6 Jenis Tinta Sablon yang Bisa Hasilkan Warna Terbaik

Tinta sablon merupakan komponen yang sangat vital dan penting dalam sebuah industri garmen. Jenis tinta sablon baik untuk sablon manual dan sablon DTG yang dipilih dapat mempengaruhi kualitas pakaian yang dihasilkan. Terutama dari segi warna yang dihasilkan.

Semakin baik kualitas bahan dasarnya maka akan semakin baik pula warnanya. Warna akan semakin terlihat jelas, tidak mudah luntur, kusam, dan tahan lama ketika berulang kali digunakan. Berikut beberapa jenis tinta sablon terbaik:

1. Tinta Rubber

Tinta rubber merupakan tinta dengan bahan dasar karet. Hal ini bisa Anda rasakan teksturnya saat Anda menyentuh hasil sablon ini yang begitu elastis dan padat. Tinta jenis rubber sangat cocok digunakan untuk semua jenis kaos. Selain itu juga bisa digunakan sebagai tinta dasar untuk kaos yang berwarna gelap sebelum ditimpa dengan tinta berwarna lainnya. Keutaman dari jenis tinta sablon ini selain menghasilkan warna terbaik, juga bisa dibilang tahan lama. Meskipun Anda mencucinya hingga berulang kali.

2. Tinta Plastisol

Tinta sablon yang juga sering digunakan adalah plastisol. Plastisol ialah tinta yang berbahan dasar minyak. Memang, menggunakan tinta ini akan memakan waktu proses pengeringan cukup lama dan akan susah kering jika suhunya kurang dari 160 derajat celcius. Namun, tinta ini akan menempel atau mengakar kuat pada kain yang digunakan.

Tinta plastisol lebih sering digunakan untuk proses sablon manual. Keunggulan lainnya selain tahan lama adalah kemampuannya dalam proses pencetakan desain. Khususnya untuk desain yang berukuran kecil dapat terlihat dengan jelas dan presisi. Maka tidak heran dengan kualitas yang cukup tinggi tersebut membuat jenis tinta sablon ini juga cukup tinggi di pasaran.

Baca Juga: Ini Cara Menghilangkan Noda Tinta yang Sudah Kering di Baju berwarna

3. Tinta Neo-Pigment Kornit

Selain cara manual, sablon juga dapat dilakukan dengan teknk DTG. Cara sablon ini merupakan singkatan dari Direct to Garment atau dengan pengerjaan menggunakan mesin printer besar yang menggunakan tinta khusus tekstil. Salah satu jenis tinta sablon DTG yang bisa menghasilkan warna terbaik adalah kronit.

Bahan dasarnya adalah 100% water based, sehingga sangat ramah lingkungan, bebas racun, dan sangat aman digunakan untuk pakaian bayi. Selain itu, tinta ini sangatlah adaptif terhadap jenis kulit manusia. Keunggulan dari segi warna, jenis tinta sablin ini memiliki intensitas pigmen yang tinggi. Sehingga warnanya tidak mudah luntur. Tinta kronit pun bisa digunakan untuk kaos atau pakaian yang berbahan terang maupun gelap.

4. Tinta Artistri Duppont

Jenis tinta sablon kaos DTG selanjutnya yang juga banyak dipilih oleh para pelaku bisnis garmen adalah artisrtri duppont. Bisa dibilang tinta ini sebenanrya adalah pelopor tinta yang digunakan untuk mesin DTG dari dulu hingga sekarang. Tinta asal Amertika Serikat tersebut dikenal karena kualitas tinta khususnya warna putihnya yang solid dan tebal.

Bahan dasar pembuatannya berbasis air dan inilah yang membuatnya cepat meresap pada kain. Dengan demikian warna yang dihasilkan akan nampak sangat cemerlang dan tahan lama serta tidak mudah luntur. Bila dipadukan dengan proses pre-treatment yang baik, jenis tinta sablon ini pun akan memiliki kekuatan yang semakin maksimal. Maka tidak heran banyak perusahaan garmen menggunakannya sebagai komposisi untuk kain berwarna gelap.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Tinta Di Baju Dengan Pasta Gigi

5. Tinta Superwhite

Sesuai dengan namanya, jenis tinta satu ini tentunya akan memberikan warna putih yang transparan ketika diaplikasikan pada kaos gelap. Sementara apabila diterapkan pada warna kaos terang, tinta superwhite akan menghasilkan kesan pudar.

Disamping itu, tinta superwhite bisa dengan cepat menyerap ke serat kain sehingga proses pengerjaannya akan cenderung lebih singkat. Kemudian, jenis tinta satu ini juga sangat cocok dipakai untuk penyablonan kaos dengan desain vintage atau klasik.

6. Tinta Image Armor

Tinta Image Armor terkenal karena cepat untuk mengering. Secara general jenis tinta sablon lain akan memerlukan waktu sekitar 120-180 detik dalam proses penyablonan. Sementara tinta jenis ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih 35 detik saja.

Itulah beberapa jenis tinta sablon yang mampu menghasilkan kualitas warna terbaik dan sering digunakan dalam industri garmen. Khususnya untuk sablon manual maupun sablon yang menggunakan mesin DTG.

Baca Juga: Sablon Rubber: Definisi, Kelebihan dan Kekurangannya

Di Tshirtbar, kami menyediakan berbagai kaos dengan tinta sablon digital berkualitas yang bisa Anda custom sesuai kebutuhan. Kunjungi toko kami secara offline di Jl. Abdul Majid Raya 6A, Cipete Utara, Kebayoran Baru Jakarta Selatan atau hubungi tim sales Tshirtbar untuk informasi selengkapnya!

Referensi:

CTA BANNER Custom

began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

2 responses to “6 Jenis Tinta Sablon yang Bisa Hasilkan Warna Terbaik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 224