6 Jenis Kain Baju yang Perlu Kamu Tahu!

Terdapat banyak sekali ragam kain baju yang ada di pasaran. Karena baju adalah produk yang memiliki ragam peruntukan. Biarpun beberapa bahan memiliki bahan dasar yang sama, namun proses tenun dan rajutnya dapat membuat bahan tersebut berbeda hasilnya. Sebelum membahas jenis jenis kain baju kita perlu menggaris bawahi, produk akhir apa yang kita ingin cari.

Katun untuk pembuatan kemeja, tidaklah sama dengan katun untuk pembuatan kaos. Oleh karena kita akan fokus ada bahan yang sering dipakai untuk kebutuhan seragam dan promosi. Berikut adalah jenis jenis kain baju yang tersedia di pasaran:

1. Kain Katun Combed

Kain ini adalah hasil dari penyisiran atau combing benang katun dan pengrajutan agar mendapatkan hasil kaos yang nyaman. Biarpun kain ini terbuat dari katun, namun hasil produksinya tidak sama dengan kain katun yang dipakai untuk kemeja. Katun combed cenderung lebih mudah stretch dan lebih lentur.

Jenis katun combed sendiri bermacam-macam tergantung dari ketebalan benangnya, contohnya adalah 30s, 24s, 20s dan lain-lain. Semakin besar angkanya, maka semakin tipis benangnya.

Baca juga: Mengenal Jenis Baju Pria

Kain ini juga sering dicampur dengan serat sintetis atau polymer alami seperti bambu, polyester, spandex, rayon dan lain-lain, untuk mendapatkan hasil kain yang unik.

2. Kain Katun Carded

Kain ini adalah tidak jauh berbeda dengan katun combed, namun yang menjadi pembeda utamanya adalah proses penyisiran benangnya. Kain carded melalui proses penggarukan atau carding.

Hasilnya, kain carded lebih kasar dari kain combed. Namun kain combed biasanya lebih murah karena biaya produksinya tidak setinggi kain combed.

Baca juga: Mengenal Macam-Macam Warna Kain

3. Kain Jersey Polyester

Selain kain katun yang biasa dipakai untuk memproduksi kaos dan lain-lain, kaos seringkali juga diproduksi menggunakan kain polyester. Benang ini terbuat dari bahan dasar sintetis buatan manusia. Kelebihan kain ini adalah daya tahannya yang lebih kuat karena serat poly mampu bertahan untuk waktu yang sangat lama. Dengan proses tenun (woven) kain bisa diproduksi dengan bermacam jenis corak motif, seperti bentuk berlubang kain dryfit.

Baca juga: Perbedaan Goodie bag dan Tote bag

4. Kain Drill

Kain adalah hasil produksi benang dengan bentuk arah serat diagonal. Bisa terbuat dari katun atau campuran dengan polyester, kain drill memiliki jalinan benang yang kuat dan terbukti karena pernah menjadi solusi kain utama untuk seragam tentara. Kain drill sering dipakai untuk memproduksi kemeja dan celana.

5. Kain Fleece

Kain ini merupakan hasil rajutan benang katun atau polyester, atau bisa juga campuran. Kain ini memiliki dua permukaan luar dalam yang jauh berbeda, sebab bagian luar yang tipis namun di bagian dalam lebih berbulu. Kain fleece biasanya dipakainya untuk memproduksi jaket.

6. Kain nylon atau parasut

Kain ini adalah hasil produksi benang sintentis yang terbuat dari bahan dasar buatan manusia. Mirip seperti polyester, kain ini biasanya lebih halus dan memiliki kerapatan benang yang sangat tinggi. Bahan kain ini sering dijadikan bahan dasar pembuatan jaket, tas atau keperluan khusus lainnya.

Di Tshirtbar kamu bisa memesan kaos, kemeja, jaket atau produk apparel dan garmen lainnya. Semua produk kamu bisa pesan menggunakan desain sendiri dan memiliki nilai jual yang tinggi. Kamu bisa memesannya dan dicetak dengan print DTF, DTG, Poliflex atau sublimasi. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website di www.tshirtbar.id atau hubungi sales kami untuk langsung bertanya atau memesan www.tshirtbar.id/pesan-sekarang

Sumber:

https://b-ori.kreasimultibisnis.co.id/penjelasan-bahan-kain-drill-lengkap/ 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *