Ikuti Cara Membuat Sticker Tempel yang Mudah Ini

Bosan di rumah saja? Ada baiknya Anda coba membuat prakarya sendiri, salah satunya yaitu membuat sticker tempel yang menarik. Membuat sticker tempel bahkan bisa menjadi hobi baru yang bisa dilakukan bersama keluarga di rumah. Fungsi sticker tempel pun bermacam-macam, bisa dibuat sebagai mainan anak, label untuk bisnis sampingan Anda, atau untuk menghias barang-barang yang Anda miliki agar terlihat lebih hidup. 

 

Tak sampai di situ saja, membuat sticker yang awalnya hanya sebatas hobi bahkan bisa menjadi peluang usaha baru untuk menambah penghasilan. Nah, agar sticker tempel yang Anda buat hasilnya menarik, ikuti cara membuat sticker tempel yang mudah berikut ini!

 

Desain gambar atau tulisan

Sticker bisa berupa gambar atau tulisan. Untuk gambar, Anda bisa mendesainnya sendiri sesuai karakter kartun atau foto- foto yang menarik. Jika Anda belum mahir mengedit dengan software seperti Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator, menggambar di atas kertas juga tak ada salahnya. Anda bisa langsung menggambarnya di atas kertas sticker. Saat gambarnya sudah jadi, Anda bisa langsung mengguntingnya, lalu menempel sticker di tempat yang Anda inginkan.

 

Lain halnya dengan sticker tempel yang berupa tulisan. Anda bisa langsung mendesainnya di komputer dengan memanfaatkan font yang ada. Kalau font hurufnya tidak sesuai, Anda bisa mengunduh font huruf lain yang sesuai dengan selera Anda, barulah mengetik kata-kata yang ingin Anda cetak. 

 

Pindahkan desain gambar ke dalam bentuk digital

Jika Anda ingin melakukan cara membuat sticker tempel dengan kualitas yang baik, maka sebaiknya Anda memindahkan desain gambar ke dalam bentuk digital. Caranya bisa dengan memanfaatkan alat scanner. Setelah itu, Anda bisa memberi warna pada sticker tempel buatan Anda atau menambahkan motif-motif unik supaya sticker tempel jadi lebih bagus. Setelahnya, Anda bisa mencetaknya di atas kertas sticker

 

Sayangnya, kekurangan menggunakan printer rumahan dalam membuat sticker yang penuh warna adalah warna yang dihasilkan cenderung tidak sesuai ekspektasi. Selain itu, Anda juga akan menghabiskan banyak tinta printer. Belum lagi proses mencetaknya yang lama dan sering terjadi gangguan pada printer rumahan. 

 

Itulah mengapa cara membuat sticker tempel yang baik mengharuskan Anda untuk memindahkan desain gambar atau tulisan ke dalam bentuk digital agar sewaktu-waktu Anda ingin mencetaknya lewat jasa printing shop, Anda tinggal mengirimkan desainnya saja.

 

Potong dan tempel sticker

Setelah mencetak sticker tempel, langkah selanjutnya dalam cara membuat sticker tempel yakni memotong sticker. Jangan salah, proses ini juga sama pentingnya dibandingkan proses mendesain sticker tempel. Jika salah memotong, bisa-bisa hasil sticker tempel jadi jelek. 

 

Untuk memotong sticker, Anda bisa menggunakan alat pemotong berupa gunting atau cutter. Ingat, potongan harus sesuai dengan bentuk sticker tempel yang sudah Anda rancang. Namun, jika Anda ingin memotong sticker sesuai garis, Anda bisa menggunakan alat pemotong yang lebih besar. Jika tak ada, Anda bisa datang ke pusat fotocopy terdekat untuk meminta sticker Anda dipotong dengan rapi.

 

Pilih jasa printing yang baik

Jika Anda memang menginginkan kualitas sticker tempel yang baik, Anda bisa menggunakan jasa printing professional. Dengan menggunakan jasa printing, Anda tak perlu lagi menggunakan printer rumahan yang mungkin hasilnya tak sesuai dengan ekspektasi Anda. Berbeda dengan jasa printing, mereka tentunya telah memiliki printer canggih untuk mencetak sticker yang kualitasnya bagus.

 

Anda bisa memilih bahan sticker tempel dan juga berkonsultasi seputar desain sticker tempel yang baik. Tak sampai di situ, Anda juga bisa langsung memproduksi sticker tempel dalam jumlah yang banyak, jadi cocok untuk digunakan sebagai sticker untuk kebutuhan bisnis atau souvenir

 

Salah satu cara membuat sticker tempel yang berkualitas adalah dengan mengandalkan jasa printing dari Tshirtbar. Tshirtbar juga menerima pemesanan sticker tempel untuk bermacam keperluan seperti sticker indoor , sticker outdoor, hingga sticker untuk kemasan makanan! Bahan-bahan yang digunakan Tshirtbar memiliki kualitas yang baik, sehingga sticker yang diproduksi lebih tahan lama dan tidak cepat pudar. Tshirtbar juga menawarkan detail print yang sangat tajam dan tinta food grade. Selain sticker tempel, Tshirtbar juga melayani percetakan merchandise, baju, hingga home décor yang kualitasnya sudah tak perlu Anda ragukan. Informasi mengenai Tshirtbar bisa Anda lihat dengan klik di sini!

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *