5 Jenis-jenis Jersey Bola yang Ada di Pasaran

Jenis jenis jersey bola punya fungsi berbeda, tergantung dari desain serta bahan baju. Sepak bola adalah salah satu jenis olahraga paling digemari di seluruh dunia, jadi tak heran bila jersey punya peran penting di cabang olahraga satu ini.

Maka dari itu, kami akan bahas tentang bahan dan desain yang digunakan pada jersey sepak bola. Simak terus artikel ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang model jersey sepak bola yang perlu kamu tahu.

Apa Saja Jenis-jenis Jersey Bola yang Ada di Pasaran?

Jersey bola juga punya banyak ragam model, tergantung kebutuhan di lapangan serta aspek lain yang mendukung. Berikut pilihannya:

1. Jersey Replika

Jersey satu ini tersedia dalam model yang mirip dengan jersey asli yang dikenakan oleh pemain, namun diproduksi dengan standar lebih rendah. Karena para penggemar tidak bertanding di lapangan, maka penggemar tidak perlu jersey dengan performa baik.

Model ini biasanya diproduksi oleh pihak ketiga, bukan oleh merek resmi yang memproduksi jersey asli. Maka dari itu, pola dan detail pun hampir identik. Jadi wajar saja bila harga yang dipatok pun lebih terjangkau dan kualitasnya tidak sebagus aslinya.

2. Jersey Training

Sesuai dengan namanya “training”, jersey ini dipakai para pemain selama sesi latihan di lapangan atau saat melakukan persiapan fisik dan mental untuk pertandingan. Desain yang dihadirkan pun sederhana dan tidak seramai jersey pertandingan, tetapi tetap memenuhi kriteria untuk pemain bisa merasa nyaman dan bergerak dengan leluasa selama latihan.

Bukan itu saja, bahan yang dipilih juga lebih ringan dan cepat kering untuk menyerap keringat lebih baik, serta sirkulasi udara yang lebih lancar saat digunakan dalam waktu yang lama. Jersey training juga hadir dalam berbagai warna dan model supaya dapat disesuaikan dengan tim sepak bola.

3. Jersey Custom

Selanjutnya ada jersey yang dapat dirancang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Dimana mereka bisa tambahkan nama dan nomor pemain, logo klub atau bahkan desain khusus lainnya.

Jersey custom umumnya dibuat dengan menggunakan teknologi DTF, Polyflex, Sublim. Proses ini memungkinkan konsumen untuk punya kreasi desain unik dan khusus, serta bisa dibeli walau hanya satu saja.

Tentunya, jersey custom menghadirkan pengalaman beda untuk memamerkan dukungan pada tim bola kesayangan.

4. Jersey Home

Dipakai oleh tim tuan rumah atau “home team” saat bertanding di lapangan kandang. Secara umum punya warna dasar yang sama dengan warna khas dari klub tersebut, agar mudah dikenali oleh penonton.

Terdapat identitas dari klub, dan punya desain yang khusus dengan logo klub, sponsor, nomor pemain, dan nama pemain. Desain dari jersey satu ini juga dapat mengalami perubahan seiring waktu berjalan, tergantung pada kebijakan klub atau permintaan dari penggemar.

Baca Juga: Contoh Kaos Jersey Sepeda Keren Buat Anda

5. Jersey Bola Wanita

Terakhir, ada jersey bola wanita yang dirancang secara khusus untuk digunakan oleh tim sepak bola wanita. Siluet pada pakaian pun mengikuti bentuk tubuh wanita, sehingga tampak beda dari jersey bola untuk pria. 

@tshirtbarid

Dikala momen pertandingan bola dunia plus menyambut kegiatan akhir tahun. Jangan sampai kelewatan promo potongan kaos jersey bebas custom yang bisa kamu pakai bersama teman-teman!! 🔥😎

♬ sonido original – Alexis

 

Bahan yang dipilih cenderung lebih ringan dan fleksibel, untuk memberikan kenyamanan dan bebas gerak yang optimal selama bermain sepak bola. Urusan desain dan warna, jersey bola wanita dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan maupun kebijakan dari tim.

Apa Saja Bahan Kain yang Cocok untuk Jersey Bola?

bahan kain yang cocok untuk jersey bola

Terdapat dua bahan jersey bola yang biasanya dibuat oleh para produsen jersey. Diantaranya adalah bahan berikut:

1. Bahan Dryfit

Kain sintetis seperti dryfit punya kemampuan khusus untuk menyerap keringat dari kulit dan cepat kering. Bahan ini dilengkapi dengan pori kecil untuk memperlancar sirkulasi udara yang baik, sehingga kulit tetap kering dan nyaman selama beraktivitas olahraga. 

Selain itu, menggunakan bahan dryfit pada jersey sepak bola dapat meningkatkan daya tahan dan gampang dirawat. Sebab pada dasarnya, dryfit tidak mudah mengkerut. Para pemain juga bisa jadi lebih leluasa bergerak karena bahan dryfit dikenal elastis.

2. Bahan Katun

Penggunaan bahan cotton pada jersey sepak bola tidak disarankan bagi para pemain bola. Hal ini karena baju mudah basah dan berat, serta memicu rasa tidak nyaman selama bermain sepak bola. Maka dari itu, biasanya bahan ini kerap digunakan sebagai jersey khusus merchandise bagi para fans.

Baca Juga: Bahan Jersey Premium yang Perlu Anda Tahu

Bagaimana Tips Memilih Jersey Bola Berkualitas?

tips memilih jersey bola berkualitas

Selayaknya memilih kaos lainnya, ada cara jitu untuk memastikan bahwa jersey bola yang dipilih sudah memenuhi kriteria berikut:

1. Pilih Toko Trusted

Tempat jual jersey terpercaya biasanya punya standar kualitas yang tinggi dan konsisten selama bertahun-tahun.

2. Detail Bahan

Pilih kaos bola yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan tahan lama seperti dryfit. Tujuannya untuk menjamin kenyamanan penggunaan yang optimal, ketahanan terhadap kerusakan, serta mudah dirawat. Bahan berkualitas akan memberikan kenyamanan saat digunakan dan mampu bertahan dalam jangka waktu lebih lama.

3. Detail Ukuran 

Demi kenyamanan maksimal, pastikan ukuran yang dipilih sudah sesuai dengan ukuran tabel yang diberikan oleh penjual.

4. Fitur Bahan

Amati fitur khusus seperti bahan yang cepat kering, sirkulasi udara lancar, dan formula anti-bakteri. Fitur tersebut bisa meningkatkan kinerja saat menggunakan kaos bola.

Baca Juga: 5 Rekomendasi dan Tips Membuat Desain Jersey Lengan Panjang

5. Punya Sifat Anti Bakteri

Fitur ini berpengaruh pada rasa nyaman ketika bergerak, karena tujuannya adalah agar tidak gatal apalagi saat keringat sedang mengucur deras.

Berikut tadi penjelasan lengkap tentang jenis-jenis jersey sepak bola dan tips menggunakannya. Sekarang kamu sudah tidak perlu lagi untuk miliki segera jersey sepak bola di Tshirtbar.

CTA Banner Sportswear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222