Apa Itu Jaket Windbreaker? Ini Fungsi dan Tips Memilihnya

Jaket windbreaker adalah salah satu model pakaian yang sedang tren. Dari selebriti papan atas sampai orang biasa juga kerap memakai jaket ini. Desain dari jaket windbreaker sangat simpel dan punya ciri khas tersendiri. Tak heran bila sudah jadi favorit banyak orang.

Model jaket ini juga bisa dipakai oleh pria dan wanita. Bisa juga jadi alternatif untuk orang yang bosan dengan hoodie atau jaket lainnya. Yuk kita bahas lebih dalam tentang jaket windbreaker yang wajib kamu ketahui.

Apa Itu Jaket Windbreaker?

apa itu jaket windbreaker

Bila dilihat dari bahasa, windbreaker terdiri dari dua kata; wind dan breaker. Dalam artian jaket tersebut punya fitur yang bisa menangkal angin. Dari segi bahan juga jaket windbreaker lebih ringan dan tipis. Namun bukan berarti kualitas bahan dari windbreaker jelek.

Kain utama dari jaket tersebut adalah bahan microfiber. Adapun jenis kain sintetis yang digunakan adalah jenis kain parasut,  dimana bahan tersebut terdiri dari 100% polyester. Bahan polyester juga punya fitur water repellant. Sehingga tahan air dan tidak mudah tembus ke dalam tubuh.

Umumnya jaket satu ini sering digunakan untuk kegiatan luar ruang. Seperti olahraga lari atau pergi ke gunung. Namun tidak jarang banyak orang yang memakai windbreaker saat berkendara dengan motor. 

Bagaimana Sejarah Jaket Windbreaker?

Untuk pertama kalinya windbreaker sudah mulai hadir sejak era 70-an. Dilihat dari bentuknya saja model jaket ini lebih serupa dengan jaket parka. Bahkan ada yang bilang bahwa jaket ini adalah sebuah bentuk inovasi dari jaket parka yang kerap dipakai oleh suku Inuit di Antartika.

Di wiliyah Inggris Raya, jaket ini sangat populer karena menawarkan perlindungan dari dingin sekaligus memberikan kehangatan meski permukaan jaket tidak tebal. Sebetulnya jaket ini dahulu kala lebih dikenal dengan nama jaket windcheater, tetapi sekarang lebih familiar sebagai jaket windbreaker.

Terdapat ragam nama lain dari jaket penahan angin ini. Ada yang menyebut sebagai cagoule atau windjammer. Namun karena perkembangan industri, windbreaker jadi nama yang familiar dan tersebar hampir di seluruh dunia. Baik dari level fast fashion sampai high-end fashion.

Baca Juga: Mari Ketahui Berbagai Macam Bahan Untuk Produksi Jaket

Apa Saja Fungsi Jaket Windbreaker?

Windbreaker punya ciri khas khusus daripada jaket pada umumnya. Bisa digunakan saat bepergian walau cuaca sedang tak terduga. Sudah saatnya untuk punya windbreaker di koleksi lemari pakaian.

  • Menjaga agar tubuh tetap kering: Jaket windbreaker dirancang untuk melindungi pemakainya dari terpaan angin dan hujan. Bahan sintetis seperti poliester pada jaket ini memberikan perlindungan lebih baik terhadap debu atau angin. Serta anti air yang jadi nilai plus.
  • Olahraga: Tidak seperti jaket bahan katun, windbreaker dirasa lebih cocok untuk olahraga. Apalagi di malam hari yang lebih berangin daripada siang hari.
  • Kebutuhan estetika: Kamu bisa coba teknik layering dengan windbreaker. Ini akan buat look lebih athleisure dan semakin keren.
@tshirtbarid

seragaman jaket windbreaker sama teman dan sahabatmu yukkk! bisa custom fullprint juga loh!! IG: tshirtbarid #fyp #pamela #jaketlipat #windbreaker

♬ Pamela – Yossshhhh

Apa Saja Jenis Jaket Windbreaker

jenis jaket windbreaker

Terdapat ragam model windbreaker yang bisa kamu pilih. Semuanya punya kelebihan berbeda, ada yang cocok bagi unisex atau model khusus wanita. Berikut list di bawah ini:

1. Lined Windbreaker

Pertama ada windbreaker model yang paling umum. Bahan yang digunakan adalah bahan NS. Pada bagian dalam jaket ini terdapat kain lapis untuk memberikan keamaan kepada penggunanya. Sehingga lebih hangat dari windbreaker jenis lainnya.

2. Cagoule Windbreaker Lipat

Jaket cagoule punya dua lapisan warna berbeda. Keduanya saling berkesinambungan meski ada pilihan warna yang kontras. Nilai tambah dari model jaket ini adalah bisa dilipat lebih kecil dan punya kantong khusus. Nantinya bisa dibawa travelling tanpa harus menampung banyak ruang.

3. Reversible Windbreaker

Model jaket ini bisa dibilang unik. Terdiri dari bahan berkualitas yang nyaman dipakai setiap hari. Cocok untuk udara yang cukup dingin sekalipun sebab jaket ini terdari dari dua lapis yaitu lapisan microfibre despo yang tahan air dan tahan angin, serta dilapis oleh Eco Cotton yang nyaman. Jaket ini bisa dibalik dengan model dan fungsi berbeda. Bisa menghemat kapasitas dan budget.

4. Jacket Dress

Terakhir ada jaket yang punya bentuk seperti terusan. Panjangnya bisa mencapai tengah paha, tergantung dari tinggi badan. Ada detail dua kantong depan, dan tali pengencang di pinggang supaya bisa diatur dan menyesuaikan bentuk badan. Pada bagian belakang pun ada Flap, memiliki fitur penangkal air jika terkena hujan. Supaya tidak terkena bagian bawah pinggang. 

Baca Juga: Ketahui 5 Jenis Jaket Wanita

Bagaimana Tips Memilih Jaket Windbreaker dengan Tepat?

Windbreaker bukan hanya jaket yang dirancang untuk melindungi tubuh dari angin sepoi. Namun juga memberikan proteksi ekstra dari dinginnya cuaca. Berikut beberapa tips memilih jaket windbreaker yang baik dan benar.

1. Kekuatan Perlindungan Angin

Faktor terpenting yang perlu kamu pertimbangkan adalah seberapa baik jaket tersebut bisa melindungi tubuh dari angin. Jaket berkualitas tinggi akan memiliki bahan yang terbuat dari jahitan benang yang rapat. Dimana bahan itu bisa menahan dingin serta membuat kami tetap hangat meski dalam kondisi cuaca yang tak menentu.

2. Intensitas Pemakaian

Bila kamu sering beraktifitas di luar ruangan, maka setidaknya punya dua jaket yang bisa diganti secara berkala. Hal Ini akan memungkinkan kamu untuk memakainya dalam kondisi basah tanpa khawatir basah kuyup. Faktor lainny adalah seberapa banyak cakupan yang diinginkan. Contohnya adalah untuk wanita yang ingin tampil lebih anggun, bisa pakai jaket dress dengan bahan seperti windbreaker.

3. Warna Jaket

Semua balik lagi pada preferensi gaya pribadi. Ada yang gemar dengan nuansa penuh warna. Atau mungkin hanya suka desain yang lebih simple. Bisa tambahkan desain full print atau polos saja. Paling penting adalah mampu percaya diri saat pakai jaket tersebut.

Baca Juga: 7 Rekomendasi OOTD Jaket Oversized Hijab dan Tips Memilihnya

Sudah pasti bahwa jaket windbreaker adalah satu dari banyak jenis jaket yang perlu saat ini. Dengan bahan terbaik bisa menunjang aktivitas setiap saat. Tshirtbar menyediakan windbreaker yang bisa di-custom dan ragam model.

CTA BANNER FASHIONWEAR

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *