Yuk, Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Jenis Bahan Jersey untuk Kaos

Jersey merupakan kain rajutan yang digunakan terutama untuk pembuatan pakaian. Awalnya terbuat dari wol, namun sekarang terbuat dari wol, kapas, dan serat sintetis. Jenis bahan jersey sendiri punya nama baik di kalangan pecinta kaos. Yuk, cari tahu kelebihan dan kekurangan jenis bahan yang satu ini untuk kaos berikut!

Apa Itu Bahan Jersey?

Bahan jersey pertama kali berasal dari sebuah pulau Jersey yang lokasinya berada diantara negara Perancis dan Inggris. Pada awal kemunculannya, kain ini terbuat dari serat benang wol, namun seiring dengan berkembangnya zaman, bahan jersey adalah salah satu jenis kain rajut yang kerap digunakan bahan pembuatan industri konveksi. Saat ini, bahan jersey lebih sering dijadikan sebagai campuran bahan antara sintetis dan juga serat katun.

Bisa dibilang kain ini memiliki tampilan yang cukup baik, sebab mempunyai karakteristik bahan yang cukup tebal, tekstur kain halus, serta tidak berbulu. Selain itu, bahan jersey juga bisa terkesan lebih elegan saat digunakan karena kain ini dapat mengikuti bentuk tubuh penggunanya. Akan tetapi, bagi Anda yang kurang suka memperlihatkan bentuk tubuh, sebaiknya memilih kain jersey yang ukurannya lebih besar dan juga tebal.

Jenis-jenis Bahan Jersey

Setelah memahami apa itu bahan jersey, Anda juga perlu mengetahui beberapa jenis bahan jersey agar tidak salah memilih bahan dasar pakaian, berikut diantaranya:

1. Jersey Drifit

Jenis jersey dry fit atau drifit adalah jenis kain jersey yang terbuat dari kombinasi bahan cukup banyak. Kombinasi bahan yang dipakai dalam pembuatan jersey drifit terdiri dari nilon, campuran serat katun, dan serat polyester. Oleh karena itu, saat digunakan jersey drifit akan terasa lebih adem.

Biasanya bahan jersey drifit digunakan pada kaos-kaos olahraga, seperti kaos sepak bola, bulutangkis, dan basket, dan lain-lain. Terlebih lagi pilihan warna dari jenis jersey ini cukup beragam, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk tidak menemukan warna yang cocok.

Baca Juga: 5 Jenis-jenis Jersey Bola yang Ada di Pasaran

2. Jersey Serena

Jenis bahan jersey serena bisa dibilang hampir mendekati kualitas kain yang banyak dipakai oleh merek fashion terkenal di dunia. Bahannya yang lembut, elastis, dan mampu menyerap air dengan baik membuat kain ini kerap digunakan untuk membuat kaos atau seragam olahraga. Selain itu, walaupun bahan kain ini cukup tebal, namun saat dijemur akan cepat kering.

3. Jersey Stella

Jersey stella juga dikenal dengan kualitasnya yang sangat baik, sehingga harga dari kain jenis ini dibanderol cukup tinggi. Maka dari itu, jersey stella lebih sering ditujukan kepada target konsumen menengah ke atas, sehingga membuat para pedagang terkadang memberikan sebutan pada bahan kain ini sebagai jersey super. Meski harganya cukup mahal namun tentunya sebanding dengan kualitasnya, yakni bahannya adem, tekstur kainnya cukup lembut serta jatuh.

4. Jersey High Twist

Jenis jersey berikutnya adalah high twist yang memiliki beragam varian warna khususnya warna-warna cerah. Bahkan, variasi warna tersebut tersedia dalam jumlah lebih dari 20-30 pilihan warna. Selain itu, rajutan dari jenis kain jersey ini terbilang cukup mengkilap.

Secara umum, jersey high twist memiliki dua jenis, yakni untuk dibuat kaos dan tenun. Bahan jersey high twist yang tipe kaos biasanya akan lebih mudah melar. Sementara bahan jersey high twist dengan tipe tenun tidak bersifat melar, sehingga sering dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan jas atau blazer.

Kelebihan Jenis Bahan Jersey untuk Kaos

Mengapa Anda memilih kaos yang terbuat dari jenis kain jersey dibanding jenis kain lain? Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, terutama jika Anda seorang traveler atau pelancong bisnis yang sering bepergian:

1. Kainnya Tidak Kusut

Saat berpergian, Anda tentu harus packing. Terkadang, Anda terpaksa meluangkan waktu ekstra untuk mengatur posisi pakaian agar tidak kusut. Nah, dalam hal ini kaos yang terbuat dari bahan jersey memiliki keunggulan. Berkat kainnya yang tidak kusut, Anda bisa menggulung baju jersey Anda di tas ransel tanpa perlu khawatir akan kusat. Anda bisa langsung mengenakannya tanpa perlu disetrika.

2. Jenis Bahan yang Anti Pudar

Jersey merupakan jenis bahan kaos yang anti-pudar. Warna kaos yang terbuat dari bahan jersey bisa bertahan lama bahkan setelah penggunaan jangka panjang. Jadi itu berarti, rok atau atasan Anda tidak akan terlihat dan terasa terlalu tua dalam waktu dekat.

3. Kainnya Fleksibel dan Elastis Tanpa Distorsi

Kaos yang terbuat dari jenis bahan ini sangat fleksibel dipakai. Mampu menyisir lekuk tubuh Anda, tidak melekat padanya.

4. Bahannya Sejuk

Menjanjikan kenyamanan terbaik bahkan dalam kondisi yang sangat lembap. Jika Anda cenderung banyak berkeringat, tidak ada yang lebih baik dari jenis bahan ini untuk membuat Anda tetap dingin dan tidak lengket.

Baca juga: Delapan Jenis Bahan Polyflex yang Perlu Diketahui

5. Mudah Dicuci

Banyak jenis bahan kaos yang perlu hati-hati dalam dicuci. Anda tidak perlu bingung mencuci kaos berbahan jersey karena mudah dicuci dengan mesin. Sehingga memungkinkan Anda merawat barang favorit Anda dengan mudah.

6. Nyaman Dipakai

Jenis bahan jersey nyaman digunakan karena bahannya dingin dan jatuh. Anda pun tidak perlu khawatir kaos akan menggembung saat dikenakan. Dengan begitu, tampilan kaos pun akan lebih menarik dan membuat nyaman.

7. Pilihan Warna Bervariasi

Anda suka menggunakan kaos dengan warna yang beragam? Kaos berbahan jersey layak dipertimbangkan karena tersedia dalam beragam warna pilihan. Mulai dari warna cerah hingga warna gelap bisa Anda pilih sesuai keinginan.

8. Harga yang Terjangkau

Ada beberapa jenis kaos yang dibanderol dengan harga tinggi. Bila Anda mencari bahan kaos yang berkualitas namun tidak terlalu mahal, maka jenis bahan ini wajib dipertimbangkan. Harga jenis bahan ini tidak terlalu mahal, sesuai dengan kualitas bahan dan kenyamanan yang ditawarkan.

Baca juga: Keuntungan Membuat Kaos Jersey Full Print untuk Tim Anda

Kekurangan Jenis Bahan Jersey untuk Kaos

Berbagai kelebihan jenis bahan jersey membuatnya menarik untuk dipilih. Namun, sama seperti jenis bahan kain lainnya, jersey juga punya sedikit kekurangan. Yakni:

1. Bisa Jadi Lebih Berat

Untuk jenis pakaian tertentu, seperti hijab, jenis bahan ini bisa jadi lebih berat. Khususnya bila dibandingkan dengan jenis kain populer untuk hijab seperti sifon, wolfis, atau diamond.

2. Serat Kain Tipis dan Transparan

Kondisi ini bisa terjadi bila Anda tidak memilih kualitas Premium. Namun bila memilih kaos dengan jenis bahan premium, kualitas bahan dan ketebalan serat kainnya tidak perlu diragukan.

Memiliki lebih banyak kelebihan dibanding kekurangan, jenis bahan jersey layak dipertimbangkan. Semoga bermanfaat!

Referensi:

  • https://www.gramedia.com/best-seller/bahan-jersey/#1_Jersey_Drifit

CTA BANNER Custom

began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222