Ikuti Cara Membuat Tas Sendiri Dirumah

Ingin hari-hari Anda dirumah lebih bermakna? Tidak ada salahnya untuk coba membuat tas sendiri dirumah. Untuk membuat tas sendiri tidak sulit, peralatan dan bahan yang diperlukan kemungkinan besar juga telah tersedia dirumah Anda. Dengan mengikuti cara-cara membuat tas sendiri dirumah, Anda pun bisa menambah koleksi tas di lemari dengan kreasi Anda sendiri yang unik dan tiada duanya! Berikut ini cara membuat tas sendiri dirumah yang bisa Anda ikuti.

 

Mempersiapkan peralatan dan bahan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan peralatan dan bahan untuk membuat tas. Berikut adalah alat-alat dan bahan yang harus disiapkan:

  • Kain. Anda bisa menggunakan kain kanvas atau kain drill. Tidak ada salahnya juga untuk berkreasi dengan memanfaatkan kain perca dirumah.
  • Penggaris atau meteran baju.
  • Pensil untuk memberi tanda pada kain.
  • Gunting untuk memotong kain.
  • Mesin jahit (jika tidak ada, gunakan jarum dan benang jahit).

 

Membuat pola tas

Cara membuat tas sendiri dirumah selanjutnya adalah membuat pola. Tentukan lebih dulu seberapa besar tas yang diinginkan, kecil, sedang, atau besar. Berikut referensi yang bisa Anda gunakan dalam membuat pola.

  • Untuk tas ukuran kecil, Anda bisa menggunakan ukuran 30×35 cm.
  • Untuk tas ukuran sedang, gunakan ukuran 35×40 cm.
  • Untuk tas ukuran besar, gunakan ukuran 60×50 cm.

Setelah itu, siapkan kain dengan mengukurnya sesuai ukuran yang telah dipilih. Anda akan mendapatkan 2 buah potongan kain persegi panjang yang ukurannya sama besar. Setelah itu, posisikan kedua kain agar berhadapan.

 

Menjahit kain menjadi badan tas

Jika potongan kain untuk badan tas sudah siap, sekarang waktunya untuk menjahit. Jahitlah sisi kanan, kiri, dan bawah sampai kedua kain menyatu. Sisakan sisi atas yang nantinya digunakan sebagai lubang. Untuk hasil yang lebih rapi, Anda bisa menggunakan mesin obras pada bagian tepi kain. Namun, jika Anda ingin melewati proses ini pun sebetulnya tidak masalah. 

 

Setelah kedua kain menyatu, balik hingga sisi yang ada di dalam berada di luar. Lipat sedikit bagian atas tas (kurang lebih 5 cm) agar terlihat rapi. Setelah terlipat, tekan dengan setrika panas. Jika lipatan sudah terpasang, barulah jahit sisi atas tas.

 

Membuat tali tas sendiri

Langkah selanjutnya dalam cara membuat tas sendiri dirumah adalah membuat tali tas sebagai pegangan. Agar tali tidak terlalu panjang atau terlalu pendek, lipat bagian badan tas menjadi tiga bagian sama besar yang memanjang. Kemudian, tandai masing-masing lipatan dengan pensil untuk dijadikan acuan nanti.

 

Setelahnya, ambil kain yang tersisa. Ukur lebar kain sesuai dengan keinginan Anda. Jika sudah, lipatlah kain menjadi dua bagian yang sama besar. Potong kain, maka Anda akan mendapatkan 4 buah kain yang sama besar.

 

Jika sudah, jahit masing-masing dua potong kain menjadi satu. Pastikan kedua potongan kain tersebut dalam posisi berhadap-hadapan. Agar kain tidak bergeser, Anda bisa menggunakan jarum pentul sebagai penahan. Jahit tepian kain hingga ujung. Ulangi langkah ini untuk potongan kain yang tersisa.

 

Menghubungkan tali dengan badan tas

Langkah terakhir dalam cara membuat tas sendiri dirumah adalah menghubungkan tali dengan badan tas. Siapkan tali dan badan tas yang telah Anda buat sebelumnya. Hubungkan bagian ujung tali tas dengan sisi atas badan tas yang terbuka. Agar tali tas kuat dan tidak mudah lepas, sebaiknya Anda menggunakan teknik jahit diagonal untuk menyegel tali. Ulangi langkah-langkah tersebut untuk memasang tali tas yang tersisa. 

 

Setelah tali tersambung dengan badan tas, Anda bisa memberikan hiasan sesuai dengan keinginan. Anda bisa menjahit hiasan tersebut atau menempelkannya dengan lem tembak agar melekat dengan kuat pada tas. Jika sudah, sekarang rapikan tas dengan setrika panas. Voila! Sekarang Anda pun punya tas buatan sendiri.

 

Nah, itulah cara membuat tas sendiri dirumah. Mudah untuk diikuti, bukan? Kegiatan membuat tas ini bisa dilakukan saat Anda senggang. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga menghasilkan produk handmade yang cantik. Ingin memberikan souvenir berupa tas dalam jumlah banyak? Tshirtbar adalah solusi tepat buat Anda. Tshirtbar siap menghadirkan tas sebagai souvenir cantik sesuai dengan request Anda, dalam berbagai bahan, warna, dan desain. Tunggu apalagi, segera pesan tas custom di Tshirtbar!

banner totebag

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *