Mengenal Jenis Bahan Jaket

Jaket adalah baju yang dikenakan di lapisan paling lua, seringkali juga disebut sebagai outerwear. Tujuan pemakaian jaket biasanya untuk melindungi dari faktor cuaca yang ekstrim, seperti dingin, hujan dan angin. Namun tidak jarang juga jaket dipakai untuk melindungi kulit dari sinar UV, debu dan polusi atau sebagai pengganti APD agar kulit tidak mudah terekspos virus dan bakteri.

Bahan jaket sangat banyak ragamnya, masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing. Bahan dasarnya biasanya terbuat dari katun, polyester, campuran atau nylon. Biasanya tidak ada satu jaket yang cocok untuk semua fungsi, setiap bahan jaket diperuntukan untuk tujuan yang cukup spesifik.

Namun pada umumnya, bahan sintetis (polyester dan nylon) terbukti lebih cocok dipakai untuk pembuatan jaket karena lebih mampu menahan cuaca dan awet. Biarpun jaket polyester lebih tipis namun memberikan rasa hangat.

Berikut adalah bahan jaket yang umum dipakai untuk pembuatan jaket:

Bahan dasar katun

  1. Fleece cotton
    Bahan fleece adalah bahan yang memiliki dua sisi, sisi dalamnya berbulu dan hangat, sedangkan bagian luar lebih licin dan lembut. Bahan ini memiliki gramasi yang tebal dan terbukti memberikan rasa hangat bagi penggunanya. Bahan ini tergolong mahal untuk diproduksi, sering dipakai untuk hoodie dan zipper hoodie.
    Jenis Bahan Jaket
  2. Baby Terry
    Bahan baby terry sepintas mirip dengan fleece cotton namun lebih tipis dan bagian dalamnya sedikit banyak mirip dengan serat handuk. Bahan ini sering dipakai untuk cardigan.

Baca juga: Jenis bahan Baju

Bahan dasar polyester dan nylon (bahan sintetis):

  1. Fleece PE
    Bahan ini memiliki fitur serupa dengan fleece cotton, namun terbuat dari serat polyester. Alasannya bisa disebabkan oleh biayanya yang lebih murah. Namun dari segi kenyamanan, fleece cotton masih lebih unggul.
  2. Lotto
    Bahan ini adalah bahan yang diambil dari nama brand Lotto. Jaket ini biasanya dibuat untuk jaket tracksuit setelan dengan celana karena bahannya yang tidak terlalu tipis dan cukup nyaman.
  3. Micro/Despo/NS
    Bahan ini adalah campuran bahan nylon dan polyester, memiliki kemampuan tahan air seperti daun talas water repellent. Namun tidak cukup tahan air 100%. Bahan ini sangat halus dan cukup breathable sehingga tidak terlalu panas saat dipakai. Salah satu kelebihan bahan ini adalah mampu menerima proses cetak sublim karena bahannya yang halus dan tahan panas, sehingga bisa dicetak dengan printing fullprint.
  4. Parasut WP
    Jenis Bahan JaketBahan ini memiliki kode yang spesifik yaitu WP, dimana ini memiliki lapisan coating khusus yang membuat bahan ini waterproof.
  5. Taslan
    Bahan taslan lebih tebal dari bahan sebelumnya, dan punya kemampuan menahan air lebih baik. Namun bahan taslan sendiri ada yang water repellent dan waterproof. Semakin mampu menahan air, maka juga semakin tebal dan kaku.

Baca juga: Cara Mencuci Jaket Kulit Sendiri yang Benar

Di Tshirtbar kamu bisa memesan berbagai macam jenis jaket yang juga memiliki bermacam bahan. Mulai dari hoodie premium cotton fleece yang eksklusif, hoodie PE fleece yang lebih murah, jaket lipat, jaket 2in1 in bisa dipakai bolak balik, jaket dengan lapis dalam dan lain-lain.

Baca juga: 5 Jenis Jaket Pria yang Perlu Kamu Ketahui

Semua jaket tersebut bisa dicustom dengan desain sendiri, menggunakan printing DTF dan sublime untuk jaket yang berbahan dasar sintetis. Jaket bisa dipesan tanpa minimum order.

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi link berikut https://tshirtbar.id/print-jaket-satuan/ dan lakukan pemesanan di link berikut https://tshirtbar.id/pesan-sekarang/ 

 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *