Last Update: April 26th, 2021 at 10:32 am

Ini Dia Kertas Stiker Transparan yang Bisa Di Print

Stiker sudah lazim digunakan sebagai media promosi yang bisa ditempelkan pada berbagai media. Ada berbagai jenis kertas untuk mencetak stiker, hal ini karena bahan stiker disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu yang paling umum yakni stiker transparan. Stiker ini terlihat tampak bening atau transparan, sehingga bisa ditempelkan pada objek tanpa menghilangkan atau memenuhi objek tersebut.

Kertas stiker transparan yang bisa di print biasanya menggunakan bahan dasar vinyl (biasanya juga disebut sebagai stiker vinyl) agar menghasilkan stiker yang memiliki latar belakang bening/transparant supaya bisa tetap menampilkan objek yang dilapisinya. Dengan menggunakan proses pencetakan digital, maka stiker bisa dibuat dengan menciptakan efek gradasi atau juga bisa memakai warna lainnya sesuai dengan desain selera pemesan. Stiker ini juga anti air, sehingga akan tahan bila terkena air dan ada juga varian yang glossy, mebuatnya semakin menarik.

Untuk hasil optimal, dilengkapi juga dengan adhesive atau lem perekat yang berbasiskan minyak atau yang biasa dikenal dengan solvent-based. Bahan perekat ini memungkinkan objek yang ditempeli stiker tetap bersih dan bebas dari gurat dan percikan air.

Kelebihan Stiker Transparan

Kelebihan kertas stiker transparan atau stiker vinyl ini tentunya adalah bahan dasarnya yang transparan sehingga tidak menutupi benda yang akan ditempelinya. Ini berbeda dengan stiker putih yang akan menutupi objek yang ditempeli. Latar yang tertutup oleh bagian stiker hanya pada area yang dicetak.

Dalam soal ketahanan, stiker transparan juga relatif tak mudah rusak oleh air. Gambar cetakan stiker juga sukar pudar dari perubahan suhu dan gesekan. Desainnya juga tak mudah robek sebagaimana pada stiker kertas lain.

Namun selain kelebihannya, stiker transparan juga memiliki beberapa kelemahan. Beberapa di antaranya yakni permukaan akan sering berembun terutama jika digunakan untuk outdoor. Stiker transparan juga kurang cocok jika ditempelkan pada objek yang warnanya serupa dengan cetakan stiker, apalagi jika warna objeknya lebih mencolok.

Baca juga: Harga Cetak Stiker Label Makanan

Jenis Stiker Transparan

Ada beberapa jenis kertas stiker transparan yang akan dibagi dalam tiga jenis sesuai dengan level transparansi, yakni kertas stiker transparan biasa, stiker transparan doff, dan stiker transparan ultra clear.

Stiker transparan berbahan doff memiliki lapisan yang akan terlihat gelap atau keruh. Stiker jenis ini cocok digunakan untuk pasangan objek yang memiliki warna yang bertabrakan. Lapisan doff pada stiker akan memberikan aksen latar yang mengkilap dan menguatkan warna dasarnya.

Stiker transparan ultra clear menggunakan bahan dasar transparan yang sangat jernih, sehingga lapisan yang tidak dicetak akan tampak benar-benar terlihat bersih. Penggunaannya sangat tepat untuk objek yang juga memiliki sifat warna yang transparan.

Berikutnya yakni stiker transparan biasa. Jenis sticker transparan satu ini tak sejernih pada stiker transparan ultra clear, namun masih tampak cukup bening sehingga objek yang ditempeli stiker masih bisa terlihat tampak jelas. Agar hasilnya optimal, penggunaan stiker bening biasa adalah untuk objek yang warnanya tidak kusam. Stiker transparan biasa akan membuat latar belakang stiker menjadi lebih buram.

Kertas stiker transparan ini bisa diperuntukkan untuk berbagai media promosi seperti pada label produk atau kemasan, neon box, kemasan bening, objek kaca, dan sebagainya.

Metode Pencetakan Stiker Transparan

Ada sejumlah metode yang bisa digunakan untuk kertas stiker transparan yang bisa di print. Pertama yakni metode pencetakan stiker normal. Prosesnya, stiker dicetak normal tanpa tambahan laminasi atau teknis khusus lain. Agar lebih terlihat transparan, proses print stiker bisa menggunakan tinta UV. Kemudian, jika memilih desain yang tampak sangat transparan, pemesan bisa memilih penggunaan tinta ecosolvent. Pemilihan jenis tinta disesuaikan dengan kebutuhan.

Metode pencetakan kedua yakni dicetak dengan tinta putih. Warna putih sebagai under base digunakan untuk membuat sebagian atau keseluruhan. Pertama, stiker dicetak dengan warna putih lebih dulu, lalu ditimpa dengan warna yang sesuai dengan desain agar nantinya stiker akan memiliki lapisan putih di sisi belakangnya.

Metode ini biasa dipakai untuk cetakan stiker yang bagian desainnya adalah sisi perekat. Stiker dengan metode pencetakan ini biasa ditemui pada stiker yang ditempelkan dari dalam kaca mobil. Ketiga, kertas stiker transparan adalah stiker yang dicetak pada dua sisi. Pada metode ini, desain stiker dicetak di dua sisi, yakni di bagian perekat dan sisi yang tak memiliki perekat.

Metode pencetakan stiker dua sisi sering ditemui pada stiker yang ditempelkan pada kaca pembatas di pertokoan, perkantoran, hingga kaca mobil. Dibanding dua metode sebelumnya, proses pencetakan dua sisi terbilang lebih rumit karena harus mencetak pada kedua sisinya.

Tertarik untuk mengadopsi kertas stiker transparan dalam kebutuhan bisnis Anda? tenang saja Anda bisa mempercayakan Tshirtbar yang menawarkan jasa print stiker transparan untuk kebutuhan indoor dan outdoor. Sudah termasuk dengan cutting juga, lho! Tinggal berikan kami desain serta ukuran yang Anda inginkan serta kategori stiker transparant seperti apa yang Anda inginkan. Anda tinggal menunggu pengiriman dari kami, dan semuanya pasti beres dengan hasil yang memuaskan.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

One response to “Ini Dia Kertas Stiker Transparan yang Bisa Di Print”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *