Last Update: November 13th, 2019 at 1:27 pm

Inilah Cara Menghilangkan Tinta Di Baju Dengan Pasta Gigi

Untuk Anda yang bekerja sebagai guru atau pekerja kantoran, tentunya pernah memiliki pengalaman baju yang terkena tinta bukan? Baik itu tinta bolpoin atau spidol, baju terkena tinta adalah pengalaman yang tidak mengenakkan mengingat noda tinta termasuk yang sangat membandel.

Membersihkan noda tinta juga tidak mudah jika Anda hanya mencucinya menggunakan deterjen biasa. Beberapa deterjen memang mampu memudarkan warna tinta, namun hasilnya tidak akan bersih seperti semula. Masih akan terlihat bekas tinta yang akhirnya membuat penampilan Anda kurang maksimal.

Namun jangan khawatir, ternyata pasta gigi bisa digunakan untuk menghilangkan noda tinta pada baju lho! Kok bisa?

Pasta gigi mengandung sebuah zat bernama fluoride. Fungsinya sebenarnya untuk memperbarui kandungan mineral pada gigi yang terkikis karena zat asam, membersihkan noda pada gigi, serta memutihkan permukaan luar gigi sehingga diperoleh gigi yang cerah. Namun, kandungan fluoride ini juga bisa membantu menghilangkan noda tinta pada baju.

Caranya cukup mudah, Anda cukup oleskan pasta gigi seukuran 1 ruas jari tepat pada noda tinta, kemudian gosok secara melingkar dengan lembut dan perlahan agar serat kain tidak rusak. Lakukan selama kurang lebih 2-3 menit. Lalu bilas dengan air bersih. Selesai! Baju Anda kini bersih seperti semula. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa rendam dan cuci baju tersebut seperti biasa menggunakan deterjen.

Selain untuk membersihkan noda tinta pada baju, pasta gigi juga dapat memiliki banyak manfaat lainnya yang jarang diketahui orang. Simak penjelasan berikut ini:

Mengilangkan perhiasan yang sudah kusam

Perhiasan seperti cincin, kalung, atau gelang akan terlihat kusam apabila dipakai terus menerus selama bertahun-tahun. Perhiasan yang terlihat kusam tentunya akan menganggu kepercayaan diri pemiliknya. Namun, tidak semua orang mengetahui cara mengembalikan penampilan perhiasan yang sudah kusam. Jika Anda sedang mengalami hal ini, cukup gunakan pasta gigi dan perhiasan Anda akan kembali berkilau seperti baru!

Caranya, cukup oleskan pasta gigi sebesar biji jagung pada selembar kain lap (usahakan kain dengan mikro fiber), lalu gosok perlahan pada perhiasan. Untuk sela-sela detail yang sulit dijangkau, gunakan sikat gigi yang lembut. Sekali lagi lakukan dengan perlahan agar tidak memberi goresan pada perhiasan.

Setelah dianggap cukup, bilas menggunakan air hangat. Langkah terakhir, keringkan perhiasan Anda menggunakan permukaan lain pada kain lap mikro fiber Anda yang masih bersih. Cara ini dapat diaplikasikan pada segala jenis perhiasan, seperti berlian, emas, dan perak.

Menghilangkan noda coretan pada dinding

Sudah tidak heran jika anak-anak bereksplorasi dengan mencoret-coret tembok menggunakan, krayon, pensil, atau spidol. Ini tentu hal baik bagi perkembangan Si Kecil, namun dinding dengan penuh coretan menjadi tidak sedap dipandang mata.

Sama dengan kasus sebelumnya, solusi menghilangkan noda coretan pada tembok adalah dengan menggunakan pasta gigi! Caranya pun hampir sama, Anda cukup mengoleskan pasta gigi pada tembok kemudian gosok secara perlahan menggunakan bantuan sikat gigi atau sikat cuci yang memiliki bulu-bulu halus. Setelah itu, lap sampai bersih menggunakan kain halus yang sudah direndam air hangat.

Anda juga bisa gunakan kesempatan ini untuk bonding dengan anak. Beri pemahaman bahwa terdapat media menggambar yang lebih tepat, seperti buku gambar atau kertas karton berukuran besar.

Menghilangkan noda tumpahan minuman atau makanan pada karpet

Saat mengadakan acara keluarga di rumah, menjadi hal umum jika makanan atau minuman tidak sengaja tumpah. Jika tumpah pada lantai, tentu hal ini tidak menjadi masalah. Namun berbeda cerita apabila makanan atau minuman tumpah mengenai karpet. Cukup tricky tentunya bila harus mencucinya.

Oleh sebab itu, Anda hanya perlu mengoleskan pasta gigi pada noda tersebut, lalu gosok menggunakan sponge atau kain secara perlahan. Bilas menggunakan lap kain dengan sedikit air hangat, lalu biarkan mengering sendiri sebelum melakukan vacuum.

Membersihkan wastafel dan sink dapur

Sink dapur seringkali kotor oleh noda-noda bekas makanan, sedangkan pada wastafel sering timbul noda-noda flek yang cukup mengganggu pemandangan. Tenang saja, pasta gigi akan menyelesaikan persolan itu semua.

Oleskan saja pasta gigi secukupnya pada nod di sink atau wastafel tersebut, kemudian gosok secara memutar dengan agak kuat menggunakan sponge. Gunakan sikat gigi untuk sela-sela yang sulit dijangkau menggunakan sponge. Terakhir, bilas sampai bersih menggunakan air bersih.

 

Itulah hal-hal yang bisa dilakukan oleh pasta gigi dalam kehidupan sehari-hari Anda. Jadi, jangan bingung lagi jika ada noda membandel pada baju, dinding, karpet, bahkan peralatan dapur. Pasta gigi bisa jadi solusi terbaik untk Anda!

 

Artikel Terkait

Bryan Wicaksono

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *