Mengenal Jenis Lengan Baju

Baju memiliki beragam banyak model sesuai selera yang memakainya. Memilih baju merupakan hal yang sangat lumrah karena setiap orang punya preferensinya berbeda-beda. Model lengan baju dapat memberikan nilai dan kesan yang sangat berbeda kepada pemakainya.

Jenis lengan seperti apa saja yang tersedia dipasaran? Secara umum jenis lengan bisa dibagi berdasarkan panjang lengannya, lengan pendek, lengan panjang dan tanpa lengan (sleeveless). Namun dari setiap pembagian tersebut, ternyata masih ada beberapa varian lainnya yang membuat desain kaos jadi menarik dan memberikan identitas berbeda.

1. Lengan pendek

Jenis Lengan BajuIni adalah model lengan yang paling umum ditemukan di kaos. Di pasaran sebagian besar kaos yang diproduksi adalah lengan pendek. Biarpun rata-rata kaos adalah lengan pendek namun terdapat sedikit perbedaan pada bentuk lengannya. Mulai dari lengan yang agak ketat mengikuti lingkar lengan tersebut (body fit/slim fit) hingga yang bentuk lengannya agak besar dan menyisakan ruang.

2. Lengan panjang

Jenis Lengan BajuJenis lengan ini adalah yang kedua paling populer, karena banyak juga yang lebih senang memakai baju dengan lengan panjang. Terutama untuk model kemeja, di mana lengan panjang memberikan kesan yang lebih formal. Untuk kaos, model lengan panjang biasanya memiliki dua variasi yaitu yang biasa dan yang menggunakan rib di bagian pergelangan tangan.

Baca juga: Mengenal Jenis Kerah Baju

3. Lengan raglan

Jenis Lengan BajuJenis lengan ini sebenarnya tidak mengacu kepada panjang lengan tersebut melainkan pada bentuk jahitan sambungan antara kain lengan dengan kain badan. Model raglan memiliki letak jahitan yang menyilang pada bagian bahu depan dan belakang sehingga kain bagian lengan dan bahu masih menjadi satu kesatuan. Model raglan ini cukup populer dan biasanya menggunakan kombinasi warna kain berbeda untuk badan dan lengan. Kaos raglan juga seringkali disebut sebagai kaos baseball karena tim baseball mengenakan kaos ini balik jersey baseballnya.

Kaos raglan biasanya memiliki panjang lengan ¾ lengan pemakainya. Sehingga kaos raglan umumnya memiliki panjang lengan melewati sikut pemakainya namun tidak cukup panjang hingga pergelangan tangan. Tapi tidak sedikit juga kaos raglan yang memiliki lengan pendek atau lengan panjang.

Baca juga: 6 Jenis Kain Baju yang Perlu Kamu Tahu!

4. Lengan “cap” atau cap sleeve

Jenis Lengan BajuJenis lengan ini jarang ditemukan di kaos unisex atau model yang biasa dipakai pria, sebagai cap sleeve lebih cocok diaplikasikan pada baju perempuan. Bentuk cap sleeve lebih pendek dari lengan pendek biasa, sehingga lebih memperlihatkan bentuk lengan pemakainya. Biasanya lengan ini dipakai untuk kaos dengan fitting ladies.

5. Sleeveless

Jenis Lengan BajuTidak sedikit juga kaos yang dijual tanpa lengan sama sekali. Biasanya lebih sering digunakan untuk berolahraga seperti kaos dryfit. Namun perlu diketahui bahwa kaos tanpa lengan bukan berarti tergolong singlet. Sebab singlet biasanya masih memiliki panjang kain yang cukup menutupi bahu, sedangkan singlet biasanya menyisihkan sedikit kain dibagian bahu.

Baca juga: Jenis-jenis jaket hoodie

Semua jenis lengan baju bisa kita temukan di pasaran. Bahkan kita bisa memesan kaos dengan berbagai jenis lengan di Tshirtbar. Di Tshirtbar kami menyediakan bermacam jenis kaos polos, mulai dari kaos lengan pendek, kaos lengan panjang, kaos raglan, kaos ladies dan lain-lain. Kamu bisa memesan dengan bermacam pilihan warna bisa dicustom dengan desain yang kamu inginkan. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi link berikut https://tshirtbar.id/print-on-tshirts/ atau klik link berikut jika hendak bertanya langsung ke tim sales kami https://tshirtbar.id/pesan-sekarang/ 

Sumber: https://www.thefactshop.com/fashion-facts/t-shirt-sleeve-types 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *