Jangan Salah, Ternyata Ini Cara Mengukur Baju yang Benar

Kegiatan membeli pakaian melalui platform online memang memberikan kemudahan dan kesenangan tersendiri bagi sejumlah orang. Akan tetapi, terkadang mereka merasa kecewa sebab ukuran baju yang datang nyatanya tidak sesuai dengan apa yang sudah dipesan.

Maka dari itu, cara mengukur baju akan sangat memengaruhi hasil jadi dari baju yang Anda pesan. Selain itu, proses pengukuran juga harus dilakukan secara hati-hati dan sangat teliti. Berikut ini cara mengukur baju yang benar dan detail yang telah Tshirtbar rangkum untuk Anda.

Cara Mengukur Badan Saat Membeli Baju

cara mengukur baju

Keterampilan mengukur baju sebenarnya wajib dimiliki setiap orang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Meski telah disediakan tabel ukuran sebagai sumber referensi, tak jarang hasilnya berbeda ketimbang mencoba pakaian secara langsung.

Apabila dibandingkan dengan bawahan, pencarian baju memang dinilai lebih sulit. Oleh sebab itu, proses pengukuran harus dilakukan secara berhati-hati.

1. Mengukur Panjang Baju

Untuk mendapatkan ukuran panjang baju yang tepat, Anda bisa mengukur mulai dari bagian bahu tertinggi. Kemudian urutkan meteran pita hingga panjang yang diinginkan. Biasanya panjang baju diukur dari bahu dan berakhir di pinggang. Namun jika baju yang diinginkan menggunakan model tertentu (gamis misalnya) tentu harus menyesuaikan panjangnya.

Baca Juga: 10 Tips Bikin Desain Baju Sendiri dengan Mudah

2. Mengukur Lingkar Leher

Setelah mengetahui panjang baju yang diinginkan, cara mengukur baju berikutnya beralih pada bagian leher. Bagian ini penting karena merupakan bagian masuk kepala pada sebuah baju. Untuk mengukur leher, ukurlah bagian bawah leher. Lingkarkan meteran pita mengelilingi leher hingga turun tepat di tengah-tengah tulang selangka. Setelah itu tambahkan 0,5 cm. Penambahan ini bertujuan agar lubang leher tidak terlalu sesak nantinya.

3. Mengukur Lingkar Dada

Bisa dibilang cara mengukur baju bagian dada adalah bagian tersulit. Ini karena dada manusia memiliki kontur naik turun. Belum lagi, bentuk dada pria dan wanita jelas berbeda. Untuk itu, di sini akan dijelaskan bagaimana cara mengukur bagian dada untuk pria dan wanita.

a. Mengukur lingkar dada untuk pria

Lingkarkan meteran pita mengelilingi dada. Lewatkan meteran pita di bawah ketiak kemudian ke arah dada. Pilih bagian dada yang paling tinggi (biasanya ada di bagian puting) agar hasil jadi baju tidak sesak saat digunakan.

b. Mengukur lingkar dada untuk wanita

Mengukur bagian dada untuk wanita lebih rumit lagi karena Anda juga harus memperhatikan ukuran cup dada. Pertama-tama, lingkarkanlah meteran pita mengelilingi dada. Lingkarkan meteran dada mulai dari bawah ketiak hingga pada bagian dada yang paling membusung (puting)

Kedua, untuk mengukur cup, lingkarkan meteran tepat di bawah payudara. Bulatkan ukuran tersebut kemudian kurangi dengan ukuran payudara (ukuran yang sudah di dapatkan sebelumnya). Inilah ukuran cup yang paling akurat.

Baca Juga: Kombinasi Warna Kaos yang Bagus Agar Penampilan Makin Trendi

4. Mengukur Lingkar Pinggang

Bagian pinggang juga merupakan bagian yang tidak boleh dilewatkan saat harus mengukur baju. Bagian ini akan menjadi ukuran lebar baju yang paling tepat. Untuk mengukur pinggang, lingkarkan meteran pita pada bagian pinggang (tempat menggunakan celana). Sebaiknya lebihkan ukuran tersebut dengan melonggarkan meteran pita hingga ukuran satu jari.

5. Mengukur Bagian Pinggul

Selain pinggang, Anda juga harus mengukur bagian pinggul saat membuat baju. Pinggul terletak kurang lebih 15 cm di bawah pinggang. Untuk mengukur pinggul, orang yang diukur harus dalam posisi berdiri dengan kedua kaki terbuka kurang lebih 15 cm. Setelah itu lingkarkan meteran pita mengelilingi ukuran pinggul yang terlebar.

6. Mengukur Lengan

Jika Anda ingin membuat baju berlengan maka tangan pun harus diukur. Untuk mendapatkan ukuran lengan yang sesuai, pastikan untuk berada pada posisi yang tepat. Tekuk siku tangan kemudian letakkan tangan pada pinggul. Kemudian ukur mulai dari bahu, siku, dan pergelangan tangan. Cara mengukur seperti ini akan menghasilkan angka yang lebih akurat dibandingkan jika Anda merentangkan tangan.

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Ukuran Baju dan Tips Menentukannya

Itulah cara mengukur baju yang benar. Mengikuti cara-cara yang telah disebutkan di atas akan membantu Anda untuk mendapatkan ukuran baju yang lebih akurat dan tentunya nyaman saat digunakan. Di samping itu, pastikan Anda menggunakan meteran pita yang kondisinya masih baik dan meminta bantuan orang lain untuk membantu mengukur badan Anda. Hindari meteran yang sudah pudar atau kendur karena bisa membuat hasil pengukuran kurang akurat. Pastikan juga Anda mencatat semua hasil ukur agar tidak terlupa.

Untuk Anda yang sedang mencari pakaian dengan model, warna, dan ukuran yang beragam serta bisa Anda custom, percayakan saja kepada Tshirtbar. Cek dan kunjungi website kami untuk melihat berbagai model kaos sesuai kebutuhan Anda.

CTA BANNER FASHIONWEAR

began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *