Mengenal Jenis Jaket Parka dan Bahannya

Biarpun namanya belum tentu dikenal semua orang, jaket parka adalah jaket yang sangat umum dan banyak dimiliki masyarakat. Jaket parka ditemukan oleh suku dan penghuni asli pulau Greenland. Biasanya mereka pakai untuk melindungi diri mereka dari suhu ekstrim dari belahan utara bumi ini. Dulu jaket parka dibuat dengan bahan kulit hewan dan semakin hari terbuat dari bahan berbeda termasuk nylon, polyester dan katun. 

Model jaket parka biasanya memiliki beberapa ciri khas yang unik, yang pertama adalah memiliki hoodie atau pelindung kepala, memiliki bulu kerah atau bagian leher, kerah biasanya tinggi melingkari areal leher, berbahan yang mampu melindungi pengguna dari cuaca dingin dan ekstrim.

Jaket parka seringkali disebut dengan istilah Anorak, dan memiliki penggunaan yang umum di kalangan militer karena dianggap praktis dan fungsional oleh personel militer. Jaket ini sempat populer di tahun 1970 dan 1980an, sebelum akhirnya meredup, namun mulai populer dan ngetrend lagi di tahun 2000an. Jaket parka juga sering menjadi trend fashion di lingkungan Britpop di Inggris, di mana band ternama Oasis sering memakai jaket Parka untuk beraksi di panggung.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Bandel di Baju

Untuk pemilihan bahan, jaket parka menggunakan bahan yang bervariasi. Bahan mulai dari kulit asli hewan, polyester, nylon dan katun serta bermacam-macam jenis campurannya. Di jenis bahan polyester dan nylon sendiri memiliki banyak sub variasi bahan yang bermacam-macam, tergantung handfeel, daya tahan air, tekstur dan ketebalan bahan.

Bahan yang paling umum dipakai untuk pembuatan jaket parka di Indonesia adalah:

1. Bahan Parasut WP

jenis jaket parkaBahan parasut adalah bahan dengan serat microfiber yang sangat tipis dan memiliki coating waterproof yang membuat bahan ini sangat sulit untuk ditembus air. Biarpun bahan ini sulit untuk ditembus air, tapi bahan Parasut WP tetap tipis, lentur dan ringan. Sehingga membuat penggunanya tetap nyaman.

2. Bahan Despo/NS

jenis jaket parkaBahan ini sepintas mirip dengan bahan parasut namun lebih halus dan lentur. Perbedaan yang paling besar pada bahan ini adalah tidak memiliki coating waterproof yang seperti ada pada bahan Parasut WP. Sehingga bahan ini hanya memiliki karakteristik water repellent. Bahan ini sangat nyaman dan cocok dipakai untuk sehari-hari. Bahan ini mulai dipakai karena jaket parka juga populer untuk dipakai di belahan bumi yang bercuaca tropis dan dipakai untuk melindungi diri dari debu, hujan gerimis dan matahari yang menyengat.

3. Bahan Taslan

jenis jaket parkaBahan ini memiliki karakteristik tebal dan cenderung kaku, namun memberikan perlindungan lebih kepada penggunanya. Bahan ini pun memiliki bermacam jenis variasi sendiri, mulai dari poly taslan, taslan milky, taslan heavy dan lain-lain. Masing-masing dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Biasanya tergantung pada kemampuan jaket tersebut menahan air. Semakin tebal dan kaku biasanya memiliki daya tahan air yang paling tinggi.

Baca juga: Apa itu Bahan Babyterry? Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

Dari semua jenis bahan tersebut ada juga yang menggabungkannya dengan bahan lain seperti lapisan dalam untuk membuat penggunanya lebih nyaman dan terlindungi.

Di Tshirtbar kami menjual jaket parka yang cocok dipakai untuk cuaca Indonesia, sehingga bisa dipakai untuk sehari-hari. Modelnya pun modis dan trendy sehingga bisa dipakai untuk bermacam acara. Jenis jaket yang dijual mulai dari yang bisa dilipat, model cagoule, yang memiliki lapisan dalam dan jaket bolak balik.

Baca juga: Perbedaan Hem dan Kemeja

Jaket-jaket ini juga bisa dicustom dengan desain kita sendiri karena bisa diprint menggunakan print DTF atau print sublim yang bisa meresap ke serat kain bahan jaket. Untuk info lebih lanjut, kunjungi link berikut https://tshirtbar.id/print-jaket-parka/ atau langsung lakukan pemesanan dengan menghubungi sales kami di https://tshirtbar.id/pesan-sekarang/ 

Pemesanan juga bisa dilakukan via tokopedia kami di https://www.tokopedia.com/tshirtbar/etalase/jaket-lipat 

Atau shopee Tshirtbar di https://shopee.co.id/tshirtbarid 

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Parka 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *