Mengenal 7 Jenis-jenis Kain dan Sifatnya untuk Kaos

Jenis jenis kain dan sifatnya tentu memiliki keunggulan yang beda. Memilih jenis kain yang nyaman untuk bahan utama kaos adalah penting. Serta ada banyak pilihan untuk dipertimbangkan. Jangan sampai melewatkan kualitas bahan hanya demi nilai estetika semata. Kaos dengan bahan terbaik juga pastinya punya andil besar terhadap kenyamanan pemakai.

Produk pakaian seperti kaos merupakan satu produk wajib yang harus kamu koleksi. Bentuknya sederhana, namun bisa jadi pakaian yang serba guna. Kamu bisa memakai kaos baik secara tunggal maupun sebagai dalaman.

Kenali beberapa jenis kain serta telusuri lebih adem supaya kamu tidak salah beli. Tentunya dari situ kamu bisa di pilih mengikuti kebutuhan.

Apa Saja Jenis-jenis Kain dan Sifatnya untuk Kaos?

jenis jenis kain dan sifatnya untuk kaos

Terdapat banyak jenis kain yang bisa digunakan untuk membuat kaos. Jenis kain yang berbeda ini akan memiliki sifat yang berbeda, jadi penting untuk memilih jenis kain yang tepat untuk kaos Anda.

Adapun dua jenis kain yang jadi bahan paling umum untuk produksi kaos. Kedua dari jenis tersebut antara lain:

  • Katun: Kain ini termasuk yang paling umum digunakan dalam kaos, karena lembut dan tidak mudah bau. Katun juga hypoallergenic, yang membuatnya menjadi pilihan tepat bagi siapa saja yang memiliki alergi atau sensitivitas. Kaos katun juga mudah dirawat: cukup cuci dengan air dingin dan gantung hingga kering setelah dipakai. Kemeja katun menawarkan kenyamanan dan sirkulasi udara sekaligus cukup tahan lama untuk dipakai sehari-hari. Harga yang ditawarkan pun mudah dijangkau semua kalangan.
  • Polyester: Bahan polyester adalah pilihan populer lainnya untuk kaos karena tahan lama dan tahan kerut. Kaos dengan polyester sangat bagus jika akan dikenakan lebih dari sekali sebelum dicuci. Kain tersebut juga cenderung memiliki sifat yang lebih elastis daripada katun, menjadikannya pilihan yang baik. Terlebih kamu suka dengan kaos yang akan mempertahankan bentuknya dari waktu ke waktu, tanpa jadi melar akibat pencucian berulang.

Baca Juga: Jenis-jenis Kain Katun Ini Membuat Baju Jadi Nyaman Digunakan

Dari kedua bahan tersebut, terdapat beberapa turunan lagi yang sering ditemukan sebagai bahan utama kaos. Antara lain sebagai berikut:

1. Cotton Combed

Bahan katun ini adalah jenis serat kapas yang diperoleh melalui proses penyisiran. Tahap pembuatannya dimulai dengan menyisir benang kapas secara hati-hati. Tujuannya adalah untuk menghilangkan serat kasar dan kotoran dalam benang kapas. Bahan dari cotton combed adalah 100% serat kapas murni dan telah diproses dalam waktu yang lama. Jadi tidak heran jika bahannya bagus dan alami.

2. Eco Cotton

Eco Cotton adalah bahan lain yang umum digunakan untuk kaos polos dengan sablon. Kualitasnya lebih unggul dari viscose dan teteron, karena kandungannya lebih banyak atau sama dengan polyester. Hal ini membuat kaos berbahan Eco Cotton jadi terasa lebih adem

3. Modal Cotton

Modal Cotton adalah kain yang terbuat dari campuran serat modal dan serat kapas Bahan modal merupakan serat sintetis yang dihasilkan dari selulosa kayu dan diproses melalui proses kimiawi. Bahan modal dianggap lebih lembut dan lebih nyaman daripada serat sintetis lainnya. Kaos dari modal cotton juga punya daya serap keringat yang lebih baik dibandingkan dengan kapas.

4. Bamboo Cotton

Kain katun bambu adalah bahan yang terbuat dari serat bambu dan kapas. Punya perbandingannya antara 70% benang bambu dan 30% serat kapas, bahan ini lebih tebal dari cotton combed. Wajar bila termasuk ke dalam kategori premium.

5. Heavy Cotton

Meskipun namanya heavy cotton, tapi bukan berarti berat dipakai. Nyatanya bahan tersebut nyaman dipakai seharian meski cuaca sedang panas. Jenis bahan tersebut sudah jadi primadona sejak satu tahun belakang, tepatnya di tahun 2022 sampai sekarang.

6. PE Soft

PE Soft adalah hasil inovasi dari kain polyester. Tekstur yang didapatkan mirip dengan kain katun. Walau begitu, PE Soft punya permukaan lebih tipis serta daya serap keringat yang setara dengan cotton combed. Harga yang dipatok pun terjangkau walau untuk produksi secara masif.

7. Dryfit

Terakhir ada bahan dry fit yang biasa dipakai untuk kaos olahraga. Misalnya produk jersey atau baju lari. Sirkulasi udara sangat baik dan lebih fleksibel saat melakukan banyak gerakan.

Baca Juga: Mengenal 11 Jenis Kain yang Nyaman Dipakai Sehari-hari

Bagaimana Tips Memilih Jenis Kain yang Nyaman untuk Kaos?

tips memilih jenis kain yang nyaman untuk kaos

Kaos adalah baju pokok dalam lemari pakaian semua orang. Dengan begitu banyak jenis kain di luar sana, mungkin sulit untuk mengetahui mana yang tepat untuk koleksimu. Berikut ini adalah cara pilih bahan yang tepat dan nyaman.

1. Tentukan Pola Kaos

Hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan adalah apakah kamu ingin kaos berlengan pendek atau panjang. Hal ini penting karena bisa mempengaruhi berapa banyak kain yang perlu dipotong dari setiap kaos, dan seberapa panjang kain yang dibutuhkan.

2. Kenali Tekstur Bahan

Mengetahui karakter dari kain yang akan dibuat kaos tentu harus bisa dipertimbangkan dengan matang. Beberapa kain ada yang cocok untuk dipakai santai atau aktivitas berat. Tergantung dari tingkat ketahanan dan elastisitas.

3. Daya Serap

Maksud dari fleksibel adalah bagaimana kaos bisa dibuat secara personal. Dari bahan tersebut bisa mempengaruhi jenis printing apa yang cocok untuk dibuat custom desain kaos. Selain dari segi desain juga adalah daya serap keringat saat dipakai.

@tshirtbarid

Kaos warna hitam buat kamu makin keren, ditambah dengan desain Jepang yang menarik. Bahan yang tidak panas dan lembut, akan lebih nyaman saat dipakai. Masih banyak macam motif lainnya!! 🎌🗾

♬ NOTHING – Westover

4. Lembut

Bahan kaos yang kasar tidak akan nyaman digunakan dalam waktu lama. Faktor tersebut juga bisa mempengaruhi kesehatan pada kulit badan dan lengan. Jadi, pastikan tekstur tidak kasar agar tidak terserang alergi atau gatal.

Baca Juga: Jenis Kain Waterproof (Anti Air) untuk Pakaian Sehari-Hari

Oleh sebab itu, perlu untuk mengenal jenis-jenis kain dan sifatnya sebelum memproduksi atau membeli kaos. Semoga tips di atas juga bisa memberi dampak positif bagi Anda. Bagi Anda yang ingin memesan kaos secara custom dengan bahan kain berkualitas, silakan hubungi tim sales Tshirtbar di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222