. Hal ini menyebabkan produk yang terbuat dari bahan ini kurang cocok untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

3. Gampang Kusut

Kain blacu perlu disetrika secara teratur karena rentan terhadap kerutan dan kusut. Namun, perlu diingat bahwa setrikaan yang terlalu panas dapat merusak serat kain dan bahkan mengubah warna kain.

4. Bahan Kaku

Kain blacu termasuk jenis kain yang kaku dan tidak cukup fleksibel, sehingga kurang nyaman untuk dibawa saat sedang beraktivitas dengan tingkat fleksibilitas tinggi.

5. Mudah Luntur

Beberapa metode pewarnaan pada kain blacu punya daya tahan yang terbatas, bahkan cenderung mudah luntur. Maka, disarankan untuk dicuci dengan air yang tidak panas serta bahan deterjen yang keras.

Apa Saja Contoh Penggunaan Kain Blacu dan Pemanfaatannya?

Sudah seperti yang dijelaskan di atas, kain blacu memang sering dijadikan sebagai bahan souvenir. Contohnya sebagai berikut:

1. Tote Bag

Tote bag blacu sering digunakan sebagai alternatif tas belanja karena dapat menampung banyak barang dan terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Tote bag blacu juga dapat dihias dengan berbagai pola dan warna, sehingga dapat memberikan kesan yang lebih kreatif dan unik.

Baca Juga: Apa Itu Tote Bag? Pengertian dan Fungsinya

2. Pouch Bag

Pouch biasanya digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang seperti kosmetik, alat tulis, atau aksesoris. Bahan blacu yang fleksibel dan mudah dijahit membuat tas blacu berupa pouch ini bisa dibuat dalam berbagai ukuran dan bentuk sesuai kebutuhan pengguna.

3. Goodie Bag

Jika kamu butuh souvenir untuk acara penting seperti pernikahan, seminar, atau konferensi pers, goodie bag dari blacu bisa dicetak dengan logo atau desain khusus yang sesuai dengan tema acara.

4. Sarung Bantal Sofa

Walaupun memiliki tekstur yang sedikit kasar, kain blacu tetap menjadi pilihan yang cocok untuk dipakai sebagai bahan pembuatan sarung bantal sofa. Sarung bantal yang terbuat dari bahan blacu ini dapat memberikan suasana yang ramah dan hangat di ruang tamu untuk kamu dan keluarga.

Bagaimana Cara Merawat Kain Blacu dengan Tepat?

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli kain atau kerajinan dari kain blacu, kamu disarankan untuk memahami cara merawatnya terlebih dahulu. Hal ini diakreakan belum banyak orang yang mengetahui cara merawat kain ini dengan benar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Sebaiknya hindari merendam kain ini saat mencucinya.
  • Kamu cukup membersihkannya dengan cara mengelap menggunakan kain yang basah.
  • Kemudian, hindari menjemur kain ini di bawah sinar matahari langsung.
  • Jangan menyimpannya di tempat yang lembab agar kain tidak berjamur.
  • Langkah terakhir, agar kain tidak sobek, jauhkan penyimpanan kain ini dari benda tajam.

Apa Perbedaan Kain Blacu dan Kanvas?

Setelah memahami penjelasan seputar kain blacu, mungkin diantara kamu masih bingung perbedaan antara kain blacu dengan kain kanvas, sebab kedua kain ini bisa dimanfaatkan menjadi barang yang serupa. Untuk mengetahui perbedaannya, berikut beberapa diantaranya:

1. Ketebalan Bahan

Dari segi ketebalan bahan, kain blacu cenderung lebih tipis dibandingkan kanvas. Proses produksi kain blacu tidak menggunakan teknik benang dua lapis, sehingga tidak setebal kain kanvas yang menggunakan teknik jahit tersebut.

2. Tekstur Bahan

Tektur kain blacu sedikit lebih kasar dibandingkan kain kanvas. Hal itu dikarenakan serat kain blacu bersifat lebih lebar dan renggang, sedangkan kanvas memiliki serat yang lebih rapat dan kecil sehingga lebih halus.

Itu tadi ulasan lengkap tentang kain blacu. Kesimpulannya, kain blacu adalah salah satu jenis kain yang bisa kamu manfaatkan jadi apa saja. Untuk mendapatkan produk dari bahan kain blacu terbaik, dapatkan segera di Tshirtbar.

CTA BANNER Merchandise

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222