Last Update: November 8th, 2019 at 3:18 pm

Ini Cara Menghilangkan Noda Tinta yang Sudah Kering di Baju berwarna

Kesal rasanya kalau kaus atau baju kesayangan Anda terkena noda yang susah hilang, salah satunya noda tinta yang sudah kering. Apalagi jika baju tersebut berwarna terang, tentu noda tinta tersebut akan terlihat lebih jelas. Namun, tidak perlu khawatir, ada cara menghilangkan noda tinta yang sudah kering di baju berwarna. Ini dia panduan singkat yang bisa Anda terapkan.

Bahan-bahan untuk menghilangkan noda tinta yang sudah kering

Anda mungkin berpikir bahwa cara menghilangkan noda tinta yang sudah kering di baju berwarna harus dilakukan dengan larutan kimia yang sulit didapatkan. Padahal, kenyataannya tidak seperti itu. Anda bisa menghilangkan noda tinta mengering tersebut dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Beberapa di antaranya bisa Anda cek di bawah ini.

Garam

Ternyata garam tidak hanya bisa digunakan untuk memasak, tapi juga menghilangkan noda tinta yang sudah kering di baju berwarna. Langkahnya cukup mudah, basahi baju yang terkena noda tinta mengering, lalu tuangkan sedikit garam pada noda tinta yang masih basah tersebut. Gosok garam menggunakan tisu basah, lalu sikat sisa garam yang ada di baju. Baru setelah itu bilas sampai noda terangkat.

Pasta gigi

Pilih pasta gigi dengan tekstur non gel untuk menghilangkan noda tinta yang kering di baju berwarna. Oleskan pasta gigi pada noda baju, kemudian gosok dengan kuat hingga hilang. Lalu, bilas menggunakan air. Apabila noda masih belum sepenuhnya hilang, Anda bisa mengulangi prosesnya.

Mentega

Saat sedang bekerja atau menulis menggunakan pulpen, mungkin tanpa sengaja Anda mencoretnya ke baju. Sebagai cara menghilangkan noda tinta yangs udah kering di baju berwarna, Anda bisa menggunakan mentega. Oleskan mentega pada baju yang terkena noda tinta, jemur di bawah sinar matahari, bersihkan dengan sabun, lalu bilas menggunakan air bersih.

Bisa juga menggunakan larutan alkohol

Apabila noda tinta mengering belum juga hilang dari baju berwarna setelah menggunakan bahan-bahan di atas, Anda bisa mencoba menggunakan cairan pelarut seperti alkohol. Sebelumnya, coba teteskan sedikit larutan alkohol di area baju yang tidak terkena noda tinta mengering. Pastikan larutan alkohol tersebut tidak memudarkan warna baju Anda. Baru setelah itu tuangkan larutan pada noda tinta, lalu usah dengan kain bersih.

Pada tahap ini, seharusnya sebagian besar noda tinta akan hilang. Anda pun bisa merendam baju tersebut di dalam air dingin yang sudah dicampur garam. Diamkan selama beberapa jam untuk memastikan baju Anda benar-benar bersih. Baru setelah itu cuci baju Anda sesuai instruksi yang tercantum pada label. Jika noda tinta mengering belum hilang, Anda bisa mencoba mengulangi prosesnya sebelum menjemur baju.

Hilangkan menggunakan sikat gigi

Untuk membantu Anda melakukan cara menghilangkan noda tinta kering di baju berwarna, sikat gigi bisa dimanfaatkan. Pertama, celupkan sikat gigi pada deterjen khusus anti noda.

Kemudian, gosokkan pada area baju yang terkena noda tinta mengering. Ingat, usahakan untuk tidak menggosok terlalu keras untuk menghindari risiko warna baju menjadi pudar. Pastikan noda tinta sudah benar-benar hilang sebelum Anda mencuci atau membilas baju tersebut sesuai dengan instruksi yang diberikan pada label.

 

Jangan panik jika mendapati baju berwarna Anda terkena noda tinta yang mengering. Anda bisa mencoba menerapkan cara menghilangkan noda tinta yang sudah kering di baju berwarna tersebut. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Artikel Terkait

 

Bryan Wicaksono

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *